Film Petak Umpet Minako - Permainan Berujung Malapetaka


IMG 20170912 WA0059
destinasiaNews - 'Petak Umpet Minako' film garapan sutradara Billy Christian. Film ini terinspirasi dari urban legend asal Jepang yang bernama Hitori Kakurenbo, atau Hide and Seek Alone.dijadwalkan tayang serentak di bioskop mulai dari tgl 7 September 2017
di kota Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Makassar.
 
Billy selaku sutradara film ini pun menjadi orang yang mendesain sendiri boneka Minako. Menurutnya, film horor harus memiliki ikon hantu yang memorable, unik, dan menarik. Apalagi, ia harus menyamakan desainnya dengan boneka Minako yang asli.
 
Para pemain dalam film ini, Miller Khan, Nicky Tirta, Regina Rengganis, Novinta, Wendy Wilson, Hans Hosman, Ario Astungkoro, Gandhi Fernandez.
 
Inilah kisah sinopsis singkat: ‘Petak Umpet Minako’ berkisah tentang sekumpulan anak muda yang tengah melangsungkan reuni SMA. Saat reuni berlangsung, salah satu anak mengusulkan permainan petak umpet menggunakan bonekaItchimatsu dari Jepang bernama Minako. Permainan petak umpet Minako sendiri berasal dari urban legend Jepang yaitu Hitori Kakurenbo, sebuah permainan petak umpet dengan ritual memanggil arwah dan menggunakan boneka. Suasana ceria reuni SMA penuh persahabatan berubah menjadi pengalaman mengerikan penuh teror akibat permainan petak umpet yang mereka lakoni. Tidak hanya mengancam nyawa, tapi juga menguji kekuatan persahabatan mereka.
 
“Film ini diangkat dari permainan urban Jepang, hitori kakurenbo,” ungkap Herry Chan, salah satu pemeran dalam film Petak Umpet Minako yang memainkan karakter Poltak, saat digelar press
screening di Fifteen Cafe Jl. Sumatera No. 15, Kota Bandung, Jumat (8/9/2017).
 
Sebelum melanjutkan langkah ke Studio Empire XXI, Bandung Indah Plaza untuk nonton bareng, Herry Chan yang datang didampingi oleh aktris cantik Tia Muller, pemeran Happy dalam film tersebut yang berkarakter pecicilan, ceria dan suka nge-bully, mengatakan bahwa dalam film Petak Umpet Minako tersebut horror-nya bukan dari bonekanya saja, tapi juga thriller. “Di film Petak Umpet Minako ada drama, psychology thriller dan horror,” ujar Tia.
 
Sutradara Billy Christian pada penggarapan film ini memilih beberapa lokasi shooting yang dikenal angker, diantaranya di bangunan tua daerah Senen, Jakarta. “Hans Hosman yang memerankan Kaisar bahkan sempat terkunci di salah satu ruangan yang dipakai untuk wardrobe, dan sinyal hape hilang,” jelas Herry Chan saat menceritakan keanehan disaat shooting. “Termasuk ada foto yang masuk ke WAG yang isinya ada sosok seperti penampakan,” papar Herry.
 
Yang beda di film ini, Herry Chan yang biasanya dikesempatan lain berperan humoris, di film Petak Umpet Minako ini justru memainkan peran yang “serius”, dan berakhir menjadi Penjaga, mirip zombie. “Saya menikmati peran di film ini, setelah melewati proses casting yang ketat,” jelas Herry.
 
Seperti halnya di film horror barat seperti The Conjuring 2 yang menampilkan sosok Valak, di
Petak Umpet Minako boneka berhantu, pemeran hantu Minako di film ini (Cindy Valery) tidak akan
kita lihat wajahnya selama dalam film, karena memakai topeng yang diserupakan boneka Minako.
 
Pesan yang ingin disampaikan dalam film ini, adalah tentang persahabatan yang bisa terpecah dikarenakan egoisme masing-masing individu yang muncul. Dan peran yang dimainkan oleh Nicky Tirta (Randy) yang bikin geregetan. Karena seakan 180% berubah menjadi antagonis, pendendam dan jahat.
 
Film yang berdurasi sekitar 90 menit tersebut menawarkan sajian ketegangan semenjak dari awal alur cerita berjalan sampai akhir, dengan potongan-potongan cerita flashback, sehingga penonton tidak bisa langsung menebak dengan mudah alur ceritanya yang kuat, karena akan terselip kejutan-kejutan yang tidak diduga sebelumnya.
 
Petak Umpet Minako, Kisah Persahabatan Berakhir Tragis
 
Awal dari cerita film Petak Umpet Minako dimulai ketika ada kegiatan sekumpulan muda-mudi, semacam reuni kecil dari alumni SMA.
 
Momen reuni membuat pesertanya bergembira karena telah sekian lama tentunya tidak saling berjumpa. Namun ada Vindha (Regina Rengganis), yang ikut hadir dalam acara tersebut dan dulunya sering diolok-olok dan di-bully oleh gank Mami (Natasha Gott) dan Happy (Tia Muller). Sedangkan Gaby (Wendy Wilson) tampak gelisah karena Baron (Miller Khan) kekasihnya belum juga hadir ke acara tersebut dan berulang kali dicoba oleh Gaby untuk meneleponnya. Baron malam hari itu diceritakan masih sibuk
dengan pekerjaannya.
 
Vindha yang malam itu merasa sedang di bully, mengajak teman-temannya kembali ke gedung sekolah dulu mereka kenang, dan usulan Vindha ini disetujui oleh teman-temannya satu alumni. Gaby yang masih menunggu Baron akhirnya memutuskan untuk ikut, dan mengabari Baron untuk menyusul ke sekolah.
 
Sesampainya mereka disekolah, kemudian Vindha mengusulkan permainan petak umpet dengan melibatkan boneka Minako, permainan yang Vindha ketahui kala ia mempunyai kawan di Jepang.
 
Teman-teman Vindha awalnya menganggap usulan aneh dari Vindha ini sebagai lelucon. Tapi akhirnya disepakati oleh Mami dan yang lainnya.
 
Vindha kemudian mengeluarkan boneka Minako, lalu menjelaskan aturan permainannya dan memotong bagian tengah boneka itu dan diisi dengan beras. Vindha selanjutnya meminta sedikit potongan
bagian tubuh seperti kuku atau rambut temannya yang ikut menjadi peserta permainan petak umpet, tapi tiba-tiba Vindha usul menggunakan darah. Dan lagi-lagi usulan ini diterima oleh Mami dan kawan-kawan, walau masih dengan gaya menganggap lelucon permainan petak umpet itu.
 
Tidak lama setelah itu Vindha memulai ritual permainan dan memasukan boneka Minako ke dalam kolam berair diikuti dengan mengucapkan mantera.
 
Alhasil, kejadian teror boneka arwah Petak Umpet Minako di film inipun dimulai. Suasana reuni yang tadinya riang gembira berubah menjadi mencekam, menegangkan dan tragis.
 
Bergenre Survival Horror, Petak Umpet Minako menarik untuk ditonton. Sosok mengerikan bisa kita lihat kala muncul sosok penjaga, selain di adegan psychology thriller yang kental.
 
Atau update terus infonya di social Media Petak Umpet Minako dengan mem-follow Instagram Petak Umpet Minako @puminako.(SA)
 


emgz2

Artikel lain...

Pemimpin Dari Birokrat Untuk Bandung Barat Masih Ideal

Pemimpin Dari Birokrat Untuk Bandung Barat Masih Ideal

DestinasiaNews.com, Bandung Barat – Pertarungan politik merebut kursi Bandung Barat satu semakin menggeliat, Kali ini organisasi  DPC Taruna Merah Putih...

Manusia Pohon Aiptu Nunuh & Kapolsek Ibun Asep Dedi – Kembali, Tanam 2.500 Pohon

Manusia Pohon Aiptu Nunuh & Kapolsek Ibun Asep Dedi – Kembali, Tanam 2.500 Pohon

destinasiaNews – Menyongsong pengingatan hari pohon se dunia, kembali “Manusia Pohon” Aiptu Nunuh  dan kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi menghijaukan...

Gerakan Hejo Garut & ‘Barudak’ XTC,  Plus Angin Metal Head, Tanam 1000 Pohon -  Biar, Air Terkendali …

Gerakan Hejo Garut & ‘Barudak’ XTC,  Plus Angin Metal Head, Tanam 1000 Pohon -  Biar, Air Terkendali …

destinasiaNews – Katakanlah ini ‘goup’ atau resminya DPD Gerakan Hejo Kabupaten Garut, seakan-akan ‘gak ada abiznya’ – Terus menghijaukan tatar...

Demiz Ditanya Wakilnya, Kala Berkunjung ke Partai Berkarya Jabar: Akan Diselesaikan Secara Adat

Demiz Ditanya Wakilnya, Kala Berkunjung ke Partai Berkarya Jabar: Akan Diselesaikan Secara Adat

destinasiaNews – Ujung dari acara kunjungan Dedy Mizwar Wakil Gubernur Jabar ke Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa, Pasir Impun...

Obsatar Sinaga: Dedy Mizwar Kunjungi Partai Berkarya Jabar, Ada Apa?

Obsatar Sinaga: Dedy Mizwar Kunjungi Partai Berkarya Jabar, Ada Apa?

destinasiaNews – Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jawa Barat, terkait rencana kehadiran Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar ke...

Pengunjung

01696448
Hari ini
Kemarin
819
1682