Rayakan 45 Tahun Bandung Independent School – Digelar Drama Musik Sangkuriang, Keren Abiz!  

IMG 20180513 193600
DestinasiaNews – Perlu diksi yang pas benar, memposisikan kesuksesan pagelaran drama musik Sangkuriang di Bandung Independent School (BIS),  pada Sabtu petang, 12 Mei 2018. Pasalnya, antara kostum, tata gerak tari, dan tata suara, tata lampu, dan visualisasi secara digital, nyaris memukai sepanjang waktu. Penunjangnya, gedung New BIS Theater yang berstandar internasionl, sangatlah membantu, memang.Tak heran banyak penonton yang mengungkap apresiasi dengan diksi keren abiz !
 
Memang, kabar sempat “bocor” katanya berbulan-bulan seluruh crew berlatih penjiwaan luar-dalam mementaskan drama ini secara prima.
 
“Kami libatkan penuh Kiki Permana selaku pembuatscript, pun dibantu tim nayaga lokal dari Bandung. Ya, itu tadi upaya maksimal kami,” papar Chris Toomer selaku Head of School dengan nada merendah.
 
Sekolah yang kini berusia ke-45 tahun di Jl. Surya Sumantri No. 61 Bandung, semula tumbuh dari pentingnya anak-anak ekspatriat pada era 1972 di Kota Bandung, memperoleh pendidikan formal. Berlanjut pada 2004 yang dulunya bernama Bandung International School, kini menjadi BIS yang kita kenal sekarang.
 
 “Lebih independen, sekolah kami kini punya 200 siswa berasal dari berbagai negara, dengan 23 tenaga guru ekspatriat,” kata seorang guru yang kebetulan petang itu ikut memperagakan aneka busana batik dalam sisipan pagelaran ini.
 
Nah, Sabtu petang itu dalam dua kali pertunjukan, BIS menghelat perayaan lembaganya yang hampir setengah abad berkiprah di bidang pendidikan. Formalnya, gelaran ini berjudul 45th BIS Anniversary Celebration, The School Community Present The Grand Musical Drama Sangkuriang!
 
Legenda Sangkuriang
IMG 20180513 193530 
Mengapa Sangkuriang? “Ini tentu dengan perhitungan matang, juga selaras dengan demanddari para pemain, yakni staf BIS, siswa, dan orang tua. Pesan moral dari legenda Sangkuring amatlah kuat, serta masih relevan hingga kapan pun bagi kita,” ujar Heni Smith.
 
Alhasil, drama yang menayangkan penyesalan tiada akhir Dayang Sumbi, usai ditinggal pergi putra tercintanya Sangkuriang, hingga masa dewasa. Selama tayangan itu berlangsung, emosi penonton walaupun serasa dipelantingkan, akhirnya beroleh ending yang so sweet.
 
Intinya, pertemuan Dayang Sumbi yang masih terlihat cantik, dengan Sangkuriang dalam konteks perbedaan “ruang dan waktu”, mengakibatkan mereka tidak saling mengenal asal-usulnya.
 
Namun, tatkala Dayang Sumbi menyadari, pemuda tampan idamannya, tak lain anaknya.  Pada episode inilah Sangkuriang murka, hingga ia bersekutu dengan balad-baladnya para “genderuwo”?
IMG 20180513 195605 
Tersebab Sangkuriang bersikeras menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan sejumlah syarat. Sekali lagi alur legenda yang berbasis Oedipus Complex , ternyata melalui pagelaran musik di BIS petang itu mampu menghipnotis penonton dalam dua kali pertunjukannya.
 
Tak jarang sejumlah pujian terlontar spontan dari para penonton.”Kapan ya, pertunjukan seperti ini di sekolahku?” kata Rani (18) siswa SMAN di Bandung yang hadir petang itu bersama kedua orang tuanya.  
 
Menutup perjumpaan ini, mari kita ikuti salah satu crew utamanya yang memang luar biasa penampilannya. Tak lain, ia adalah alumni BIS bernama Narda Virelia, pemeran Dayang Sumbi.
IMG 20180513 193513 
Pastinya, Narda ini adalah runner up Miss indonesia tahun 2018 ! “Aku berlatih berminggu-minggu, mulai dari penghayatan hingga penyesuaian dengan tarian, dan tata lampu, serta unsur lainnya” pungkas Narda dihadapan staff guru BIS yang aseli bule, tak lain pemeran Sangkuriang yang cintanya tak kesampaian itu.
 
Intinya, kesian deh Sangkuriang, tapi tetap dua jempol dan aduhai keren buat pagelaran di BIS petang itu. Khusus buat BIS selamat merayakan ulang tahun yang ke-45, semoga keberadaannya melengkapi keberagaman negeri Pancasia yang ber - Bhineka Tunggal Ika. See you …  (HS/SA)       
 


emgz2

Artikel lain...

Bandung Music Council KasihTabik ke Orkestra Bandung Philharmonic – Gelar Repertoir ‘Legenda

Bandung Music Council KasihTabik ke Orkestra Bandung Philharmonic – Gelar Repertoir ‘Legenda

destinasiaNews  – Terkait rencana gebyar gelaran musik klasik musim ke-4 dari Bandung Philharmonic pada Minggu, 23 September 2018, Erlan Effendy Ketua...

Lapak Buku Bekas ‘Destik’ – Siap Tingkatkan Minat Baca (2)

Lapak Buku Bekas ‘Destik’ – Siap Tingkatkan Minat Baca  (2)

destinasiaNews – Secara administratif letak lapak buku bekas ‘ Destik, menurut Andri selaku Koordinator pelapak buku bekas di sini, masuk...

Lapak Buku Bekas ‘Destik’ – Era Digital Datang, Surutlah Minat Baca ! (1)

Lapak Buku Bekas ‘Destik’ – Era Digital Datang, Surutlah Minat Baca ! (1)

destinasiaNews – Pertengahan September 2018 kala itu masih di musim kemarau. Kebetulan penulis sedang mengurus sebuah keperluan di pusat Kota...

Rayakan Ultah Kota Bandung ke 208 Tran Studio Gelar Konser Ari Lasso

Rayakan  Ultah Kota Bandung ke 208 Tran Studio Gelar Konser Ari Lasso

destinasiaNews - Kawasan Terpadu  TSB (Trans Studio Bandung) dalam menyambut ulang tahun Kota Bandung ke -208,  menawarkan aneka promo dan...

Ridwan Kamil & Uu Bubarkan TOS Jabar Juara, Erry Riyana Hardjapamekas - Libatkan Warga untuk Pengawasan

Ridwan Kamil & Uu Bubarkan TOS Jabar Juara, Erry Riyana Hardjapamekas - Libatkan Warga untuk Pengawasan

destinasiaNews - Tim Optimasi dan Sinkronisasi (TOS) Jabar Juara, yang dibentuk sejak 26 Juli 2018 sebagai akselerasi percepatan kerja Gubernur dan...

Pengunjung

02528534
Hari ini
Kemarin
4090
7781