Doel Sumbang Lelang Gitar Buat Palu & Lombok, Emil Benahi Halaman Gedung Sate, ‘Biar Kita Bahagia’

lg1destinasiaNews – Kalau boleh, sebutlah ini gebrakan dari ‘duo’ musisi pop Sunda Doel Sumbang dengan Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Gubernur Jawa Barat. Ini terjadi tatkala digelar Konser Amal Doel Sumbang Saparakanca untuk korban bencana alam di Palu, Donggala, dan Lombok. Yang isitimewa atawa genrakan itu, lokasi konser digelar di halaman Gedung Sate (Gesat), Kota Bandung Jawa Barat (3/11/2018).

Motivatornya tak lain kumpulan warga yang menamakan dirinya Musisi Bandung With Love (MBWL), salah satu koordinatornya Ketua BMC (Bandung Music Council), Erlan Effendy. Gelaran yang diramaikan puluhan musisi Bandung dan Jabar yang rela ‘prodeo’, alias tak dibayar sepeser pun, mampu menyedot banyak penonton. Padahal sejak sore hari, halaman Gesat sempat diguyur hujan.

lg4“Biasa lihat artis-artis ini muncul di TV, sekarang gratis. Duh senengnya kami-kami ini. Tadi bisa selfi-an sama mereka. Juga sama yang botak-botak lucu, itu tuh pembawa acara Joe P Project,” papar Ny. Surtini (45) warga belahan Haur Pancuh sambil ketawa-ketiwi pinuh kabungah.

Asal tahu saja, letak Haur Pancuh ini hanya beberapa ratus meter saja dari Gedung Sate. Menurut Ny. Surtini, selama ini halaman Gesat terkesan eksklusif, tersebab tak bisa dimasuki sembarang orang. “Baru di jaman Kang Emil ini, kita boleh masuk ke halaman Gesat. Jangan khawatir rusak tamannya, da kami pun sayang sama keindahan. Apalagi tak mau lah buang sampah sembarangan,” kata Ny. Surtini yang diamini kerabatnya, sambil berujar – “Hatur nuhun buat Kang Emil dan isterinya Si Cinta yang cantik itu hiks hiks hiks...”

 

Lelang Gitar & Taman Gesat

lg2lg3Alkisah, malamnya tatkala Emil hadir bersama ‘Si Cinta’ isterinya Atalia Praratya, yang juga didampingi Sekda Jabar, Iwa Karniwa, tak urung dalam sambutannya mengulas rencana membenahi halaman Gesat.  “Nanti halaman Gedung Sate kita benahi sampai ke belakang sana. Warga dipersilahkan menikmatinya, biar kita tambah bahagia...”

Lainnya, Emil dalam sambutannya selain mengapresiasi gelaran yang dimotori MBWL yang peduli terhadap korban bencana, juga mengupas rencana pembenahan DTW (daerah tujuan wisata) di 27 kota maupun kabupaten se Jawa Barat.

“Termasuk pantai Pangandaran yang sudah tersedia dananya sekitar Rp, 50 Miliar, akan dibenahi. Ini terisnpirasi dari lagu Sisi Laut Pangandaran karya Kang Doel. Lalu jalur kereta api dari Bandung, akan dibangun lagi dari Bandung. Kita tak usah bulak-belok lagi naik beus atawa mobil. Nanti mah lurus, langsung ke Pangandaran, PJKA sudah setuju.”

Nah, malamnya satu puncak acara yang ditunggu-tunggu muncul juga, Doel Sumbang manggung. Gitar milik Doel Sumbang yang katanya telah melahirkan lagu Kalimera Athena pada era 1995-an, laku terjual Rp. 10 juta. Komedian sohor yang berpraktik selaku MC, Joe P Project, malam itu sempat memandu pelelangan dengan kocak. Pembelinya yang beruntung Aris Nugroho. Ia sutradara serial sinetron “Preman Pensiun” yang sempat sohor itu.

“Turut bahagia gitar Kang Doel Sumbang terjual dengan harga tinggi. Tadi Kang Emil dan isteri membeli pin dan kaus seharga Rp.10 juta. Bungah rasanya, warga Jabar bisa membantu saudara kita di Palu dan Lombok,” papar pasangan Endrawan (42) dan Hartini (39) warga Jatinangor Kabupaten Sumedang yang malam itu sempat membeli beberapa pin seharga Rp. 100 ribu – “Kami mah saat ini cuma mampu beli ini saja pin untuk sumbangan para korban bencana.”

 

Kata Erlan Effendy

lg6Bagi Erlan Effendy yang juga dikenal sebagai vocalis Wachdach Band, pagelaran amal yang dimotori MBWL yang kedua kalinya ini, setelah yang pertama pada Agustus 2018 lalu di Click Square Jl. Naripan Kota Bandung, mempunyai makna tersendiri. “Hanya ini yang bisa kami sumbangkan sebagai musisi. Semoga sumbangsih ini dapat bermanfaat bagi pemulihan korban bencana alam di Palu, Donggala, Sigi, dan Lombok.”

lg5Terdokumentasi artis dan MC yang manggung di halaman Gesat, di antaranya: Doel Soembang Saparakanca (Nini Carlina, Fanny Sabilla, Rita Tila, & Rika Rafika), Asep Balon Adi,  ST 12, Panas Dalam, Ega Robot, Budi Dalton, Orkes PSK, Bahana Jiwa, Yanna Marvells, Ghea Ghia, Protonema, Mat Bitel, Noey, Dani Capunk (Java Jive), Erlan Wachdach, Smanda Project, Budi Arab, FOMPI, HAPMI, Kendang Pencak Daya Sunda Flash Mob, Line Dance, Gendrang Pemudrum, plus deretan MC seperti Farhan, Vivi Novidia, Joe P Project, Ratoe & Ruli, Achie Padmo, Willy Kevinda,  dan Ale Aulia. (HS/SF/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Ini Ujar Emil & Pegiat Lingkungan Hidup Dalam Evaluasi 1 Tahun Citarum Harum

Ini Ujar Emil & Pegiat Lingkungan Hidup Dalam Evaluasi 1 Tahun Citarum Harum

destinasiaNews – Bertempat di Graha Mangala Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (15/1/2019) berlangsung rapat evaluasi 1 tahun program Citarum Harum. Hadir dalam kesempatan...

Ada Pesan Mendalam di Film Preman Pensiun tentang Tanggungjawab

Ada Pesan Mendalam di Film Preman Pensiun  tentang Tanggungjawab

destinasiaNews - Pemain Preman Pensiun Serbu Bandung bersama Gubernur Jawabarat dan wakil Walikota Bandung nonton bareng, MNC Pictures menggelar Gala...

Persib Legend Ke Eka Santosa, Minta Temui Ridwan Kamil - Benahi Kisruh KONI Jabar!

Persib Legend Ke Eka Santosa, Minta Temui Ridwan Kamil - Benahi Kisruh KONI Jabar!

destinasiaNews  – Abah Landoeng (93) saksi sejarah ketika Persib berdiri pada tahun 1933, kala itu masih berusia 9 tahun di Bandung....

Gerakan Hejo Temui Ridwan Kamil – “Jangan Asyik Main Sendiri!”

Gerakan Hejo Temui Ridwan Kamil – “Jangan Asyik Main Sendiri!”

destinasiaNews – Gedung Pakuan rumah dinas Gubernur Jabar yang terletak di Jl. Cicendo No. 1 Kota Bandung, yang kini ditempati...

Hasil Lomba Digital Kominfo Pramuka Jabar 2018

Hasil Lomba Digital Kominfo Pramuka Jabar 2018

DestinasiaNews - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat sudah memilih dan menentukan juara Lomba Digital Pramuka Jabar 2018. Lomba yang...

Pengunjung

02908314
Hari ini
Kemarin
930
1009