Help Is On The Way, Docs Film Besutan Ismail Fahmi Lubis: Mari, Hayati dan Bangun Solidaritas Buruh Migran !

MI1

destinasiaNews -  Ini sebuah film dokumenter karya Ismail Fahmi Lubis, isinya mengekspos sistem perekrutan, training, dan penempatan kerja yang marak korupsi dan diskriminasi, yang harus dilalui setiap buruh migran Indonesia untuk meraih mimpi, keluar dari kemiskinan - menjadi pekerja domestik di luar negeri !

Intinya, film ini tak menggurui melainkan mengundang penonton menghayati kedalaman hidup kaum perempuan muda Indramayu. Tampaknya, kaum perempuan ini hanya punya satu solusi dalam memperbaiki tingkat perekonomiannya - menjadi pekerja migran!

Cerita film tersebut menjadi tilikan pada konferensi pers yang bertajuk Pekerja Rumah Tangga (Domestik dan Internasional), di gelar melalui webinar zoom, Jumat, 12/6/2020.

Webinar yang dipandu oleh Amelia, menghadirkan narasumber diantaranya : Eva Trisiana, Direktur Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri; Ismail Fahmi Lubis, Sutradara Docs Film Help ls On The Way; Sasha Sunu, VP Marketing GoPlay; Tari Sasha; Anis Hidayah, Migrant CARE; Imam Subali, Garda dan lainnya.

MI2

Help ls On The Way tayang perdana di GoPlay, platform video-ondemand bersama Gojek pada 11 Mei 2020,  ini terjadi setelah meraih penghargaan Piala Citra untuk kategori film dokumenter panjang terbaik di bulan Desember 2019. Selanjutnya pada 7 Mei 2020, Help ls On The Way juga tayang di televisi publik Taiwan pada tahun 2021. Film berdurasi 90 menit 37 detik ini pun akan tayang di Al Jazeera Documentary Channel untuk negara-negara Arab.

Kita tahu, bahwa ada 3,4 juta warga negara lndonesia yang bekerja di luar negeri sebagai pekerja domestik. Bekerja di luar negeri adalah salah satu impian jutaan warga Indonesia, demi memperbaiki keadaan ekonomi. Namun, kompleksitas sistem perekrutan, training, serta penempatan kerja yang tidak transparan, ditambah perbedaan budaya, lalu penempatan posisi pekerja migran, semua serba rentan. Tambahan lagi pandemi Covid -19,  menjadikan posisi pekerja migran semakin rentan. LSM yang bergerak di perlindungan buruh migran lndonesia Migrant Care, memprediksi 38.000 buruh migran Indonesia akan dipulangkan dan kehilangan pekerjaan. Film ini mengajak masyarakat untuk membangun solidaritas bersama buruh migran, dengan segala tantangannya.  

Perjalanan Help ls On The Way dimulai dari kisah Sukma dan Muji, mereka ikut pada program pelatihan di Badan Latihan Tenaga Kerja-Luar Negeri (BLK-LN) di Indramayu, Jawa Barat.  Lembaga ini mempersiapkan para perempuan untuk bekerja di luar negeri sebagai pekerja rumah tangga. Setiap tahun, ratusan perempuan seperti Sukma, Merl, Muli dan Tari direkrut oleh agen lokal. Para perempuan ini rata-rata berasal dari pedesaan yang bercita-cita bekerja di Taiwan, Hong Kong, dan Singapura. Di BLK-LN ini mereka belajar ilmu Bahasa, dan cara merawat lansia, serta menikuti persiapan lainnya.

MI3

Help Is On The Way pun membawa penonton ke Taiwan, secara langsung mengamati kehidupan sehari-han Muji dan Tari. Muji bekerja di rumah majikannya, mengurus seorang lansia yang menderita dementia. Dengan sabar dan telaten ia merawat nenek yang menjadi tanggung jawabnya. Sedangkan Tari berhasil melanjutkan kuliah di Taiwan sambil bekerja di rumah sakit sebagai perawat prfofesional yang memiliki jam kerja tetap, serta waktu luang yang bisa ia gunakan untuk menekuni hobinya menulis.

Help Is On The Way diproduksi disutradarai oleh Ismail Fahmi Lubis, sebelumnya ia telah merilis film Tarling Is Darling, yang juga meraih nominasi film'dokumenter terbaik FFI 2017, yang juga berkompetisi di Busan international Film Festival.  Rasanya, film dokumenter yang didukung Bekraf melalui program Docs By The Sea dan Docs By The Sea Incubator, sangatlah layak ditonton dan dihayati maknanya. Ternyata, menjadi buruh migran yang biasa dilabeli sebagai pahlawan devisa negara itu tak gampang, alias penuh tantangan, apalagi demi membangun solidaritas ! (HS/HRS/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Susi Pudjiastuti - Gerakan Hejo, Setuju Perbaikan Lingkungan Kab. Pangandaran: Perusaknya, Tenggelamkan !

Susi Pudjiastuti - Gerakan Hejo, Setuju Perbaikan Lingkungan Kab. Pangandaran: Perusaknya, Tenggelamkan !

  destinasianews - Hari kedua pada  3 Juni 2020 rombongan DPP Gerakan Hejo dari Bandung yang melakukan kunjungan khusus ke Kabupaten...

Pembakar Aula Balegede Pasir ImpunTertangkap, BOMA Jabar Apresiasi Apresiasi Kinerja Polisi

Pembakar Aula Balegede Pasir ImpunTertangkap, BOMA Jabar Apresiasi Apresiasi Kinerja Polisi

destinasianews - Merebaknya informasi tentang tertangkapnya terduga pelaku pembakaran (9/6/2020) aula ikonik Jabar yang dikenal dengan nama (aula) Balegede yang...

Baliwood Land dan LIPI Jalin Kerjasama, Yuk Ikutan ‘Virtual’ Seminar Potensi Desa

Baliwood Land dan LIPI Jalin Kerjasama, Yuk Ikutan ‘Virtual’ Seminar Potensi Desa

destinasiaNews – Tatkala UU Desa disahkan pada tahun 2014, pemerintah secara konsisten memberikan perhatian besar atas pembangunan desa. Hal ini tampak...

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng ‘Mendadak’ Diskusi dengan Eka Santosa BOMA Jabar di Bandung, Apa Agendanya ?

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng ‘Mendadak’ Diskusi dengan Eka Santosa BOMA Jabar di Bandung, Apa Agendanya ?

destinasiaNews  – Entah apa dan siapa yang merancang, ternyata ada angin baik,Munculnya seakan tiba-tiba saja. Adalah, dua tokoh nasional Ganjar...

Trie Utami & Irianti Erningpraja Tak Hanyut oleh Pandemi Covid-19, Lahirkan Musik Anuhyang yang Sarat EEDM …

Trie Utami & Irianti Erningpraja Tak Hanyut oleh Pandemi Covid-19, Lahirkan Musik Anuhyang yang Sarat EEDM …

destinasiaNews- Apa itu Anuhyang? Dipastikan, itu pertanyaan yang terbersit di antara kita, apalagi bagi yang telah mengenal musisi Trie Utami...

Pengunjung

05505618
Hari ini
Kemarin
2806
3859