PPFI Teken MoU dengan Pemprov Jabar – Keindahan Alam dan Keramahtamahan Warga

Foto Edit PPFI Mou Jabar2

Destinasianews – “Kami gembira sekali hari ini (15/1/2015 – red). Kerjasama yang selama ini memang sudah terjalin baik, namun belum diformalkan. Hari ini jadi resmi. Ini memudahkan melakukan kegiatan syuting di Jawa Barat yang alamnya sangat indah, warganya pun selalu ramah menyambut kami”, tutur aktris Ira Wibowo, disela-sela gebyar penuh bintang di ruangan Sanggabuwana, Gedung Sate Bandung.

Hari itu memang diteken ( MoU-Nota Kesepahaman) antara PPFI (Persatuan Produser Film Indonesia), diwakili Ketua Umum, Firman Bintang, dengan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. “Ini saatnya membuktikan orang film yang saya gaet selama ini. Maksudnya pengalaman panjang dari Kang Deddy Mizwar (Wakil Gubernur Jabar – red) dalam perfileman, bisalah dibuktikan kelak. Bukankah, begitu Kang Deddy…?”, ujar Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan beberapa saat sebelum penandatanganan ini. Tak pelak suasana penandatanganan yang awalnya terbilang agak kaku, selanjutnya menjadi cair – penuh gelak tawa, malah. Pasalnya, Demiz, sapaan akrab Deddy Mizwar, disapa dengan bahasa keseharian, pun Ia manggut-manggut penuh makna.

“Ini mah seperti unjuk kabisa antara politisi dengan pemain watak dari dunia perfileman. Kang Demiz, manggut-manggut seperti Nagabonar”, celetuk salah seorang hadirin dari bangku belakang kala itu.

Boleh dikata, Demiz, ‘Si Nagabonar”, hari itu berperan sebagai saksi penandataganan MoU. Ini menjadikan alam Jawa Barat, semakin terbuka dan mudah digunakan untuk latar pembuatan film nasional. “Saya cukup paham dan bisa menyelami kemudahan apa yang sekiranya bisa dibantu oleh Pemrov Jabar”, kata Demiz kala ditanya konkritnya seperti apa lingkup kerjasama selama 5 tahun ini ?

Foto Edit PPFI Mou JabarMenurut penandatangan kedua belah pihak, landasan utama MoU ini meliputi amanat dari Undang-undang Perfileman No. 33, tahun 2009 pasal 54, tentang pemerintah daerah yang wajib memfasilitasi pembuatan film Indonesia, serta membantu pembiayaan, apresiasi, dan pengarsipan. Lainnya, mengacu pada pasal 55, yakni pemerintah daerah mempunyai tugas melaksanakan kebijakan dan rencana induk perfileman nasional, dengan menyediakan sarana prasarana untuk pengembangan dan kemajuan perfileman.

Nota Kesepahaman yang juga dihadiri Direktur Pengembangan Industri Perfileman, Kementerian Pariwisata, Armain Firmansyah, serta Wakil Ketua DPRD Jabar, dan Sekertaris Daerah Provinsi Jabar, memiliki nilai strategis dan ekonomi yang cukup nyata. ”Ada tujuh puluh persen kebun teh di Indonesia, dan kawah berkelas dunia, Kawah Putih dan Tangkuban Parahu. Juga panorama pantai mulai Pangandaran hingga Palabuhan Ratu, silahkan dipakai”, jelas Aher yang diiyakan oleh segenap hadirin kala itu.

Hal lain yang tak kurang menariknya, ada sekitar 46 juta populasi di Jawa Barat. “Bukankah ini sasaran pasar yang menjanjikan bagi kita?”, jelas Aher dalam salah satu sambutannya.

“Selain pasar yang besar tadi, menurut saya keindahan dan keramahtamahan warga Jabar, serta dekatnya lokasi dari ibukota, jadi nilai plus tersendiri. Hanya perlu dikonkritkan kerjasama ini agar berjalaFoto Edit PPFI Mou Jabar3n mulus seperti MoU dengan Pemprov dan Pemda lain di Nusantara”, tambah Ira Wibowo yang hari itu sempat ditarik kesana-kemari untuk berfoto bersama oleh fans-nya.

Secara terpisah destinasianews.com beberapa hari kemudian menghubungi Dra. Tia Fitriani, anggota DPRD Jabar Komisi ll yang diantaranya menggarap masalah kepariwisataan dan perfileman. Menurutnya, MoU ini disambut baik sejauh akan memberdayakan potensi yang ada di Jawa Barat.”Semoga saja dalam implementasinya kelak dapat memberikan dampak positif bagi warga Jawa Barat”.(HS/SA/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Kontroversi PLPR Palabuhanratu di PTUN Bandung – Pura-pura Tak Tahu …

Kontroversi PLPR Palabuhanratu di PTUN Bandung – Pura-pura Tak Tahu …

destinasiaNews – Ternyata, masih alot bagai keong, bisa dikatakan demikian soal ini.  Dari ruang sidang di PTUN Bandung (23/8/2017) Ketua Majelis...

Kaukus Muda Unisba untuk Kota Bandung Dukung Kang Deny Menuju Bandung Satu

Kaukus Muda Unisba untuk Kota Bandung Dukung Kang Deny Menuju Bandung Satu

destinasiaNews - Penataan ruang bagaimana membuat ruang terbatas menjadi ruang yang hidup dan menyejahterakan masyarakat itulah konsep dasar kang Deni...

Imunisasi Rubella, Selamatkan Generasi Bangsa

Imunisasi Rubella, Selamatkan Generasi Bangsa

DestinasiaNews - Anak-anak merupakan aset terbaik dalam keluarga maupun sebagai penerus bangsa. Sehingga, kondisi kesehatan anak-anak haruslah menjadi prioritas utama....

Pemandian Cipanas Nagrak, Lembang Nan Virgin!

Pemandian Cipanas Nagrak, Lembang Nan Virgin!

Destinasianews – Destiners, apa yang baru di sekitaran daerah Lembang? Ada pemandian air panas alami disana. Tepatnya berada di perbatasan...

Susi Pudjiastuti, Menteri KKP di Unpad – Histeria Massa & Mafia Tenggelamkan …

Susi Pudjiastuti, Menteri KKP di Unpad – Histeria Massa & Mafia Tenggelamkan …

  destinasiNews  -  Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, pada Jumat (18/8/2017) hadir di dua acara di Bandung. Paginya, ia...

Pengunjung

01564266
Hari ini
Kemarin
884
1328