Ceker, Gudang Kaos ‘Malaweung’, Siapa Mau ?

ceker edit

Destinasianews – Gerai yang sepintas boleh disebut penataannya bak gudang kaos (t-shirt) yang artistik di Jl. Cihampelas Bandung, punya magnit khas. Lihat saja namanya:”Bikin lucu dihati. Ceker itu ternyata artinya Cihampelas Emang Keren. Ngakaknya, ada gambar ceker ayam, lagi. Factory Outlet (FO) ini memang kreatif”, seru Denida (22), mahasiswa asal Jakarta sambil mengagkat kedua jempolnya.

Tuturan Denida ini muncul spontan tatkala destinasianews memancing opininya tentang penampilan gerai Ceker yang setiap sudutnya memunculkan – senyum hingga tawa (terhabak-habak ?). “Bandung memang kota kreatif”, juga kata Denida yang meninggalkan FO Ceker dengan aneka belanjaannya.

Sebutan lain untuk FO ini dari destinasianews biasa kami namakan malaweung alias melantur atawa nyleneh, kalau kata orang kebanyakan. Betapa tidak ? Disini bisa kita dapatkan kaos dengan harga terjangkau. Penampilannya ekslusif, dan memuat peribahasa malaweung, khas Bandung yang tiada banding. Ambil contoh ada tuturan di kaos: Tak Ada Gadis Yang Tak Retak; LAIN ADIDAS (yang bermakna – memang bukan produk ADIDAS dengan gambar ceker ayam yang menohok !); Dilarang Selingkuh (dengan ilustrasi S coret seperti larangan stop tanda lalu-lintas); Sepandai-pandainya kamu melompat kamu akan jatuh juga ke hatiku. Lainnya, banyak yang mengundang tawa hingga mata berderai-derai, seperti terkena angin dari semerbak irisan bawang merah.

Yang menohhok lainnya, tempat ganti baju atau kamar pas, teronggok di satu sudut sebuah kurungan ayam kelas raksasa! “Bersyukur, dengan sajian ini banyak yang melanggan kesini. Apalagi kaum muda yang trendy, main borong aja. Katanya, harga dan thema kami cocok buat mereka”, seru Dewi, Supervisor FO Ceker yang hari itu didampingi rekannya Isni.

Mau tahu kisaran harga kaos khususnya di FO Ceker yang jadi buah bibir pelancong ke area wisata Cihampelas Bandung? “Untuk kaos dari bawah ada harga satuan Rp. 16.500. Sedangkan yang kelas atas sekitar Rp. 99.500. Semua terjangkau kan? Utama buat oleh-oleh pelancong ke kota Kembang Bandung”, lagi, Dewi menjelaskan dengan embel-embel berbagai diskon menarik.

Wahai, calon pelancong ke Cihampelas Bandung atau pun yang sudah menyambangi lokasi ini, tak ada salahnya sambangi lagi FO Ceker ini. “Pelanggan dari negeri jiran juga banyak. Mereka senang dengan peribahasa yang ditulis dan design kaos ini”, tambah Isni yang sehari-hari berada di posisi kasir.

Pertanyaan menggelitik alias malaweung dari kami, apa fungsi becak yang mangkal di FO Ceker ini? “Hahaha… soal ini ternyata sangat disuka sama turis mancanegara. Tak segan-segan, mereka menaikinya dan mendokumentasikannya”, papar Dewi yang tak henti-hentinya mengeluarkan produk unggulan kaos bertema malaweung setiap minggunya.

Akhirul kata, saran kami bila berkunjung ke FO Ceker yang suka bikin geger, persiapkanlah segala sesuatunya. Apa itu ? Mental dan rasa petualangan kaos malaweung yang tiada bandingnya di kota Bandung. Betul kata orang – perihal kaos Bandung, memang sedari doeloe kerap malaweung abiz! Makanya, siapa mau ? (HS/SA/dtn).


emgz2

Artikel lain...

“Gautama, Ayo Ikut Mencari Kapten Solihin!”

“Gautama, Ayo Ikut Mencari Kapten Solihin!”

DestinasiaNews - Nama Solihin Gautama Purwanegara di Indonesia lebih dikenal dengan nama Solihin GP, seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan...

Toni Toharudin Aplikasikan Program Unggulan 4S Sukses, Andai Terpilih Rektor Unpad – 500 Best World Class Univerversity, Ditangan !

Toni Toharudin Aplikasikan Program Unggulan 4S Sukses, Andai Terpilih Rektor Unpad – 500 Best World Class Univerversity, Ditangan !

destinasiaNews – Bakal calon rektor Unpad 2019 – 2024 Dr. Toni Toharudin kelahiran Tasikmalaya 1 April 1970, yang kini menjabat...

Duet Setya Dharma Pelawi & Eka Santosa: Unpad Butuh Sosok Pimpinan yang Tidak Terkontaminasi  

Duet Setya Dharma Pelawi & Eka Santosa: Unpad Butuh Sosok Pimpinan yang Tidak Terkontaminasi  

destinasiaNews  -  Nyaris lantang seperti ketika mereka masih aktif sebagai aktivis di kampus Unpad pada era 1980-an  Setya Dharma Pelawi...

Wow, Kodam 3 Siliwangi Terkait HUT TNI ke -74, Gelar Perayaan Besar di Bantaran Citarum

Wow, Kodam 3 Siliwangi Terkait HUT TNI ke -74, Gelar Perayaan Besar di Bantaran Citarum

destinasiaNews --  Dalam kaitan persiapan rangkaian HUT TNI ke-74, rencananya digelar pada Sabtu, 21 September 2019. Direncanakan yang akan hadir di...

Yusep Sudrajat  Intensif Sosialisasi Merawat Sungai Citarum di Pangalengan Kab. Bandung

Yusep Sudrajat  Intensif Sosialisasi Merawat Sungai Citarum di Pangalengan Kab. Bandung

destinasiaNews  – Urusan bagaimana mensosialisasikan dan merawat, serta mengembangkan sungai Citarum melalui program Citarum Harum oleh Sektor 21 – 18...

Pengunjung

04063226
Hari ini
Kemarin
4044
4538