Yuk, Mulai GERMAS-mu Sekarang!

germasdestinasiaNewsDestiners, sudahkah kita menerapkan pola hidup sehat sehari-hari? Tidak dipungkiri, fakta dan jawabannya, sebagian besar adalah belum. Betul? Rupanya, motivasi kurang dari tiap individu adalah alasan utama kenapa kita belum mau menerapkan pola hidup sehat.

 

Banyak faktor yang menyebabkan kita agak susah untuk menerapkan pola tersebut. Umumnya, faktor gaya hidup kekinian yang tidak sehat, pengaruh lingkungan, dan pencemaran, yang tanpa disadari dapat menyebabkan penyakit tidak menular.

germas2Jika ini trend-nya transisi epidemiologi, dari tahun 1990 sampai (katakanlah) sekarang, penyebab utama dari beban penyakit di masyarakat adalah Penyakit Tidak Menular yang semakin meningkat. Sadarkah kita akan hal kecil ini?!

 

Nah, tentu harus ada tindak pencegahannya bukan? Yang paling simple, yuk, kita ikutan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Menurut Ibu Dedeh, S.Gz., M.KM., RD, gerakan ini menjadi sangat penting untuk dilaksanakan agar kualitas hidup (Quality of life) kita menjadi lebih baik.

 

 

Bahkan, sudah tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

 

 

GERMAS Goal!

germas4

Destiners, siapa yang mau sakit?

Meski ini fenomena klasik-umum, tetapi jika kita sakit, terbesit akan biaya berobat-nya juga, kan?

 

 

Nah, dengan menerapkan berperilaku hidup sehat, salah satu dampaknya tentu mengurangi biaya berobat. Membuat kita lebih produktif. Menciptakan lingkungan yang bersih. Dan otomatis, kesehatan kita terjaga.

 

 

germas3GERMAS sudah digaungkan sejak lama, dan sekarang makin digalakkan oleh seluruh lapisan masyrakat. Bukti untuk mensukseskan gerakan ini adanya dukungan nyata dari lintas sektor terkait pada pembangunan akses air minum, sanitasi pemukiman layak huni dan infrastruktur dasar juga dalam kemanan pangan.

 

Juga, Pemerintahan Pusat maupun Pemerintahan Daerah menyiapkan sarana dan pra-sarana pendukungnya. Tidak ketinggalan dari dunia Institusi maupun organisasi profesi masyarakat, ikut turut andil berperilaku sehat.

 

Lalu, bagaimana kita sebagai individu dapat mendukung dan berperan aktif dalam GERMAS ini?

“Biasakan memilah gaya hidup sehat untuk diri kita sendiri. Hindari rokok, alhokol dan zat karsiogenik lainnya. Tidak ada salahnya, kan, berepot-repot di dapur untuk menyediakan buah dan sayuran segar bagi kita maupun keluarga? Pola makan dengan gizi seimbang. Cek kesehatan berkala di sarana kesehatan. Bagi para pegawai kantor, tidak ada salahnya melakukan peregangan seperti menggunakan tangga daripada lift, kan? Juga istirahat yang cukup.” Tutur Beliau, yang juga menjabat sebagai Kepala Sub Instalasi Mutu Dan Pelayanan Makanan di Instalasi Gizi, RSUP dr. Hasan Sadikin, Bandung. (SF/dtn/gambar, google.)


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 04-21 Lakukan Komsos Untuk Merubah Pola Hidup Warga

Subsektor 04-21 Lakukan Komsos Untuk Merubah Pola Hidup Warga

destinasiaNews - Untuk merubah pola hidup warga di sekitar bantaran sungai, prajurit satgas Citarum Harum selalu melakukan komsos kepada warga...

Satgas Citarum Subsektor 01-21 Selalu Himbau Warga Menjaga Kebersihan Lingkungan

Satgas Citarum Subsektor 01-21 Selalu Himbau Warga Menjaga Kebersihan Lingkungan

destinasiaNews - Satgas Citarum Harum Subsektor 01-21 Rancaekek dalam melaksanakan tugasnya, selain membersihkan aliran dan bantaran sungai dari sampah juga...

Kolonel Inf Yusef Sudrajat Bantu Tengahi Warga Dan Pabrik

Kolonel Inf Yusef Sudrajat Bantu Tengahi Warga Dan Pabrik

destinasiaNews - Permasalahan yang muncul dalam lingkungan masyarakat yang terdapat pabrik biasanya berupa limbah pabrik yang menimbulkan bau yang mengganggu...

Imam Prasojo Bitjaraken Toedingan Katjoerangan en Polemiek Quick Count Pemilu 2019

Imam Prasojo Bitjaraken Toedingan Katjoerangan en Polemiek Quick Count Pemilu 2019

  OPINI Oleh : Harri Safiari   destinasiaNews – Setoeroet artikelen jang dimoeat Kompas.com (22/4/2019) berdjoedoel: Imbauan Imam Prasodjo Terkait Tudingan...

Degap-degoep Oesai Pemilu 2019 – Bereboet Siapa Mahoe Djadi ‘Presiden’ RI

Degap-degoep Oesai Pemilu 2019 – Bereboet Siapa Mahoe Djadi ‘Presiden’ RI

destinasiaNews – Seoesai pesta democratie paling roemit sedoenia (17/4/2019), kapoetosan formaal menoeroet KPU baroe pada tarich 22 Mei 2019. Ternjata satelahnja,...

Pengunjung

03213899
Hari ini
Kemarin
2286
3958