Bandung Giri Gahana Golf Jatinangor, 33 Tahun Ramaikan Dunia Olah Raga & Kepariwisataan

BBG1

destinasiaNews – Mengenal apa dan di mana lapangan golf yang representatif bagi warga Bandung dan sekitarnya? Tak pelak nama Bandung Giri Gahana (BGG) Golf & Resort yang berlokasi di Jalan Raya Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, merupakan salah satunya yang kerap disebut.

Patut diingat, BGG Golf & Resort yang digagas sejak 6 Maret 1986, kini telah menapak ke usia yang ke-33 tahun. Manajerialnya, tak lain PT. Langen Kridha Pratyangga Tbk. Kepeduliannya, selain kepada dunia olah raga, pun dunia kepariwisataan yang juga bertumpu pada unsur-unsur penyelamatan lingkungan hidup.

“Hingga saat ini kami tak akan berhenti membenahi upaya-upaya penyelamatan lingkungan, termasuk menggeliatkan dunia olah raga dan kepariwisataan”, papar M Tachril Sapi’ie Direktur Utama, ketika ia mewakili manajemen memaparkan sekilas asal-usul sosok perusahaannya di acara bertajuk  PT. Langen Kridha Pratyangga Tbk 33rd Annyversary yang dimeriahkan turnamen pada Sabtu, (14/4/2019).

Kontribusi Bagi Jabar?

“T empat ini dahulu ditawarkan kepada H.M Widarsadipraja (alm), waktu itu beliau sebagai Dirut BDN. Kenapa beliau membuat PT LKP lapangan golf ini?. Beliau pernah bertemu dengan gurunya dan saat itu ditanya selaku Dirut BDN apa kontribusinya kepada Jawa Barat, beliau (Widarsadipraja) sampai malu dengan pertanyaan tersebut,” kata Tachril yang mendedarkan asal-usul berdirinya BGG Golf & Resort .

“Saat itu beliau mengundang 11 orang , untuk itu beliau mendirikan PT ini. Pertama-tama beliau datang ke Bandung dan ditawari satu lapangan golf, tapi beliau tidak sreg, lalu ditawari tanah ini yang sebelumnya adalah kebun karet yang sudah tidak produktif seluas kurang lebih 300 hektar. Saat beliau datang kesini lalu dikatakannya ini tempat yang baik untuk didirikan lapangan golf,” kembali Tachril menjelaskan.

BBG2

“Proses berjalan, tahun 1986 Bandung Giri Gahana Golf mulai dibangun 9 hole. Pada waktu itu yang jadi manajer di lapangan adalah Pak Leo Armansyah,” lagi kata Tachril sambil mengundang Leo Armansyah naik ke atas panggung.

Banyak suka dukanya saat mendirikan lapangan golf ini, ungkap Tachril, tapi banyak sukanya. “9 hole pertama berdiri pada tahun 1988, resmi dibuka oleh Pak Sudharmono yang saat itu menjabat Wakil Presiden RI (1988 – 1993) ,” lanjutnya.

Kemudian Pak Widarsa bertanya kepada saya, sambung Tachril, kalau saya datang menginapnya dimana? Karena waktu itu belum ada hotel di sekitar sini. “Beliau mengatakan, tolong dirikan tempat menginap. Akhirnya kita dirikan gedung ini 47 kamar, tidak ada izin untuk mendirikan hotel, maka dari itu namanya club house,” tuturnya.

Tachril juga mengungkapkan, bahwa bangunan yang ada dibuat sendiri tanpa pinjam uang ke bank. Namun dibantu oleh Pak Bagyo selaku salasatu komisaris. “Pak Bagyo sebagai salasatu pendiri Astra, menyarankan untuk menjual saham. Sehingga dijualah saham, sampai 11 milyar,” ungkapnya sambil mengundang lagi Hery Kusnanto (Direktur keuangan) ke atas panggung.

BBG4

“Tanpa partisipasi member dan tamu yang datang bermain disini, saya rasa Bandung Giri Gahana Golf ini tidak akan sampai 33 tahun usianya. Kami mohon untuk seluruh member dan golfer yang datang untuk lebih giat lagi bermain disini,” ajak Tachril.

“Tentunya kami berupaya memperbaiki banyak kekurangan. Yang baik itu selalu dari Allah dan yang jelek itu selalu dari kami,” pungkasnya.

Yang spesial pada acara ulang tahun BGG ke-33 ini, selain disiapkan banyak hadiah dan doorprize, para peserta turnamen yang diikuti 151 orang, juga di hibur pagelaran musik, juga diserahkan sejumlah sertifikat apresiasi bagi sedikitnya 15 sponsor.

Menurut Fadila Rahmatunnisa, Head of Sales & Marketing, menapak usia selanjutnya: ”Kami saat ini sedang membenahi cukup besar-besaran sarana dan prasarana. Tujuannya, agar member dan para pengunjung ke tempat ini memperoleh peningkatan kepuasan.”    (HS/St/HRS/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

destinasiaNews - Para prajurit satgas Citarum Harum dalam mengemban tugasnya untuk mengembalikan ekosistem DAS Sungai Citarum, mereka juga melakukan beberapa...

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber  Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

destinasiaNews - Tidak terasa bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa minggu saja. Saat bulan Ramadhan, tentu saja momen yang paling dinantikan...

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

DestinasiaNews – Selakoe djournalist pinggiran jang ta’ mampoe hatsilkeun reportage ‘kekinian’ jang bernas, sekali tempo sewaktoe penoelis mengaso di seboewah...

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

DestinasiaNews – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019....

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

destinasiaNews – Adalah Aries Budi Hartanto, Ketua Kelompok ‘Tujuh Ruang’, ditemani Donny Armando Rozalie, Penasihat Kelompok ‘Tujuh Ruang’, serta Indra...

Pengunjung

03197560
Hari ini
Kemarin
3256
4485