App Edukasi Jermania Diluncurkan di Bandung: Jembatan Budaya Indonesia – Jerman

DTN JERMANIAdestinasiaNews – Satu lagi aplikasi edukasi di dunia maya bernama Jermania besutan Goethe-Institut Indonesien yang disokong Kemenlu Republik Federal Jerman, diluncurkan di Bandung (22/3/2017). Menurut Iman Syahlubis, Project Manager Jermania, kerja bareng antara Nightspade pengembang game asal Indonesia dengan studio kunst-stoff dan The Good Evil pengembang game asal Jerman:”Mengajak generasi muda Indonesia yang punya minat pada bahasa dan budaya Jerman berwisata virtual. Mereka diajak pergi ke kota di Jerman seperti Berlin, Dresden, Freiburg, Cologne, dan Stuttgart. Pokoknya, bikin asyik-lah bagi mereka”.

Hadir dalam peluncuran Jermania ini yang dipenuhi pelajar dan mahasiswa di Bandung di gedung Goethe-Institut Bandung Jl. L.L.R.E Martadinata No 48, antara lain Hendrik, Wakil Duta Besar Republik Federasi Jerman, Deputy Ambassador, Berkeling, dan Dr. Heinrich Blomeke, Direktur Goethe-Institut Asia Tenggara. Petang itu kesemuanya tampak sumringah melihat antusias demo Jermania yang diperagakan oleh para pelajar dan mahasiswa.

Rani (18) siswa SMAN di Bandung menyatakan tentang Jermania:”Gak nyangka ada game kualitas internasional, ada bahasa Sunda segala. Ini bagus sebagai jembatan budaya antara dua bangsa”. Lainnya Firdha (22) mahasiswa sebuah PTN di Bandung menyatakan kekaguman atas kreasi ini:”Aku tadi udah mengunduhnya dari Google Play, di Apple App Store juga ada lho?!”, ujarnya sambil memperlihatkan gadget-nya dengan nada riang.  

Menariknya, Jermania kala dimainkan tampak familiar dengan dunia remaja dan mahasiswa yang penuh gairah ingin mengetahui dunia luar. “Tak menutup kemungkinan kebalikan dari game ini. Pemerintah Indonesia juga bisa memperkenalkan budaya dan bahasa kita melalui game sejenis”, pungkas Iman yang optimis pilot project-nya dapat berkembang dan diapresiasi banyak kalangan. (HS/SA/dtn)

Add a comment

Aplikasi Qahwa Resto Diluncurkan di Bandung

DTN QAHWA 1 CopyDestinasiaNews - Menginjak usia yang ke 5 tahun Qahwa Resto Bandung mempersembahkan appresiasi kepada pelanggan dengan meluncurkan aplikasi yang dengan mudah di unduh pada smart mobile phone berbasis android, applestore, dan google play, di Qahwa Resto Jalan Progo No.1 Bandung, Jumat (18/11/2016).

Qahwa, dalam Bahasa Arab berarti Kopi. Kopi arab (Arabica coffee) yang di kenal tidak pekat, dengan rasa sangat pahit dan mempunyai cita rasa khas yang disukai para penikmat kopi yang senang berkumpul dalam satu ruangan sambil menikmati sajian buah kurma dan kudapan manis khas Timur Tengah, yang mana biasa di nikmati oleh kerabat atau pun para pebisnis.

Qahwa Resto Bandung dengan pengalamannya menyajikan menu menu dan suasana khas Timur Tengah, bahkan satu-satunya restaurant di Bandung yang bertemakanTimur Tengah atau Mediterania “The Authentic Middle East Restaurant”.

CEO Qahwa Resto Bandung Maulana Hasanuddin yang akrab disapa Nunu menerangkan, aplikasi Mobile CBN Qahwa Resto diluncurkan sebagai bentuk apresiasi kepada para pelanggan. Tujuan aplikasi ini adalah mempermudah pelanggan Qahwa dalam pemesanan menu makanan, pemesanan tempat, melakukan order, dan pembayaran secara Online.

DTN QAHWA 2 Copy“Aplikasi Mobile CBN Qahwa Resto sangat mudah digunakan, pelanggan tinggal mengunduh aplikasi Qahwa pada Smart Mobile Phone di Google Play dan Apple Store,” papar Nunu.

Nunu Berharap Aplikasi Qahwa bisa menguatkan tali silaturahmi antara Qahwa dengan pelanggan. Pelanggan dengan pelanggan dapat juga bersilaturahmi melalui fitur News Feed yang ada di dalam aplikasi Qahwa.

“Yang menjadi kekuatan aplikasi Qahwa adalah pelanggan bisa menjadi mitra bisnis Qahwa dengan menggunakan fitur Satellite Kitchen yang dapat diimplementasikan di seluruh Indonesia. Konsep utamanya merujuk konsep Franchise, namun pelanggan tak perlu memiliki Outlet fisik, karena Supply Chain Management restorannya telah disiapkan oleh Qahwa,” ujarnya.

Diterangkan oleh Nunu, Qahwa dalam bahasa Arab berarti kopi, kopi Arab dikenal tidak pekat rasa sangat pahit, namun mempunyai cita rasa yang khas. Para penikmat kopi arab (Arabica Coffee) biasanya berkumpul dalam satu ruangan sambil menikmati sajian buah kurma dan kudapan manis khas Timur Tengah.

“Qahwa Resto Bandung selama lima tahun biasa menyajikan menu dan suasana khas Timur Tengah. Qahwa Resto sebagai The Authentic Middle East Restaurant and Cafe merupakan satu-satunya restoran di Bandung yang mengambil tema Timur Tengah atau Mediterania,” ujarnya.

Qahwa yang berdiri sejak 17 November 2011 merupakan akronim dari, Quality, Attitude, Honesty, Wow, dan Action. Visi Qahwa adalah menjadi restoran berkonsep Authentic Middle East dengan kualitas premium.

“Qahwa menyasar kalangan menengah atas, karena kami tidak bisa bermain-main dengan Taste. Namun dengan kehadiran aplikasi Qahwa, maka pelanggan menengah ke bawah dapat ikut merasakan makanan di Qahwa,” ujarnya.

Nunu mengungkapkan, pengunjung loyal Qahwa berasal dari berbagai kalangan,  diantaranya, anak-anak muda, orang Arab/Timur Tengah, Chinese, dan pengunjung non muslim. Padahal, lanjut dia, restoran bertema Timur Tengah di Jakarta, dan Puncak kesulitan mencari pelanggan.

Nunu mengatakan, Qahwa Resto Bandung dipastikan penuh oleh orang Arab dan Timur Tengah selama tiga bulan seusai Idul Fitri, karena setelah Idul Fitri merupakan Arab Season.

“Qahwa Resto Bandung cocok untuk tempat pernikahan yang berkapasitas hingga 500 orang. Oleh karena itu diusia ke-5 Qahwa Resto bersolek layaknya acara pernikahan. Dekorasi Kursi pelaminan biasanya diduduki oleh para ‘Jomblo’ dengan maksud mendapatkan jodoh,” pungkas Nunu.

DTN QAHWA 3 CopyRangkaian acara 5th Anniversary & Grand Launching Aplikasi Qahwa Resto dimulai pada, (18-25/11/2016), Qahwa sendiri akan menyajikan secara gratis makanan penutup bagi 500 pendownload aplikasi Qahwa.

Berikut beberapa menu yang ada di Qahwa Resto Bandung, Nasi Mandhi, Kabsah, dan Briyani dengan pilihan Side Dish kambing dan ayam (Main Course), Omiali, Pudding, Sambosha Djaj, Keju, dan Shisha khas Timur Tengah

Ke depannya Qahwa Resto berharap restorannya tidak hanya menjadi Icon Restaurant Middle East di Kota Bandung, bahkan ke depannya Qahwa Resto akan meluaskan jaringannya ke Jakarta, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta. (Dtn/SA)

DTN QAHWA 4 Copy

Add a comment

Jelang Sumpah Pemuda, Komunitas Seller Tokopedia Serempak Bekali Pelajar SMK Di Belasan Kota

tokopedia sumpahpemuda1tokopedia sumpahpemuda3Destinasianews - Komunitas Seller Tokopedia atau Top Community melakukan sosialiasi bisnis online kepada pelajar SMK di sejumlah kota untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016. Sebelumnya, tepatnya pada akhir bulan lalu, Tokopedia juga menggandeng Top Community-nya untuk memberikan sosialisasi kewirausahaan di ranah online secara umum melalui seminar. 

Melihat animo yang tinggi dari para pelajar, sosialisasi kembali digelar. Kali ini dalam bentuk workshop. Materi yang disampaikan pun lebih mendalam. “Walaupun bentuk penyampaiannya berbeda dari yang sebelumnya, semangat yang dibawa Top Community masih sama, yaitu semangat Ciptakan Peluangmu kepada para pemuda di Hari Sumpah Pemuda,” terang Community Development Lead Tokopedia Neneng Putri Sari Ramadhan (Puput). 

Top Community dalam acara ini diketahui membekali pelajar di daerahnya masing-masing. Top Community Jakarta melakukan sosialisasi di SMKN 56, Top Community Bogor di SMKN 3, Top Community Tangerang di SMK Kristen Kanaan, Top Community Bandung di SMK Daarut Tauhid, Top Community Cirebon di SMK Wahidin, Top Community Yogyakarta di SMKN 3, Top Community Klaten di SMK Swadaya, Top Community Malang di SMK 1 Pujon, Top Community Surabaya di SMK GIKI 1, Top Community Jember di SMKN 1, Top Community Medan di SMK Al-Washilliyah Pasar Senen 1 dan Top Community Banjarmasin di SMKN 3. 

Puput menambahkan bahwa sosialisasi seperti ini memang sangat perlu dilakukan secara berkala dan menyeluruh. “Kami ingin lebih banyak pemuda yang mampu memanfaatkan internet seefektif mungkin karena misi kami adalah memastikan siapa saja masyarakat Indonesia dapat menikmati akses pemerataan ekonomi secara digital, baik dalam mencari dan menemukan produk kebutuhan mereka dengan harga terbaik yang transparan, juga kesempatan mereka memulai dan membangun mimpi, serta usaha mereka lewat Tokopedia,” tutur Puput.

Menariknya, menurut Puput, ada sejumlah pelajar yang ternyata sudah mulai berbisnis online. “Baru berusia belasan tahun, namun sudah berpenghasilan. Ini menandakan tingginya jiwa kewirausahaan di tengah pemuda. Potensi inilah yang perlu kita kembangkan bersama karena Tokopedia percaya semua individu bisa menciptakan peluangnya masing-masing,” tutup Puput. (SF/dtn)

Add a comment

TOKOPEDIA GANDENG NINJA UNTUK TAMBAH FITUR LOGISTIK BARU

Tokopedia Ninja Banner

Destinasianews - Tokopedia secara resmi menggandeng Ninja Xpress dalam hal pengiriman. Kemitraan dengan perusahaan logistik di Indonesia, yang berafiliasi dengan Ninja Van  berpusat di Singapura ini, otomatis menambah deretan fitur logistik yang ada di Tokopedia.

“Kami yakin pengalaman dan pemahaman komprehensif mengenai dunia logistik dan perkembangan e-commerce di Asia Tenggara, yang dimiliki oleh Ninja Xpress, akan membawa kemudahan lebih untuk Toppers (pengguna Tokopedia, ed.). Sesuai dengan namanya, Ninja Xpress bisa mengantar barang pesanan Toppers secara ekspres bahkan dalam hitungan jam,” ujar Vice President Tokopedia Melissa Siska Juminto.

Di sisi lain, Country Head Ninja Xpress Indra Wiralaksmana menuturkan, “Kemitraan ini merupakan salah satu realisasi komitmen Ninja Xpress dalam memberikan kemudahan dan efisiensi logistik bagi konsumen di Indonesia. Keberadaan Ninja Xpress di Tokopedia merupakan sebuah langkah penting bagi kami dalam meningkatkan kualitas ekosistem e-commerce di negara ini.” Ia menambahkan bahwa kerja sama ini dipercaya dapat memperluas pasar dan memperkuat rasa percaya konsumen terhadap Ninja Xpress.

Tokpedia Ninja Banner2

Melissa pun mendukung pernyataan tersebut. “Ninja Xpress tentu bisa memperluas pasarnya melalui Tokopedia karena menurut SimilarWeb, Tokopedia merupakan satu-satunya situs lokal dalam daftar 10 besar situs paling sering dikunjungi di Indonesia. Data AppAnnie juga menunjukkan aplikasi Tokopedia merupakan aplikasi jual beli online yang paling sering dipakai di Indonesia dengan jumlah pemakai aktif dua kali lipat dibanding pilihan lainnya.”

Ninja Xpress diketahui akan memberikan tiga layanan untuk pengguna Tokopedia, yaitu Ninja Regular, Ninja Fast dan Ninja Super. Dan hingga 19 November 2016 mendatang, akan ada tarif spesial Ninja Regular dan Ninja Fast untuk Jabodetabek dan Bandung, yaitu di harga Rp 5.000 per kilogram. Sedangkan untuk tarif Ninja Super, dimana pengiriman akan sampai di hari yang sama, Ninja Xpress akan memberikan harga Rp 15.000 per kilogramnya. (SF/dtn)

Add a comment

Keren, Sepeda Ini Berdaya Angkut Hingga 5 Kuintal!!!

sepeda haur1

sepeda haur2sepeda haur5Destinasianews - Sepeda merupakan salah satu alat transportasi primadona masyarakat dunia. Sejak rancang bangun sepeda kali pertama diperkenalkan antara akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19, dalam perkembangannya beragam material frame telah diproduksi baik secara masal maupun industri rumahan. Mulai dari kayu, besi baja, aluminium, titanium hingga berbahan bambu.

 

Namun demikian, sepeda dengan kerangka bambu boleh dibilang masih tergolong langka. Selain langka dari sektor industri juga terbilang jarang dalam hal penggunaannya. Memang, belakangan sepeda dengan kerangka bambu sudah banyak dikembangkan di sejumlah negara di Afrika, Eropa, Amerika dan Asia termasuk Indonesia.

 

Ada yang beranggaan bahwa sepeda berkerangka material bambu sebagai alat transportasi yang lebih ramah terhadap lingkungan. Apa sebab? Tanaman bambu dengan ciri rongga dan ruas pada batangnya tersebut dikenal sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Bahkan, kerangka sepeda bambu dalam proses pembuatannya nyaris tak menghasilkan limbah.

sepeda haur3

Ini pula yang menjadi satu alasan pengrajin bambu asal Kota Bandung Gungun Gunawan dan Iman menyulap batang-batang bambu (haur) menjadi sebuah frame sepeda. Gungun menilai sepeda bambu sebagai transportasi kini dan masa depan yang lebih ramah terhadap lingkungan. Bahkan tak hanya itu, nilai etnik dan tradisional dari bambu menjadi satu keunggulannya.

 

 

Dari beragam jenis tanaman rerumputan ini, Gungun memilih jenis bambu Phyllostachys Aurea Ginna. Bambu tersebut memiliki karakteristik unik, yakni jarak antarruas buku 5-12 cm dengan kerapatan daging bambu lebih banyak daripada ketebalan gabusnya. Bambu, setelah melalui proses heat treatment memiliki gaya tegangan tarik 40 kN/cm 2 melebihi daya tegang besi yang hanya mencapai 37 kN/cm 2 .

 

 

Di bengkel kerjanya di bilangan Jalan PHH Mustofa dan Jalan Laswi Kota Bandung, untuk pengerjaan satu unit frame memerlukan waktu hingga 70 jam kerja atau sekitar 10 hari. Proses pembuatan dilakukan secara selektif sejak mulai memilah batang hingga tahap akhir. Geometri kerangka akan terbentuk setelah batang-batang yang terseleksi dirakit dengan menggunakan tali rami dan perekat khusus di setiap sudutnya, digabungkan dengan berbagai komponen berbahan aluminium seperti head tube, seat post, bottom bracket dan rear drop out  yang didesain dan diproduksi sendiri.

sepeda haur4

Satu frame memiliki bobot antara 1,8 hingga 2,5 kilogram dengan daya angkut mencapai 500 kilogram alias 5 kuintal. Untuk merakitnya hingga menjadi full bike, komponen lainnya masih menggunakan spare parts atau aksesori yang beredar di pasaran.

 

Sejak dirintis 2007 lalu dan mulai memperbanyak produksi dua tahun setelahnya, sudah puluhan frame sepeda haur yang diproduksi mulai fixie, sepeda balap, sepeda lipat, MTB hingga tandem. Tak hanya di dalam negeri, sepeda haur dari Bandung ini sudah menembus pasar pengguna sepeda di mancanegara. Hanya saja produksi dan penjualannya masih mengandalkan pesanan. “Selain di Bandung dan Jakarta, sepeda sudah terjual ke luar negeri seperti Belanda, Perancis, Austria, Brazil, Jepang dan Malaysia,” ungkap Gungun. Dengan banderol 6 juta rupiah per frame, Gungun memberi garansi frame 5 tahun kepada setiap pembelinya. (IA/dtn - reposting)

Add a comment


emgz2

Artikel lain...

Mayjen (Purn) Tatang Zaenudin & Eka Santosa, Kuda hitam Pilgub Jabar – Blusukan …

Mayjen (Purn) Tatang Zaenudin & Eka Santosa, Kuda hitam Pilgub Jabar – Blusukan …

destinasianews  - Jreng-jreng, mungkin demikian laporan ini dibuka. Pasalnya, tanpa ba bi bu, dua tokoh pasangan Pilgub Jabar 2018 yang...

Pemimpin Dari Birokrat Untuk Bandung Barat Masih Ideal

Pemimpin Dari Birokrat Untuk Bandung Barat Masih Ideal

DestinasiaNews.com, Bandung Barat – Pertarungan politik merebut kursi Bandung Barat satu semakin menggeliat, Kali ini organisasi  DPC Taruna Merah Putih...

Manusia Pohon Aiptu Nunuh & Kapolsek Ibun Asep Dedi – Kembali, Tanam 2.500 Pohon

Manusia Pohon Aiptu Nunuh & Kapolsek Ibun Asep Dedi – Kembali, Tanam 2.500 Pohon

destinasiaNews – Menyongsong pengingatan hari pohon se dunia, kembali “Manusia Pohon” Aiptu Nunuh  dan kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi menghijaukan...

Gerakan Hejo Garut & ‘Barudak’ XTC,  Plus Angin Metal Head, Tanam 1000 Pohon -  Biar, Air Terkendali …

Gerakan Hejo Garut & ‘Barudak’ XTC,  Plus Angin Metal Head, Tanam 1000 Pohon -  Biar, Air Terkendali …

destinasiaNews – Katakanlah ini ‘goup’ atau resminya DPD Gerakan Hejo Kabupaten Garut, seakan-akan ‘gak ada abiznya’ – Terus menghijaukan tatar...

Demiz Ditanya Wakilnya, Kala Berkunjung ke Partai Berkarya Jabar: Akan Diselesaikan Secara Adat

Demiz Ditanya Wakilnya, Kala Berkunjung ke Partai Berkarya Jabar: Akan Diselesaikan Secara Adat

destinasiaNews – Ujung dari acara kunjungan Dedy Mizwar Wakil Gubernur Jabar ke Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa, Pasir Impun...

Pengunjung

01699242
Hari ini
Kemarin
439
1592