Startup Penyedia Aplikasi Gadjian dan Hadirr, Bidik UMKM di Jabar

AG1

destinasiaNews -Startup penyedia aplikasi penggajian dan sumber daya manusia (Gadjian) dan aplikasi absensi karyawan (Hadirr), berekspansi ke Jawa Barat dengan membuka kantor perwakilan penjualan di Jalan Ir. H. Juanda (Dago) Kota Bandung.  Ekspansinya diharapkan agar aplikasi Gadjian dan aplikasi Hadirr dapat melayani kebutuhan pengelolaan SDM  perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah (UMKM)  di Jawa Barat dengan lebih optimal serta edukasi Gadjian Academy semakin diminati.

Hal tersebut disampaikan CEO Gadjian, Afia Fitriati saat konferensi pers di salah satu caffee Jalan Dayang Sumbi Kota Bandung, Kamis, 5/9/2019.

"Potensi perusahaan kecil dan menengah di Bandung dan Jawa Barat pada umumnya sangat besar untuk mendukung peningkatan perekonomian daerah, " jelas  Afia.   

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 tercatat ada 300.000 perusahaan skala kecil dan menengah berada di wilayah Jawa Barat.  Karena itu, Gadjian dan Hadirr membidik Jawa Barat sebagai pangsa pasar potensial,  papar Afia.

Afia mengatakan bahwa segmen usaha yang menggunakan aplikasi Gadjian dan Hadirr untuk Bandung dan sekitarnya antara lain boutique, caffee dan salon, lalu kemudian untuk wilayah Jawa Barat adalah produsen sepatu Adidas, Brodo, dan J & C Cookies.

Lebih jauh Afia menjelaskan, sejak tahun 2016, aplikasi Gadjian dan Hadirr telah merambah ribuan perusahaan di berbagai provinsi di Indonesia, dengan menyediakan aplikasi berbasis awan (cloud) yang mengotomatisasi fungsi-fungsi rutin administrasi SDM, seperti menghitung gaji, BPJS, pajak penghasilan PPh pasal 21 serta pengelolaan data absensi, terang Afia.

Untuk aplikasi Gadjian dipatok dengan harga Rp12.500 per karyawan per bulan untuk pelayanan standar.  Adapun, layanan premium yang mencakup pengurusan BPJS, pajak penghasilan PPh 21 dan pencatatan kasbon dikenakan tarif Rp 20.000 per karyawan per bulan, kata Afia

"Harga ini jauh lebih terjangkau dibandingkan aplikasi serupa yang biasanya digunakan di perusahaan-perusahaan," ungkap Afia. Dengan harga yang terjangkau ini, Gadjian membidik segmen perusahaan menengah dan kecil (UMKM), jelas Afia menambahkan.

Selain itu, bagi yang menggunakan paket aplikasi pencatatan absensi karyawan yaitu aplikasi Hadirr,  cukup merogoh kocek Rp10.000 per karyawan per bulan.  Lewat aplikasi ini, perusahaan yang memiliki karyawan dengan mobilitas tinggi tidak perlu kesulitan untuk merekam absensi karyawan, karyawan cukup melakukan absensi melalui aplikasi Hadirr dengan konfirmasi lewat swafoto yang dilengkapi teknologi pemindai wajah dan pengecekan melalui sistem GPS yang terhubung dari komputasi awan (cloud) dengan basis Google Map, beber Afia.

Diantaranya, ada beberapa perusahaan di Indonesia yang mengambil sekaligus dua aplikasi tersebut untuk mempermudah pekerjaan HRD sehingga perusahaan lebih fokus terhadap pengembangan produk dan lainnya, papar Afia.

Saat ini, Pemerintah daerah yang sudah mengunakan aplikasi Hadirr, untuk mencatat absensi PNS di wilayahnya adalah Kabupaten Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, kata Afia.  "Dengan aplikasi Hadirr, PNS yang tidak melakukan absensi tidak mendapatkan tunjangan kehadiran," ujarnya

Afia berharap Gadjian dan Hadirr dapat digunakan tidak hanya dari perusahaan, tetapi juga diseluruh pemerintah daerah di Indonesia.

Sarana Edukasi SDM

Selain menawarkan aplikasi, Gadjian juga menyediakan sarana belajar ilmu pengelolaan SDM melalui unit Gadjian Academy.

AG2

Gadjian Academy didirikan sejak 2017. Hingga saat ini, Gadjian Academy telah memberikan pelatihan ilmu pengelolaan SDM sedikitnya 30 sesi yang diikuti 800 peserta se-Jabodetabek.  Sementara untuk di wilayah Bandung Raya, Gadjian Academy baru mengadakan dua kali sesi kelas diikuti oleh 50 perusahaan, ujar Afia.   “Ternyata,  peminatnya tidak hanya berasal kota Bandung, melainkan juga dari Cianjur, Cimahi dan sekitarnya, kata Afia menambahkan

Menurut Afia, Gadjian Academy biasanya mengabarkan sesi kelas melalui media sosial ataupun email. Dalam sesi kelasnya, Gadjian Academy menghadirkan pakar-pakar pengelolaan SDM dan pengembangan bisnis.

Bagi peserta program kelas Gadjian Academy untuk perusahaan kecil dan menengah (UMKM), pihaknya mematok harga sebesar Rp 200.000 - Rp300.000.  Kelas ini terbuka bagi semua perusahaan, sekalipun belum mengunakan dengan Gadjian dan Hadirr, jelas Afia. "Untuk pengguna Gadjian dan Hadirr, bisa gratis," pungkasnya. (HRS/dtn)


emgz2

Artikel lain...

“Gautama, Ayo Ikut Mencari Kapten Solihin!”

“Gautama, Ayo Ikut Mencari Kapten Solihin!”

DestinasiaNews - Nama Solihin Gautama Purwanegara di Indonesia lebih dikenal dengan nama Solihin GP, seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan...

Toni Toharudin Aplikasikan Program Unggulan 4S Sukses, Andai Terpilih Rektor Unpad – 500 Best World Class Univerversity, Ditangan !

Toni Toharudin Aplikasikan Program Unggulan 4S Sukses, Andai Terpilih Rektor Unpad – 500 Best World Class Univerversity, Ditangan !

destinasiaNews – Bakal calon rektor Unpad 2019 – 2024 Dr. Toni Toharudin kelahiran Tasikmalaya 1 April 1970, yang kini menjabat...

Duet Setya Dharma Pelawi & Eka Santosa: Unpad Butuh Sosok Pimpinan yang Tidak Terkontaminasi  

Duet Setya Dharma Pelawi & Eka Santosa: Unpad Butuh Sosok Pimpinan yang Tidak Terkontaminasi  

destinasiaNews  -  Nyaris lantang seperti ketika mereka masih aktif sebagai aktivis di kampus Unpad pada era 1980-an  Setya Dharma Pelawi...

Wow, Kodam 3 Siliwangi Terkait HUT TNI ke -74, Gelar Perayaan Besar di Bantaran Citarum

Wow, Kodam 3 Siliwangi Terkait HUT TNI ke -74, Gelar Perayaan Besar di Bantaran Citarum

destinasiaNews --  Dalam kaitan persiapan rangkaian HUT TNI ke-74, rencananya digelar pada Sabtu, 21 September 2019. Direncanakan yang akan hadir di...

Yusep Sudrajat  Intensif Sosialisasi Merawat Sungai Citarum di Pangalengan Kab. Bandung

Yusep Sudrajat  Intensif Sosialisasi Merawat Sungai Citarum di Pangalengan Kab. Bandung

destinasiaNews  – Urusan bagaimana mensosialisasikan dan merawat, serta mengembangkan sungai Citarum melalui program Citarum Harum oleh Sektor 21 – 18...

Pengunjung

04064771
Hari ini
Kemarin
1367
4222