Sinkop, Dekopin & TII Ramaikan Kopma Days 2016 – Darah Baru Koperasi

DTN KOPMA 2016 1 CopyestinasiaNews-  Usia ke- 33 bagi Kopma (koperasi mahasiswa) Unpad pada 10 Desember 2016, peringatannya di Auditorium Bale Santika Unpad Jatinangor rupanya, tak ingin dilewatkan begitu saja. Ada kegiatan yang dironce berupa seminar dan talkshow. Tak urung sekitar 175 mahasiswa dan pegiat koperasi dari internal Unpad, serta mahasiswa PTN dan PTS di Jawa Barat, berkumpul. “Aku mau tularkan virus koperasi selain di kampus juga di kampung halamanku. Cara berkoperasi yang benar, harus kita sebar terus”, kata Esar mahasisa UPI yang hadir bersama lima rekannya. “Inginnya itu rentenir di pedesaan,  segera dibasmi !”, tambah Ernian asal Kabupaten Tasikmalaya, salah satu rekan Esar.

 

Bagusnya, pada peringatan yang penuh gelegar ini – ada hasrat kuat menumbuhkan kembali  sistem ekonomi koperasi “baru”. Tokoh yang hadir, di antaranya:   Kepala Bidang Koperasi Dinas KUKM Provinsi Jawa Barat, Hj. Elis YatimahSugiarto, Wakil Rektor I Ikopin; Talkah Badrus, Assisten Departemen Kemenkop.

 

Tiga nara sumber lain dari Jakarta, masing-masing Agung Fajar dari Sinkop – System Integritas Bisnis Koperasi, bersama Rizal Ali W dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), dan Ferdian Yazid dari Transparency Inernational Indonesia, dan Deddy Satrya Prihadi (Tapp Market), serta Deliska Swagi  selaku Ketua Forum Pengusaha Unpad, semua sepakat cara baru berkoperasi harus ditumbuhkan. 

 

Darah Baru itu

 

DTN KOPMA 2016 2 Copy

 

 

Hasil penelitian terkini, kalangan muda akan banyak tertarik pada kegiatan ekonomi berbasis koperasi, bila teknologi informasi dan komunikasi yang canggih dilibatkan. “Hadirnya, para jawara perkoperasian di Unpad kali ini, bisa memacu meningkatkan kinerja dan kualitas Kopma,” ujar Rini, Humas Kopma Unpad. “Terbukti, usai pemaparan dari Sinkop, Dekopin dan TII, seakan kami punya darah baru. Banyak yang ingin menjalin kerja sama untuk soal ini.”

 

Masih berbicara “darah baru” itu, Sugiarto, Ellis Yatimah, dan Talkah Badrus, di forum ini seakan membuat benang merah kebangkitan koperasi Indonesia setelah Bapak Koperasi Indonesia Bung Hatta, menekankan dahulu pada saat pendirian republik ini – “Koperasi harus besar dan bermanfaat langsung bagi rakyat,” seru Sugiarto. 

 

Sejumlah pembaruan mulai dari aspek manajerial, oritentasi, motivasi, marketing, dan penumbuhan goalserta nilai baru, harus ditekankan lagi. Jumlah koperasi Indonesia yang sampai akhir tahun 2015 ada 212.135 unit, dengan catatan hanya 150.223 unit bisa eksis, itu pun keberadaannya dihimpit antara sistem ekonomi kapitalistik maupun sosialis, malah “diintimidasi” neo liberalism:”Ini tantangan kita dengan kegotongrotongan model baru berbasis IT”, kata Agung Fajar sambil menunjukkan konsep anyar KAKRI (Kartu Anggota Koperasi Republik Indonesia) yang punya banyak keunggulan.

 

Soal KAKRI ini yang oleh kalangan peserta Kopma Days 2016 ternyata mengundang antusiasme tinggi.  Oleh Rizal Ali W hari itu kembali dibedah keunggulannya, salah satunya sebagai penguatan jaringan data base anggota koperasi secara nasional: ”Cukup Rp 20 ribu per anggota per tahun. Dijamin KAKRI bermafaat untuk asuransi bila meninggal dunia akibat kecelakaan  ada pembayaran 200%. Dan 100% jika meninggal akibat kecelakaan”.

 

“Darah baru” lainnya, Ferdian Yazid yang blak-blakan mewanti-wanti pentingnya transparansi dalam kegiatan berkoperasi:”Pencegahan korupsi dalam kegiatan koperasi amatlah penting. Kami hadir di sini, semoga memotivasi pegiat koperasi agar lebih clean, clear, and capable”. 

 

Menutup reportase ini, semoga usia ke-33 tahun Kopma Unpad, bisa melahirkan cara baru berpikir dan bertindak menjalankan koperasi Indonesia - lebih membumi dan menajam pada kegiatan ekonomi NKRI:”Setuju Kak, bila itu yang mau dilahirkan dari momentum ini. Segera kami pedomani,” reaksi spontan Novita dan kawan-kawannya di penghujung acara. (HS/SA/dtn)


emgz2

Artikel lain...

“Gautama, Ayo Ikut Mencari Kapten Solihin!”

“Gautama, Ayo Ikut Mencari Kapten Solihin!”

DestinasiaNews - Nama Solihin Gautama Purwanegara di Indonesia lebih dikenal dengan nama Solihin GP, seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan...

Toni Toharudin Aplikasikan Program Unggulan 4S Sukses, Andai Terpilih Rektor Unpad – 500 Best World Class Univerversity, Ditangan !

Toni Toharudin Aplikasikan Program Unggulan 4S Sukses, Andai Terpilih Rektor Unpad – 500 Best World Class Univerversity, Ditangan !

destinasiaNews – Bakal calon rektor Unpad 2019 – 2024 Dr. Toni Toharudin kelahiran Tasikmalaya 1 April 1970, yang kini menjabat...

Duet Setya Dharma Pelawi & Eka Santosa: Unpad Butuh Sosok Pimpinan yang Tidak Terkontaminasi  

Duet Setya Dharma Pelawi & Eka Santosa: Unpad Butuh Sosok Pimpinan yang Tidak Terkontaminasi  

destinasiaNews  -  Nyaris lantang seperti ketika mereka masih aktif sebagai aktivis di kampus Unpad pada era 1980-an  Setya Dharma Pelawi...

Wow, Kodam 3 Siliwangi Terkait HUT TNI ke -74, Gelar Perayaan Besar di Bantaran Citarum

Wow, Kodam 3 Siliwangi Terkait HUT TNI ke -74, Gelar Perayaan Besar di Bantaran Citarum

destinasiaNews --  Dalam kaitan persiapan rangkaian HUT TNI ke-74, rencananya digelar pada Sabtu, 21 September 2019. Direncanakan yang akan hadir di...

Yusep Sudrajat  Intensif Sosialisasi Merawat Sungai Citarum di Pangalengan Kab. Bandung

Yusep Sudrajat  Intensif Sosialisasi Merawat Sungai Citarum di Pangalengan Kab. Bandung

destinasiaNews  – Urusan bagaimana mensosialisasikan dan merawat, serta mengembangkan sungai Citarum melalui program Citarum Harum oleh Sektor 21 – 18...

Pengunjung

04064847
Hari ini
Kemarin
1443
4222