Muswil V PBHI Jabar Lahirkan Ketua, “Astro” Rizky Ramdani: Optimis, Banyak Cara …

DTN PBHIdestinasiaNews – Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI), yang lahir di Jakarta 14 Februari 1999. Sekilas tentang organisasi ini dibangun berbasis anggota individual. Ia selama ini bersifat non-profit, serta didedikasikan sepenuhnya bagi pemajuan dan pembelaan hak-hak manusia (HAM). PBHI Nasional kini punya anggota lebih dari seribu orang. Mereka tersebar di pelosok Nusantara. Beberapa tokoh nasional yang termasuk perintis organisasi ini, kita mengenal diantaranya pegiat HAM Hendardi, dan Bonar Tigor Naipospos. 

Paling anyar kiprah PBHI di Jawa Barat, tepatnya di Dago Asri 1 B – 12 Bandung (4/3/2017) telah berlangsung  - Musyawarah Wilayah (Muswil) V PBHI Jawa Barat. Perhelatan yang dihadiri Ketua Majelis Anggota Nasional (MAN) PBHI Ismail Hasani, yang sebelumnya terdaftar sebagai anggota PBHI Jabar, menghasilkan Ketua “baru” Rizky Ramdani yang akrab disapa Astro. Resminya Astro didaulat selaku Ketua Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Jawa Barat. Sedikitnya Ia akan mimimpin organisasi yang sarat dengan misi penegakan hukum dan kemanusiaan, untuk periode 2017-2021.

Dalam rilisnya, mulusnya pemilihan ketua yang dipandu “trio” Suryadi Radjab, Distia Aviandari, dan Ismail Hasani, dimungkinkan setelah Unung Nur Alamsyah dan Chandra M Alit – menyatakan tidak bersedia dicalonkan.

“Kami legawa, Bung Astro lolos bisa memimpin PBHI Jabar. Selanjutnya, kita akan sama-sama membangun organisasi ini. Agar lebih bermakna bagi warga Jabar, khususnya”, kata keduanya yang menggenapkan kehadiran menjadi 26 anggota pada Muswil V PBHI Jawa Barat  kali ini. 

.

MAW & Basis Kinerja

Muswil V PBHI Jawa Barat kali ini, selain berhasil memilih pimpinan baru “Astro”, juga sukses mengisi personal Majelis Anggota Wilayah (MAW) Jawa Barat. Terpilih lima orang, di antaranya: Distia Aviandari, Femmi Amelia, Haldi Pinandita, Hilda Helmidayani, dan Paskah Irianto. Selanjutnya, diputuskan mengangkat Paskah Irianto sebagai Ketua, dan Haldi Pinandita sebagai Sekretaris. 

Turut meramaikan Muswil kali yang hadir belakangan, Ketua Badan Pengurus Nasional (BPN) Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI) Totok Yulianto. Kehadirannya yang sempat memunculkan gairah baru di tengah Muswil ini, juga disertai  Sekretaris BPN PBHI Desriko, dan staf-nya Afif Waldi serta Ridwan.

Masih di Muswil kali ini, Totok kembali mengingatkan pentingnya partisiasi anggota dalam kinerja di PBHI.“PBHI itu organisasi berbasis anggota. Partisipasi anggota itu hendaknya berbasis kinerja yang berkualitas. Melaluinya, kinerja PBHI dipastikan akan menjadi lebih hidup. Terlebih, bila didukung secara konkret oleh anggota,” ujarnya yang terpilih menjadi Ketua pada Kongres VI PBHI , 15 Desember 2016. “Saya percaya Bung Astro dan kawan-kawan bisa mewujudkannya di Jawa Barat”.

Tantangan Astro …      

Sementara itu Astro yang pada 2013 pernah mengikuti Pendidikan Keahlian dan Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan PBHI kala ditanya - program terdekat dalam kepemimpinannya? “Konsolidasi internal mutlak dilakukan. Secara bersamaan dilaksanakan identifikasi dan re-inventarisasi permaslahan berikut penggalian potensi. Lainnya, melakukan tugas utama secara simultan dan mendasar. Percayalah, ini tantangan menarik bagi saya, begitu juga rekan-rekan mendukungnya”. 

Dalam kesempatan lain Astro memaparkan PBHI Jabar harus fokus sebagai perhimpunan yang didedikasikan bagi promosi dan pembelaan HAM - promoting and defending human rights. “Harapannya, para anggota dapat menjadi pembela HAM yang berintegritas tinggi dan handal”. 

Diakuinya, garapannya ini tak akan semudah membalikkan telapak tangan – revitaliasi PBHI Jabar yang non profit, serta sepenuhnya bergerak dalam koridor hukum dan kemanusiaan yang memiliki konsekuensi khas, perlu ekstra perhatian:”Salah satu prioritas harus melakukan fund raising. Optimislah, banyak jalan dan cara untuk memobilisasi dana. Strateginya, segera kami susun”, pungkasnya disertai senyum dari pria berkacamata yang kesehariannya berpembawaan kalem. (HS/SA/dtn)


emgz2

Artikel lain...

“Gautama, Ayo Ikut Mencari Kapten Solihin!”

“Gautama, Ayo Ikut Mencari Kapten Solihin!”

DestinasiaNews - Nama Solihin Gautama Purwanegara di Indonesia lebih dikenal dengan nama Solihin GP, seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan...

Toni Toharudin Aplikasikan Program Unggulan 4S Sukses, Andai Terpilih Rektor Unpad – 500 Best World Class Univerversity, Ditangan !

Toni Toharudin Aplikasikan Program Unggulan 4S Sukses, Andai Terpilih Rektor Unpad – 500 Best World Class Univerversity, Ditangan !

destinasiaNews – Bakal calon rektor Unpad 2019 – 2024 Dr. Toni Toharudin kelahiran Tasikmalaya 1 April 1970, yang kini menjabat...

Duet Setya Dharma Pelawi & Eka Santosa: Unpad Butuh Sosok Pimpinan yang Tidak Terkontaminasi  

Duet Setya Dharma Pelawi & Eka Santosa: Unpad Butuh Sosok Pimpinan yang Tidak Terkontaminasi  

destinasiaNews  -  Nyaris lantang seperti ketika mereka masih aktif sebagai aktivis di kampus Unpad pada era 1980-an  Setya Dharma Pelawi...

Wow, Kodam 3 Siliwangi Terkait HUT TNI ke -74, Gelar Perayaan Besar di Bantaran Citarum

Wow, Kodam 3 Siliwangi Terkait HUT TNI ke -74, Gelar Perayaan Besar di Bantaran Citarum

destinasiaNews --  Dalam kaitan persiapan rangkaian HUT TNI ke-74, rencananya digelar pada Sabtu, 21 September 2019. Direncanakan yang akan hadir di...

Yusep Sudrajat  Intensif Sosialisasi Merawat Sungai Citarum di Pangalengan Kab. Bandung

Yusep Sudrajat  Intensif Sosialisasi Merawat Sungai Citarum di Pangalengan Kab. Bandung

destinasiaNews  – Urusan bagaimana mensosialisasikan dan merawat, serta mengembangkan sungai Citarum melalui program Citarum Harum oleh Sektor 21 – 18...

Pengunjung

04064730
Hari ini
Kemarin
1326
4222