Mendadak, Solihin GP Pertemukan Ridwan Kamil – Eka Santosa : Menuju Pilgub Jabar 2018?

DTN RK 1 EKA 1destinasiaNews – Pertemuan khusus yang terjadi sangat mendadak pada Sabtu pagi 18 Maret 2017 terjadi di kediaman sesepuh Jawa Barat Solihin GP (92) di kawasan Cisitu Indah kota Bandung. Saat itu hadir di pagi hari yang sebelumnya sempat dibasahi hujan, Ridwan Kamil Walikota Bandung (2013 -2018) sowan ke Mang Ihin panggilan akrab Solihin GP mantan Gubernur Jabar 1970 – 1974 dan 16 tahun menjabat sebagai Sesdalopbang era Orde baru.

“Benar pagi ini Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) hadir di Cisitu Indah. Mang Ihin mengklarifikasi niatan Kang Emil yang ramai saat ini mau maju Pilgub Jabar 2018. Juga menanyakan pengganti dan program selanjutnya bagi kota Bandung. Pun dipertemukan dengan Kang Eka sebagai Ketua Umum Gerakan Hejo. Lainnya, ya silaturahimlah, layaknya anak ke bapak”, papar Prof. Dr. Mubiar Purwasasmita rekan dekat Mang Ihin di DPKLTS (Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda, tempat mereka bergiat dalam lingkungan sejak tahun 2001.

Sedikit bocoran dari Satria Kamal salah satu putra Mang Ihin, inti diskusi yang berbalut klarifikasi, di antaranya: Seberapa seriuskah niatan Ridwan Kamil maju ke Pilgub Jabar 2018? Bila ini benar, siapa pengganti Walikota Bandung mendatang? Program di kota Bandung yang belum selesai, bagaimana penanganan dan kelanjutannya? Termasuk, partai apa yang akan mengusungnya?

Lainnya pula menurut Mamay panggilan akrab Satria Kamal:”Tentu diklarifikasi soal pewarisan nilai-nilai kejuangan bangsa. Juga, soal NKRI, Pancasila dan UUD 45, serta penanganan intoleransi, pun masalah pentingnya menjaga dan mengembangkan harmonisasi hidup bernegara dalam konteks Jawa Barat”, tambahnya.

Ridwan Kamil sendiri usai pertemuan ini dengan rona wajah sumringah mengungkapkan:”Pesan atau nasihat Mang Ihin selaku sesepuh Jabar sangat bermakna bagi saya. Pun dari sesepuh Jabar lainnya, akan saya terima kelak. Semua ini kan demi harmonisasi di Jabar ke depan”.

Kala ditanya tentang dipertemukannya oleh Mang Ihin dengan tokoh Jabar Eka Santosa yang selama ini bergiat sebagai Ketua Umum Gerakan Hejo:”Nah, ini kan Kang Eka bukan siapa-siapa bagi saya. Tadi banyak kita bicarakan soal bagaimana Jabar ke depan. Intinya, banyak manfaat dari momentum ini”, paparnya yang juga mengapresiasi partai NasDem yang berinisiatif mendorong ke niatan Pilgub Jabar 2018 – “Dengan partai lain pun saya sudah banyak melakukan pertemuan. Tentu silaturahim dengan partai akan dibangun terus”.

Eka Siap Beberes

DTN RK 1 EKA 2Eka Santosa sendiri dalam kesempatan ini cukup singkat menanggapi pertemuan ini:”Namanya juga bersilaturahim, kita bicarakan hal-hal umum menyangkut Jabar ke depan. Tadi Pak Sobirin dan Pak Mubiar dari DPKLTS, banyak memperkaya perihal perbaikan kondisi lingkungan di Jabar, tentunya. Ini bermanfaat bagi kita. Pegangan saya, fatzoen saja ke nasihat Mang Ihin. Saya siap beberes …”.

Mang Ihin sendiri sekilas kala ditanya kemungkinan posisi dari Ridwan Kamil – Eka Santosa:”Dari dulu juga saya tekankan. Eka itu jadi tukang beberes di bidang lingkungan utamanya. Eka sudah banyak berdiskusi dengan saya, soal posisi tak masalah bagi dia mau nomor satu atau dua”, begitu ujarnya yang saat itu usai pertemuan mendadak ini - ia menerima tamu tokoh nasional lainnya. (HS/SA/dtn)


emgz2

Artikel lain...

“Gautama, Ayo Ikut Mencari Kapten Solihin!”

“Gautama, Ayo Ikut Mencari Kapten Solihin!”

DestinasiaNews - Nama Solihin Gautama Purwanegara di Indonesia lebih dikenal dengan nama Solihin GP, seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan...

Toni Toharudin Aplikasikan Program Unggulan 4S Sukses, Andai Terpilih Rektor Unpad – 500 Best World Class Univerversity, Ditangan !

Toni Toharudin Aplikasikan Program Unggulan 4S Sukses, Andai Terpilih Rektor Unpad – 500 Best World Class Univerversity, Ditangan !

destinasiaNews – Bakal calon rektor Unpad 2019 – 2024 Dr. Toni Toharudin kelahiran Tasikmalaya 1 April 1970, yang kini menjabat...

Duet Setya Dharma Pelawi & Eka Santosa: Unpad Butuh Sosok Pimpinan yang Tidak Terkontaminasi  

Duet Setya Dharma Pelawi & Eka Santosa: Unpad Butuh Sosok Pimpinan yang Tidak Terkontaminasi  

destinasiaNews  -  Nyaris lantang seperti ketika mereka masih aktif sebagai aktivis di kampus Unpad pada era 1980-an  Setya Dharma Pelawi...

Wow, Kodam 3 Siliwangi Terkait HUT TNI ke -74, Gelar Perayaan Besar di Bantaran Citarum

Wow, Kodam 3 Siliwangi Terkait HUT TNI ke -74, Gelar Perayaan Besar di Bantaran Citarum

destinasiaNews --  Dalam kaitan persiapan rangkaian HUT TNI ke-74, rencananya digelar pada Sabtu, 21 September 2019. Direncanakan yang akan hadir di...

Yusep Sudrajat  Intensif Sosialisasi Merawat Sungai Citarum di Pangalengan Kab. Bandung

Yusep Sudrajat  Intensif Sosialisasi Merawat Sungai Citarum di Pangalengan Kab. Bandung

destinasiaNews  – Urusan bagaimana mensosialisasikan dan merawat, serta mengembangkan sungai Citarum melalui program Citarum Harum oleh Sektor 21 – 18...

Pengunjung

04063215
Hari ini
Kemarin
4033
4538