Partai Nasdem Deklarasikan Ridwan Kamil – Menuju Pilgub Jabar 2018

EDU DEKLARASI RK 2 2destinasiaNews– Ridwan Kamil Walikota Bandung (2013 – 2018) yang akrab disapa Emil, hadir di deklarasi Partai NasDem di Lapangan Tegalega Bandung (19/2/2017). Ini mengusung Emil maju ke Pilgub Jabar 2018.

“Hatur nuhun kepada Partai NasDem dan masyarakat, walau pilkada 15 bulan lagi ternyata ada cara agar bisa diperkenalkan lebih awal. Ini agar warga bisa memilah, dan tidak salah pilih,” papar Emil dalam sambutannya yang disambut tepuk tangan ribuan hadirin.

Perihal jalan panjang menggapai Kursi Jabar 1, sesuai konstitusi sedikitnya ia dan pasangannya harus didukung 20 anggota DPRD Jabar. Kala diwawancara seusai deklarasi, secara tersirat menjelaskan sejumlah tantangan:”Komunikasi dengan semua partai, batas komunikasi itu tidak hitam di atas putih. Ini pun belum pasti maju ke maja pendaftaran, dari deklarasi ke pendaftaran masih lama.”

Tiga Kesepakatan Emil - NasDem

Dalam deklarasi ini, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam pidatonya mengungkapkan ada kesepakatan tiga syarat demi menempatkan Emil untuk Pilkada 2018: menjadikan Jabar sebagai benteng Pancasila; bila berhasil duduk memimpin Jabar, memintanya untuk tidak bergabung dengan partai apapun; dan ketiga konsolidasi roda pemerintahan di Jabar, demi mendukung Pemerintahan Presiden Jokowi sekaligus sebagai persiapan Pilpres 2019.

Perihal paling  awal Partai NasDem memberi dukungan ke Emil di Pilgub Jabar 2018, Surya dalam salah satu keterangannya:”Sengaja dilakukan sembari melakukan pemetaan permasalahan dan program terbaik demi masyarakat Jabar.”

Lebih lanjut alasan NasDem menurut Surya: ”Demi memudahkan untuk mengantisipasi hal-hal mana yang harus diperkuat dan dikoreksi. Pencalonan ini tak hanya berhenti pada deklarasi, melainkan membawa Ridwan Kamil memenangkan kompetisi”.

Secara terpisah Eka Santosa Ketua DPW Partai NasDem 2013 – 2015 yang kini bergiat di isyu lingkungan dan budaya “Gerakan Hejo” bersama sesepuh Jabar Solihin GP (92), kebetulan ramai dalam pemberitaan sehari sebelumnya (18/3/2017)  - bertemu dengan Emil di kediaman Solihin GP di Cisitu Indah Kota Bandung.

EDU DEKLARASI RK 2 1Terkait deklarasi ini, menurut Eka: “Ini sebuah langkah politik berparadigma baru dalam upaya pemunculan sosok pemimpin di Jawa Barat, yang menurut Solihin GP kini kondisinya sudah awut-awutan”.

Diakui Eka sebagai orang yang pernah membesarkan Partai NasDem, mengapresiasi deklarasi ini: ”Hal ini tidak terlepas dari sebuah kecerdasan Ketua Umum Partai NasDem dalam melakukan perubahan dan pembaharuan politik di Indonsia. Idealnya, langkah ini harus diikuti dengan topangan program kepada saudara Ridwan Kamil - demi memulihkan Jabar dari ketertinggalan, bahkan keterpurukan selama ini.”

Eka seakan mengingatkan pada garapan kinerjanya kala masih di NasDem:”Saya istilahkan waktu itu restorasi Jabar selatan-utara dan Jabar tengah. Sekedar mengingatkan, saya waktu itu gencar mengusung tag line NasDem untuk Jabar dan Jabar untuk Indonesia”, pungkasnya. (HS/SA)


emgz2

Artikel lain...

Pangdam lll  Ajak F DAS Citarum & GH Sukseskan Citarum Harum: Bukan Mendukung, Siap Terdepan Malah, Kata Eka Santosa  

Pangdam lll  Ajak F DAS Citarum & GH Sukseskan Citarum Harum: Bukan Mendukung, Siap Terdepan Malah, Kata Eka Santosa   

destinasiaNews – Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Doni Monardo yang secara fenomenal telah meluncurkan revitalisasi sungai Citarum di antaranya kala...

Tatang Suratis, Ketua DPD LPM Jabar: Pemberdayaan itu Tiang Membangun Desa  

Tatang Suratis, Ketua DPD LPM Jabar: Pemberdayaan itu Tiang Membangun Desa   

destinasiaNews – Aktivis pergerakan masyarakat Tatang Suratis, Ketua DPD (Dewan Perwakilan Daerah) LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Provinsi Jawa Barat, ditemui...

F DAS Citarum & Gerakan Hejo ‘Dikucilkan’ Urus Citarum – “Tak Mengapa Kata Eka di Radio Elshinta  

F DAS Citarum & Gerakan Hejo ‘Dikucilkan’ Urus Citarum – “Tak Mengapa Kata Eka di Radio Elshinta   

destinasiaNews – Tak biasanya Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo dan Ketua Forum DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum kala...

F DAS Citarum Tak Lagi Dilibatkan Urus Sungai Terkotor Sedunia, Eka Santosa:”Ada yang Aneh …”

F DAS Citarum Tak Lagi Dilibatkan Urus Sungai Terkotor Sedunia, Eka Santosa:”Ada yang Aneh …”

destinasiaNews – “Lho koq tidak diundang Forum DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum. Besok Kang Eka datang saja ikut rapat di...

Eka Santosa Terima Cawagub Jabar Anton Charliyan - Bahas Kedalaman Adat & Masa Depan Jabar

Eka Santosa Terima Cawagub Jabar Anton Charliyan - Bahas Kedalaman Adat & Masa Depan Jabar

destinasiaNews -- Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo yang juga Ketua Forum DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum, serta Sekjen...

Pengunjung

01797318
Hari ini
Kemarin
336
1366