Sidang PKPU Forkoma CSI di Pengadilan Niaga Jakpus: Ajak Anggota Bersatu

DTN FORKOMA SIDANG KE 2 CopydestinasiaNews – Perjuangan Forum Anggota KSPPS BMT CSI Syariah Sejahtera atawa lazim disebut Forkoma CSI (Forum Komunikasi Anggota – Cakrabuana Sukses Indonesia), paling akhir muncul di Pengadilan Niaga  Jakarta Pusat (29/3/2017).”Ini gelar perkara yang kedua kalinya,” kata Iqbal Nugraha, SH selaku kuasa hukum dari Forkoma CSI.

Iqbal bersama “Astro” Rizky Ramdani dari Gerakan Hejo yang selama ini mengadvokasi perkara ini sebelum sidang PKPU (Penundaan Kewajiban Permohonan Utang), berbekal surat Permohonan PKPU Nomor 35/Pdt.Sus-PKPU/2017/PN Niaga Jkt.Pst, seusai sidang yang hanya berlangsung sekitar 5 menit:”Hakim Ketua tadi menerima tuntutan kita. Pada Senin depan 3 April 2017 untuk bersidang bersama pengurus Koperasi CSI. Tujuan kami sejak awal jelas, menuntut pengembalian dana seluruh anggota, bukan hanya yang tergabung di Forkoma CSI saja”.

Pada pihak lain Bob Hasan & Partner yang mewakili pemohon pailit yang digawangi Uci Sanusi,mantan Direksi PT CSI Bidang HRD yang sekaligus pengurus Koperasi CSI, usai persidangan ini, sama seperti persidangan minggu lalu, langsung menghilang.

Beberapa saat sebelum sidang dimulai Uci yang didampingi menurut pengakuannya sekitar 300 anggota Koperasi CSI pemohon kepailitan, yang beberapa di antaranya membawa plakat tuntutan pengembalian dana yang dibekukan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sejak 29 November 2016, menyatakan: “Sebaiknya kita ini bersatu saja. Semua ini kan demi umat”.

Kala pihak Uci yang kerap didampingi pengacara pribadinya Aini dicoba dijembatani untuk bertemu dengan pihak Forkoma CSI yang kebetulan berada dalam satu gedung di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, tampak keduanya tak merespon dengan jelas, Kala itu yang mereka utarakan:”Sudah banyak korban di antara kita, termasuk yang terkena stroke sudah beberapa orang, malahan yang menderita sakit jiwa pun ada beberapa, marilah kita bersatu saja ….”

Terkait pengabulan permohonan PKPU oleh Hakim Ketua Jamaludin Samosir untuk menunda perkara  No 16/Pdt.Sus-PAILIT/2011/PN yang diajukan  Bob Hasan & Partner:”Semoga keberhasilannya nanti bisa dinikmati oleh anggota di luar Forkoma CSI. Niatnya hanya satu, uang anggota bisa kembali. Harapannya titik terang itu muncul pada persidangan mendatang. Tanda-tandanya sudah kami rasakan”.

Perjuangan Pengembalian

Sekedar mengingatkan koperasi yang punya akta notaris sesuai Keputusan Menkop dan UKM Nomor 1162/BH/M.KUKM.2/V/2014, memiliki anggota sekitar 16 ribu, diduga punya akumulasi dana sekitar Rp. 2,3 T. Pengumpulan dana yang bersalut koperasi ini kini mandek. sejak rekeningnya dibekukan Bareskrim Mabes Polri 29 November 2016. Kasus ini di lansiran media massa, popular dikenal sebagai investasi bodong Koperasi CSI.

Dua pucuk pimpinan CSI, ditahan sejak 25 November 2017 atas laporan OJK dan satgas Waspada Investasi ke Bareskrim, dugaannya tindak pidana penghimpunan dana berdasarkan prinsip syariah tanpa izin usaha sebagaimana dimaksud pasal 59 UU 21/2008 tentang Perbankan Syariah. Penyidikan Bareskrim pun mengarahkan atas sangkaan pelanggaran pasal 3 dan 5 UU 8/2010 tentang Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Penahanan dua pucuk pimpinan itu M Yahya dan Iman Santoso sejak 25 Maret 2017 dipindahkan ke kota Cirebon dari Bareskrim Polri. 

Dalam perkembangannya kasus ini sedang berlangsung persidangan lainnya seperti Kepailitan, PKPU, Wanprestasi, serta Perbankan Syariah dan TPPU, di Jakarta dan Cirebon.

Secara terpisah, Eka Santosa Ketua Umum Gerakan Hejo mengomentari hasil terakhir persidangan ke dua di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat:”Sejak awal yang kami perjuangkan semata untuk pengembalian dana simpanan anggota. Itu terlepas dari persoalan hukum yang sedang berjalan. Sekaligus saya himbau untuk bergabung, tokh semua ini jalan hukum yang saya rasa benar”. (HS/SA/dtn).  


emgz2

Artikel lain...

Bandung Photo Studio Digital & Lab - Ifan Chandra "Sekali Berarti"

Bandung  Photo Studio Digital & Lab - Ifan Chandra "Sekali Berarti"

destinasiaNews - Wow, urusan foto diri yang keren berharga terjangkau, di Bandung rasanya hanya satu. Ini dia  bidang usahanya, namanya...

Tuntas Jernihkan Pemberitaan Sepihak HU Pikiran Rakyat, Eka Mencuci Lesung …

Tuntas Jernihkan Pemberitaan Sepihak HU Pikiran Rakyat, Eka Mencuci Lesung …

destinasiaNews – Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jawa Barat yang juga dikenal sebagai Ketua Umum Gerakan Hejo, dan Sekjen...

Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jabar,  Jelaskan Keberatan Pemberitaan HU Pikiran Rakyat

Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jabar,  Jelaskan Keberatan Pemberitaan HU Pikiran Rakyat

destinasiaNews – Bergulirnya pemberitaan di harian umum (HU) Pikiran Rakyat berjudul “Dilengserkan, Adi Gugat DPP Partai Berkarya” pada hari Rabu...

Jadilah Politisi Cerdas Dan Bijak..

Jadilah Politisi Cerdas Dan Bijak..

destinasiaNews.com – Bursa calon pemimpin dalam Pemilihan kepada daerah (pilkada) serentak akan kembali digelar pada 2018 di berbagai daerah di...

Kasus PLPR Palabuhanratu di PTUN Bandung, Bayu Risnandar Bersaksi – Boleh Dibangun, Asal …

Kasus PLPR Palabuhanratu di PTUN Bandung, Bayu Risnandar Bersaksi – Boleh Dibangun, Asal …

destinasiaNews– Seperti apa jalannya sidang di PTUN Bandung dalam perkara No 80/G/2017PTUN-BDG pada 13 September 2017 ? Adakah yang berbeda...

Pengunjung

01600366
Hari ini
Kemarin
519
1329