Impian Ridwan Kamil Usai Sertijab - HP Buatan Tanah Pasundan, Pemekaran Wilayah, Dan Bersihnya Sungai Citarum

lantikrk1destinasiaNews - Gubernur terpilih Jawa Barat masa bakti 2018-2023, Ridwan Kamil, dalam pidato pertama seusai melaksanakan sertijab dari Pejabat Gubernur Jabar Mochamad Iriawan di halaman Gedung Sate (6/9/2018), Jalan Diponegoro Bandung, sempat mengangankan sesuatu dari Tanah Pasundan. Kira-kira, apa gerangannya ya?

 

"Nggak usah yang yang aneh-aneh, deh. Cukup hape buatan Jabar. Pirage (masa sih) HP masa enggak bisa?," kata Ridwan Kamil  yang ditepuki ribuan pengunjung mengapresiasi angan-angannya.

 

Tak lain keinginan tersebut diutarakan mengingat dalam perjalanannya ke beberapa negara, betapa warganya begitu fanatik akan penggunaan produk dalam negeri mereka. Ini dicontohkan ketika mengunjungi negeri Jerman, Korea Selatan, Jepang, dan China.

 

Selain hape buatan sendiri, Ia juga menginginkan sungai Citarum kembali bersih. Caranya, pindahkan sebagian besar pabrik ke Majalengka, ”Tentu harus ada perencanaan matang untuk hal in. Nanti kita upayakan.”

 

Soal Sungai Citarum yang diperihatinkan adalah keterkenalannya bukan karena sesuatu yang baik, ”Citarum terkenal karena notorious (bhs. Inggris) yang dekat dengan unsur negatif-nya. Ini kebalikan dari kata fame atau famous karena unsur positif-nya.”

 

Beranjak sambutan Ridwan Kamil ke jomplangnya pembangunan di Jabar Selatan saat ini, ia katakan, ”Masih banyak tanah luas terlantar di sana. Ini harus dicari solusinya, utamanya sejahterakan warga setempat.”

 

Salah satu solusi untuk Jabar Selatan di antaranya segera dilakukan pemekaran wilayah baik di Jabar Tengah, maupun di Jabar Utara. “Tujuannya, agar rentang kendali dan pelayanan masyarakat bisa ditangani lebih efesien.” Imbuhnya.

 

lantikrk2Ditelisik atas tiga angan-angan Ridwan Kamil, menurut Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jabar, ”Itu semua hal yang wajar. Masa 48 juta populasi Jabar tak bisa hasilkan hape sendiri? Pemekaran wilayah merupakan sebuah keniscayaan, pun soal Sungai Citarum bersih memanglah harus segera ditindaklanjuti dengan seksama. Saya percaya, semua bisa terwujud.”

 

Perihal tiga hal yang diangankan Ridwan Kamil, kembali ditanyakan kepada Irvan Helmi Khadafi, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Cianjur yang didampingi rekannya Dira Devara Putra dan Fajar Anurahman, ”Yakinlah hal-hal yang bersifat mendasar ini bisa tercapai, selama kita ini kompak dan perencanaannya matang serta konsisten diterapkan di lapangan.”

 

Sementara itu menurut Deni ‘Ozenk’ Tudirahayu yang menyertai Irvan, menanggapi tiga angan-angan Ridwan Kamil di atas mengapresiasi atas niatannya yang tak terbilang muluk-muluk, ”Ini impian yang realistis, sejauh kita sama-sama turut mendukung dan mengimplementasikannya di lapangan.” (HS/SF/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 04-21 Lakukan Komsos Untuk Merubah Pola Hidup Warga

Subsektor 04-21 Lakukan Komsos Untuk Merubah Pola Hidup Warga

destinasiaNews - Untuk merubah pola hidup warga di sekitar bantaran sungai, prajurit satgas Citarum Harum selalu melakukan komsos kepada warga...

Satgas Citarum Subsektor 01-21 Selalu Himbau Warga Menjaga Kebersihan Lingkungan

Satgas Citarum Subsektor 01-21 Selalu Himbau Warga Menjaga Kebersihan Lingkungan

destinasiaNews - Satgas Citarum Harum Subsektor 01-21 Rancaekek dalam melaksanakan tugasnya, selain membersihkan aliran dan bantaran sungai dari sampah juga...

Kolonel Inf Yusef Sudrajat Bantu Tengahi Warga Dan Pabrik

Kolonel Inf Yusef Sudrajat Bantu Tengahi Warga Dan Pabrik

destinasiaNews - Permasalahan yang muncul dalam lingkungan masyarakat yang terdapat pabrik biasanya berupa limbah pabrik yang menimbulkan bau yang mengganggu...

Imam Prasojo Bitjaraken Toedingan Katjoerangan en Polemiek Quick Count Pemilu 2019

Imam Prasojo Bitjaraken Toedingan Katjoerangan en Polemiek Quick Count Pemilu 2019

  OPINI Oleh : Harri Safiari   destinasiaNews – Setoeroet artikelen jang dimoeat Kompas.com (22/4/2019) berdjoedoel: Imbauan Imam Prasodjo Terkait Tudingan...

Degap-degoep Oesai Pemilu 2019 – Bereboet Siapa Mahoe Djadi ‘Presiden’ RI

Degap-degoep Oesai Pemilu 2019 – Bereboet Siapa Mahoe Djadi ‘Presiden’ RI

destinasiaNews – Seoesai pesta democratie paling roemit sedoenia (17/4/2019), kapoetosan formaal menoeroet KPU baroe pada tarich 22 Mei 2019. Ternjata satelahnja,...

Pengunjung

03213852
Hari ini
Kemarin
2239
3958