Impian Ridwan Kamil Usai Sertijab - HP Buatan Tanah Pasundan, Pemekaran Wilayah, Dan Bersihnya Sungai Citarum

lantikrk1destinasiaNews - Gubernur terpilih Jawa Barat masa bakti 2018-2023, Ridwan Kamil, dalam pidato pertama seusai melaksanakan sertijab dari Pejabat Gubernur Jabar Mochamad Iriawan di halaman Gedung Sate (6/9/2018), Jalan Diponegoro Bandung, sempat mengangankan sesuatu dari Tanah Pasundan. Kira-kira, apa gerangannya ya?

 

"Nggak usah yang yang aneh-aneh, deh. Cukup hape buatan Jabar. Pirage (masa sih) HP masa enggak bisa?," kata Ridwan Kamil  yang ditepuki ribuan pengunjung mengapresiasi angan-angannya.

 

Tak lain keinginan tersebut diutarakan mengingat dalam perjalanannya ke beberapa negara, betapa warganya begitu fanatik akan penggunaan produk dalam negeri mereka. Ini dicontohkan ketika mengunjungi negeri Jerman, Korea Selatan, Jepang, dan China.

 

Selain hape buatan sendiri, Ia juga menginginkan sungai Citarum kembali bersih. Caranya, pindahkan sebagian besar pabrik ke Majalengka, ”Tentu harus ada perencanaan matang untuk hal in. Nanti kita upayakan.”

 

Soal Sungai Citarum yang diperihatinkan adalah keterkenalannya bukan karena sesuatu yang baik, ”Citarum terkenal karena notorious (bhs. Inggris) yang dekat dengan unsur negatif-nya. Ini kebalikan dari kata fame atau famous karena unsur positif-nya.”

 

Beranjak sambutan Ridwan Kamil ke jomplangnya pembangunan di Jabar Selatan saat ini, ia katakan, ”Masih banyak tanah luas terlantar di sana. Ini harus dicari solusinya, utamanya sejahterakan warga setempat.”

 

Salah satu solusi untuk Jabar Selatan di antaranya segera dilakukan pemekaran wilayah baik di Jabar Tengah, maupun di Jabar Utara. “Tujuannya, agar rentang kendali dan pelayanan masyarakat bisa ditangani lebih efesien.” Imbuhnya.

 

lantikrk2Ditelisik atas tiga angan-angan Ridwan Kamil, menurut Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jabar, ”Itu semua hal yang wajar. Masa 48 juta populasi Jabar tak bisa hasilkan hape sendiri? Pemekaran wilayah merupakan sebuah keniscayaan, pun soal Sungai Citarum bersih memanglah harus segera ditindaklanjuti dengan seksama. Saya percaya, semua bisa terwujud.”

 

Perihal tiga hal yang diangankan Ridwan Kamil, kembali ditanyakan kepada Irvan Helmi Khadafi, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Cianjur yang didampingi rekannya Dira Devara Putra dan Fajar Anurahman, ”Yakinlah hal-hal yang bersifat mendasar ini bisa tercapai, selama kita ini kompak dan perencanaannya matang serta konsisten diterapkan di lapangan.”

 

Sementara itu menurut Deni ‘Ozenk’ Tudirahayu yang menyertai Irvan, menanggapi tiga angan-angan Ridwan Kamil di atas mengapresiasi atas niatannya yang tak terbilang muluk-muluk, ”Ini impian yang realistis, sejauh kita sama-sama turut mendukung dan mengimplementasikannya di lapangan.” (HS/SF/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Bandung Music Council KasihTabik ke Orkestra Bandung Philharmonic – Gelar Repertoir ‘Legenda

Bandung Music Council KasihTabik ke Orkestra Bandung Philharmonic – Gelar Repertoir ‘Legenda

destinasiaNews  – Terkait rencana gebyar gelaran musik klasik musim ke-4 dari Bandung Philharmonic pada Minggu, 23 September 2018, Erlan Effendy Ketua...

Lapak Buku Bekas ‘Destik’ – Siap Tingkatkan Minat Baca (2)

Lapak Buku Bekas ‘Destik’ – Siap Tingkatkan Minat Baca  (2)

destinasiaNews – Secara administratif letak lapak buku bekas ‘ Destik, menurut Andri selaku Koordinator pelapak buku bekas di sini, masuk...

Lapak Buku Bekas ‘Destik’ – Era Digital Datang, Surutlah Minat Baca ! (1)

Lapak Buku Bekas ‘Destik’ – Era Digital Datang, Surutlah Minat Baca ! (1)

destinasiaNews – Pertengahan September 2018 kala itu masih di musim kemarau. Kebetulan penulis sedang mengurus sebuah keperluan di pusat Kota...

Rayakan Ultah Kota Bandung ke 208 Tran Studio Gelar Konser Ari Lasso

Rayakan  Ultah Kota Bandung ke 208 Tran Studio Gelar Konser Ari Lasso

destinasiaNews - Kawasan Terpadu  TSB (Trans Studio Bandung) dalam menyambut ulang tahun Kota Bandung ke -208,  menawarkan aneka promo dan...

Ridwan Kamil & Uu Bubarkan TOS Jabar Juara, Erry Riyana Hardjapamekas - Libatkan Warga untuk Pengawasan

Ridwan Kamil & Uu Bubarkan TOS Jabar Juara, Erry Riyana Hardjapamekas - Libatkan Warga untuk Pengawasan

destinasiaNews - Tim Optimasi dan Sinkronisasi (TOS) Jabar Juara, yang dibentuk sejak 26 Juli 2018 sebagai akselerasi percepatan kerja Gubernur dan...

Pengunjung

02528532
Hari ini
Kemarin
4088
7781