Asprumnas DPW Jabar Gelorakan Gerakan Bangun Rumah Berkualitas

Pelantikan 9 DPDjpg1

destinasiaNews Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional serta memperingati berdirinya Asosiasi Pengembang dan Pemasar Rumah Nasional (Asprumnas) ke 8 (13/5/2013), Asprumnas Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Jawa Barat, melantik 9 Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kabupaten dan Kota di wilayah Provinsi Jawa Barat. Ke sembilan Asprumnas DPD tersebut yaitu : Kabupaten Garut, Bandung Raya, Kota Cimahi, Bekasi Raya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten, Majalengka, Kata Cirebon dan Kabupaten Indramayu. Kegiatan yang mengusung tema ”Gerakan Bangun Rumah Berkualitas”, berlangsung di Hotel Holiday Inn Pasteur Jalan Dr. Djunjunan Kota Bandung, Kamis, 20/5/2021.

Selain itu, Asprumnas meluncurkan logo barunya dan me-review prestasi pencapaian pembangunan perumahan baik rumah bersubsidi dukungan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) maupun rumah komersil (premium) di beberapa daerah di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Barat, melalui tayangan video.

Kebutuhan papan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) diperlukan strategi percepatan penyelesaian backlog perumahan nasional.  Faktanya, hingga kini masih ada backlog sekitar 14 juta-an rumah. Untuk menangkap peluang tersebut, Asprumnas DPW Jabar mengajak insan pengembang dan dinas terkait di wilayahnya, untuk bermitra, seiring sejalan mendukung program hunian 1 juta rumah bagi MBR, selain rumah komersil, demikian sepenggal kata pengantar yang disampaikan Ketua Panitia, Huliman Abdul Gopur, S.Sos.; M.Pd. jelang acara pelantikan.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Asprumnas DPW Jabar, Erdy Taupana, M.M., bahwa Asprumnas berkomitmen menjadi mitra aktif pemerintah dalam mendukung program 1 juta rumah. Juga, menjadi pejuang rumah rakyat, pejuang tanah untuk anak negeri menyediakan rumah terbaik, katanya menambahkan.

“Suatu hari nanti, masyarakat akan mencari, ketika mencari rumah akan bertanya, Ini perumahannya Asprumnas bukan?, jika belum ada, maka kita bikin perumahan disini !” ajak sang Ketua Umum DPW Jabar kepada para Ketua DPD yang baru dilantikyna. Sontak disambut riuh tepuk tangan hadirin. Ulas ulang mengenang ungkapan, saat dirinya dilantik menjadi Ketua Umum Asprumnas DPW Jabar beberapa tahun lalu.

Tanpa disuruh pemerintah, Asprumnas berkomitmen memberikan yang terbaik buat masyarakat membangun rumah berkualitas, ujar Erdy sapaan akrab Erdy Taupana. “Bapak, Ibu sepakat..?, ajaknya menambahkan.

Untuk diketahui, Aprumnas sering di undang dan dilibatkan dalam tim di Kementrian PUPR untuk mencari solusi tentang kendala atau hal-hal yang akan kita bangun untuk masyarakat, juga mendapingi pemerintah, jika ada proyek strategis nasional, seperti yang sedang dilaksanakan saat ini yaitu relokasi rumah yang terdampak proyek jalan tol Cisundawu, Sumedang, Jabar, beber Erdy.

Pelantikan 9 DPDjpg

Lebih jauh Erdy mengatakan, Aprumnas juga fokus menciptakan dan melahirkan developer-depeloper berkualitas salah satunya dengan mendirikan Asprumnas Akademi, merupakan kumpulan dari para coach atau suhu-suhu propertiseluruh Indonesia.

Kedepan, bagi pengembang tidak lagi akan direpotkan dengan masalah pemasaran karena Asprumnas sebagai pengembang dan pemasar merupakan satu kesatuan, maka pihaknya akan membuat lembaga sertifikasi pemasaran yang berkualitas, jelas Erdy.

Di Tahun 2021, Asprumnas DPW Jabar menargetkan 100 proyek disetiap kabupaten dan Kota, baik itu subsidi maupun komersil, ujar Erdy

Selain membangun perumahan berkualitas dikontrol dengan aplikasi Sistem Informasi Pemantauan Konstruksi (SiPetruk), pengembang harus bertanggung jawab terhadap lingkungan yang dibangun dan menjadikan konsep perumahan eco living disetiap pembangunannya dan menjadikan contoh pemukiman yang sehat, nyaman serta aman, bagi pengembang lainnya, harap Erdy. Bahkan untuk penyusunan perda serah terima fasum Fasos, Asprumnas sudah menjadi konsultan, kata Erdy di akhir paparannya.

Mewakili Kadis Disperkim Jabar, Rudy Ibrahim, menyampaikan apresiasinya atas program Asprumnas yang selaras dengan program pemerintah yang sedang dilakukan yaitu menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat di Jawa Barat, terutama bagi MBR dan pihaknya mendukung program Asprumnas, ucapnya.  

Ketua Umum Asprumnas DPP, Muhammad Syawali, S.E, M.M mengatakan, pihaknya sangat konsen dengan kualitas konstruksi bangunan. Hal ini, demi mewujudkan sebuah hunian yang layak huni, memenuhi kriteria rumah yang sehat dan merupakan rumah yang siap untuk ditempati, bukan siap untuk direnovasi.

Selain didukung oleh program-program pemerintah, pihak perbankan juga bisa memperlonggar syarat-syarat Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan prosesnya, terutama bagi pemohon yang bermasalah dengan BI Checking, ujarnya berharap.

Usai pelantikan, bagi para Ketua Asprumnas DPD, dilanjutkan up grading tentang Keorganisasian Asprumnas oleh Huliman Abdul Gopur, S.Sos.; M.Pd.; Strategi Aselerasi Bisnis Properti oleh Haris Marga; lalu Financial Engeneering Bisnis Properti oleh Riki F.S; serta Testimoni Master FLPP oleh Ervan Septiana.

Menurut pantauan destinasianews.com, acara yang digelar mulai pukul 11: 30 hingga 17:00 Wib, berlangsung hidmat, lancar dan sukses serta patuhi protokol kesehatan Covid-19. Turut hadir dalam acara tersebut antara lain dari Asprumnas DPP : Drs. Agusni Gunawan, M.Si. (Ketua Dewan Panasihat); Muhammad Syawali, S.E. M.M. (Ketua Umum); Rizki Akbar Fathoni, S.E. M.M., (Sekretaris Jenderal); Asprumnas DPW Jabar: Erdy Taupana, M.M (Ketua Umum) dan jajarannya; para Ketua Asprumnas DPD Kabupaten dan Kota wilayah Jabar; Disperum Jabar; Disperkim Jabar, Gapeksindo Jabar, Bank BJB, Bank BTN, Bank BSI Asia Afrika, Bank HIK Cibitung serta para tamu undangan lainnya. (HRS/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Anggota DPR RI, Muhammad Farhan Kupas Tuntas ‘Public speaking di Dunia Digital’

Anggota DPR RI, Muhammad Farhan Kupas Tuntas ‘Public speaking di Dunia Digital’

destinasiaNews -Perhelatan yang digagas kolaborasi antara DPR RI dan Kominfo bekerjasama dengan Sumber Kreasi, menggelar Ngobrol Bareng Legislator dengan mengusung...

Pendekatan Teknologi Terapan Dapat Sejahterakan Masyarakat, Pembekalan Pangdam III/ Slw Di Seskoad

Pendekatan Teknologi Terapan Dapat Sejahterakan Masyarakat, Pembekalan Pangdam III/ Slw Di Seskoad

Foto : Dok Pendam III/Siliwangi destinasiaNews – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., memberikan Ceramah Pembekalan kepada Perwira...

Prihatin, Masih Banyak Warga Bandung Tak Paham Peran Stilasi Bandung Lautan Api

Prihatin, Masih Banyak Warga Bandung Tak Paham Peran Stilasi Bandung Lautan Api

DestiansiaNews - Kata itu terucap Donny Wiratakusumah, dalam suatu bincangan spontan tentang peringatan Bandung Lautan Api di Zie Cafe Jalan...

Marakayangan Drawing, Meriahkan Bulan Menggambar Nasional

Marakayangan Drawing, Meriahkan Bulan Menggambar Nasional

DestinasiaNews - Hari Minggu 8 Mei 2022 seputar Gedung Merdeka Bandung selain dipadati warga yang masih menikmati liburan Lebaran, dimaraki...

Dukungan dan Evaluasi Pengembangan Warisan Budaya Tak Benda Di Kota Bandung

Dukungan dan Evaluasi Pengembangan Warisan Budaya Tak Benda Di Kota Bandung

DestinasiaNews - Hidup dan matinya suatu kebudayaan sangat terkait pada pewarisanya yang diharapkan dapat menjamin adanya kesinambungan, penghargaan serta implementasi...

Pengunjung

08650630
Hari ini
Kemarin
3242
4720