Menwa YON XI/UPI Juara Umum YMC 2016 Riau

YMC Riau b1

DestinasiaNews – Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia kembali menggelar agenda dua tahunannya yaitu Pekan Integrasi Nasional Yudha Manunggal Chakti 2016 (YMC) dan untuk tahun ini diselenggarakan di Universitas Riau (UR) selaku tuan rumah, berlangsung pada tanggal 10 – 17 Desember 2016. Diikuti 14 grup Resimen Mahasiswa Indonesia dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, yang masing-masing grup di wakili oleh tiga orang, papar Danul Risyandi, Komandan Menwa Batalyon 041 Indra Buana Universitas Riau.

Pekan Integrasi Nasional YMC 2016 memperlombakan empat kategori perlombaan yaitu lomba menembak yang dilaksanakan di Batalyon Komando 462 Paskhas, lomba Halang Rintang, lomba Essai Bela Negara dan lomba Napak Tilas jejak pahlawan Sultan Syarif Qasim di Kabupaten Siak Sri Indrapura, kata Danul menambahkan.

Upacara pembukaan Pekan Integrasi Nasional YMC 2016 dibuka langsung oleh Rektor Universitas Riau (UR), Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi DEA, yang betindak selaku Pembina upacara, yang dilaksanakan di halaman Gedung Rektorat Univesitas Riau, Senin (12/12/2016).

“Kegiatan upacara ini merupakan kegiatan untuk menyempurnakan pengabdian ilmu pengetahuan dan ilmu olah keprajuritan. Pada tahun ini Pekan Integrasi Nasional Yudha Manunggal Chakti diselenggarakan di bumi lancang kuning yang menjadi tuan rumah, Universitas Riau melalui Menwa Indra Pahlawan Riau Batalyon 041 Indra Buana Universitas Riau (UR) sebagai penyelenggaranya,” ujar Aras.

YMC Riau b

“Saya berharap, pada kegiatan ini Menwa UR dapat menjadikan momentum ini sebagai langkah untuk meningkatkan jiwa bela Negara, Patriotisme dan Nasionalisme, kemudian di dalam berkompetisi nantinya dapat menempatkan menang dan kalah adalah suatu hal yang wajar. Maka dari itu, diharapkan kepada setiap peserta menjadikan perlombaan ini sebagai ajang persaudaraan,” tegas Aras.

Dalam kesempatan itu juga digelar Seminar Kebangsaan dengan tema “Revolusi mental pemuda Indonesia dalam ketahanan negara” dengan pemateri oleh Panglima Kodam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Lodewyk Pusung.  Pada seminar ini juga turut hadir kasubdit minat dan bakat organisasi kemahasiswaan Kemristekdikti Asep Supanda, Brigjen TNI Nurendi Komandan Komando Resort Militer 031/Wirabima, Rektor Universitas Riau Prof Dr. Ir. Aras Mulyadi DEA, serta puluhan personil Menwa dari berbagai daerah di Indonesia.

YMC ini merupakan ajang perlombaan sekaligus ajang silaturrahim antara Resimen Mahasiswa se-Indonesia yang penyelenggaraannya rutin diadakan sekali dalam dua tahun, kata Hendriano Meggy, salah satu peserta dari Menwa Batalyon XI Universitas Pendidikan Indonesia ( YON XI/UPI).

Bagi Menwa YON XI/UPI perlombaan YMC ini merupakan sejarah yang terulang kembali, dimana saat itu (2010) YMC yang digelar di Makasar, menjadi Juara Umum YMC 2010, setelah itu dua kali rehat (2012 dan 2014) tidak mengirimkan timnya, lalu kemudian YMC 2016 yang di laksanakan di UR ini, Menwa YON XI/UPI ikut berpartisipasi dan kembali menggoreskan jejak prestasi di kota bertuah madani (Pekanbaru, Riau), sebagai Juara Umum YMC 2016 dan berhak membawa pulang Piala Pangdam I/Bukit Barisan, jelas Meggy.

YMC Riau

“Juara YMC ini menjadi suatu kebanggaan bagi YON XI/UPI dipenghujung akhir tahun 2016 dan 16 Desember 2016 menjadi tanggal bersejarah dalam perjalanan 50 tahun Menwa YON XI/ UPI”, ujar Meggy

“Yudha Manunggal Chakti merupakan lomba paling bergengsi Resimen Mahasiswa Indonesia” tegas Meggy

Di tengah sibuknya perkuliahan dan persiapan ujian akhir tiga pandawa Menwa YON XI/UPI yang ikut pada lomba Pekan Integrasi Nasional Yudha Manunggal Chakti 2016 Riau yaitu : Hendriano Meggy (Wakil Komandan, PKh 2013), Rasiman (Provost, Pendidikan Olahraga PJKR 2009), dan Muhammad Fauzi (Remaja, Matematika 2015), telah mampu mengelola dan membagi waktunya demi memperjuangkan nama baik Menwa Batalyon XI/ UPI di tingkat nasional.

“Rasa syukur, bangga, haru, menjadi campur aduk di dalam hati, tidak pernah terbayangkan bisa menjadi Juara Umum YMC 2016, banyak ilmu yang didapatkan.  Selain ilmu pengalaman berharga menjadi bagian dari perjalanan hidup, tapi pada kegiatan ini saya percaya dan yakin berkat doa, dukungan, dan dorongan dari semua pihak yang terkait khususnya Komandan Batalyon XI/UPI dan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia beserta jajarannya sehingga kami berhasil membawa nama Universitas Pendidikan Indonesia di tingkat Nasional”, ujar Meggy, Wadan Menwa YON XI/ UPI.

Urai Ramadhani, Komandan Batalyon XI/UPI, mengatakan, “Saya sebagai pimpinan mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih oleh anggota sebagai Juara Umum YMC tahun 2016, hal ini sangat membanggakan bagi Batalyon XI/UPI tercinta. Tidak lupa saya mengucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang terkait, khususnya kepada pejuang yang telah berjuang sehingga meraih gelar juara umumnya, saya ucapkan terimakasih kepada Ikatan Alumni Menwa Batalyon XI/UPI serta Batalyon Infanteri 303 Raider Cikajang, Garut yang telah memberikan doa, dukungan, dan membina pejuang Menwa Yon XI/UPI, hingga bisa mengukir sejarah di Tanah Pekan Baru, Provinsi Riau”.

YMC Riau4a

Kegiatan Yudha Manunggal Chakti diakhiri dengan motivasi yang sangat membangun untuk Menwa Indonesia dari Inspektur Upacara, Prof. Dr. Ir. Thamrin, M.Sc (Wakil Rektor I Bidang Akademik, Universitas Riau), sekaligus menutup rangkaian kegiatan YMC 2016 Riau.

Dalam kata sambutannya Prof. Dr. Ir. Thamrin, M.Sc , “Resimen Mahasiswa dalam kapasitasnya mempunyai nilai plus dalam lingkungannya, namun tidak berbeda kualitasnya dengan mahasiswa lainnya. Hal ini didasari karena Menwa memiliki tujuan membangun persada Nusantara demi Ibu Pertiwi yang kita cintai”, tegasnya.

Menwa Batalyon XI/ UPI meraih Juara Umum YMC 2016 Riau didapat dari klasifikasi : Juara 1 lomba Menembak, Juara 1 Halang Rintang dan Juara 3 Essai Bela Negara. (Amalia/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Eka Santosa Beri Materi Kebangsaan ke Generasi Muda – Berguru, ke Rambo & Super Hero?!

Eka Santosa Beri Materi Kebangsaan ke Generasi Muda – Berguru, ke Rambo & Super Hero?!

destinasiaNews – Suasana Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa, hutan buatan seluas 4,5 ha, yang kini melebat kembali sejak ditanami...

Kasus Pembebasan Lahan PLPR Palabuhanratu di PTUN Bandung, Hadirkan Saksi dari Tergugat

Kasus Pembebasan Lahan PLPR Palabuhanratu di PTUN Bandung, Hadirkan Saksi dari Tergugat

  destinasiaNews -  Lanjutan sidang “pembebasan lahan” PLPR Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi di PTUN Bandung Jl. Diponegoro Bandung, nama resmi perkara...

Rahasia Kulit Cerah Bercahaya Dengan Wardah White Secret Pure Treatment Essence

Rahasia Kulit Cerah Bercahaya Dengan Wardah White Secret Pure Treatment Essence

DestinasiaNews – Hi Destiners, ada rahasia baru dari Wardah untuk kulitmu! Kali ini, Wardah meluncurkan inovasi terbarunya yaitu Wardah White...

Bandung Photo Studio Digital & Lab - Ifan Chandra "Sekali Berarti"

Bandung  Photo Studio Digital & Lab - Ifan Chandra "Sekali Berarti"

destinasiaNews - Wow, urusan foto diri yang keren berharga terjangkau, di Bandung rasanya hanya satu. Ini dia  bidang usahanya, namanya...

Tuntas Jernihkan Pemberitaan Sepihak HU Pikiran Rakyat, Eka Mencuci Lesung …

Tuntas Jernihkan Pemberitaan Sepihak HU Pikiran Rakyat, Eka Mencuci Lesung …

destinasiaNews – Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jawa Barat yang juga dikenal sebagai Ketua Umum Gerakan Hejo, dan Sekjen...

Pengunjung

01604218
Hari ini
Kemarin
259
1289