Festival Lauk Juara di ‘Gesat Fest’ Tingkatkan Warga Jabar Gemar Makan Ikan

lauk3destinasiaNews – Mengisi 100 hari pertama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang kerap disapa Emil, sejak dilantik pada 5 September 2018, rupanya ada gebrakan baru dalam hal perikanan. Tepatnya di bagian barat halaman parkir Gedung Sate Bandung, pada Jumat pagi (16/11/2018) digelar ‘Gesat Fest’ (Gedung Sate Festival).

Dalam waktu bersamaan digelar juga Festival Lauk Juara (FLK). FLK ini melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, FPIK (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) Unpad, serta Gemari (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), pun melibatkan para pengusaha di antaranya PT. Gani Arta Dwitunggal.

Yang terakhir ini merupakan produsen AgroPro dan Aquatec. Aquatec populer di masyarakat, utamanya dalam hal pengadaan perangkat budi daya ikan – Keramba Jaring Apung di perikanan darat maupun laut.  

Menurut panitia, keramaian yang menyedot ribuan pengunjung selama dua hari (16 – 17 November 2018), usai dibuka oleh Sekda Jabar Iwa Karniwa, pada hari kedua bakal diramaikan bintang ‘milenia’ Via Valen, T-Five, Dj Maretha, Angsa & Serigala, Ameshagi Band, Nara & Friend, Rampak Kendang Unpad, PSM Unpad, dan lainnya.

Kepada awak media Iwa disela-sela mengunjungi aneka stand pameran yang didampingi Jafar Ismail, ia sempat mengemukakan pesan khusus dari Kang Emil - lima tahun ke depan dunia kepariwisataan di Selatan Jabar harus berkembang, potensi perikanan budi daya maupun tangkap harus ditingkatkan secara simultan demi meningkatkan kesejahteraan rakyat.

 

Apresiasi Sekda Jabar

lauk1Yang spesial Iwa dan rombongannya selama berkunjung ke stand FPIK Unpad, yang memaparkan hasil kajian dan praktik akademisi untuk pengembangan dunia perikanan di Jabar dan nasional, tampak asyik berdiskusi – topiknya, bagaimana meningkatkan produk ikan di Jabar berikut tingkat konsumsinya.

“Saya sangat terkesan dengan upaya rekan-rekan FPIK Unpad dan para pengusaha ikan yang berwawasan luas dan jauh ke depan, semua demi memajukan dunia perikanan kita,” papar Iwa seusai sejenak berdiskusi dengan para pakar perikanan.

lauk2Tampak dalam diskusi di stand FPIK Unpad, di antaranya: Ir. Muhamad Husen (Masyarakat Akuakultur Indonesia, Jabar); Yudi Nurul Ihsan, Dekan FPIK Unpad; Budiprawira Sunadim, President Director PT Gani Arta Dwi Tunggal beserta Andi J Sunadim, General Manager dari perusahaan yang sama.

“Akhirnya, pada 100 hari pertama Kang Emil setelah dilantik, sebagian rintisan road map kelautan dan perikanan menuju Jabar juara, terjadi di festival ini. Lainnya, seperti peningkatan konsumsi ikan, terus kami upayakan berkolaborasi dengan dinas terkait, akademisi, dan para praktisi perikanan,” jelas Yudi Nurul Ihsan, Dekan FPIK salah satu pemerakarsa kegiatan ini. (HS/HRS/SF/dtn)


emgz2

Artikel lain...

RUU Permusikan Batal Diolah DPR – Musisi Bandung, Suka Cita

RUU Permusikan Batal Diolah DPR – Musisi Bandung, Suka Cita

 Para musisi bertemu dengan para anggota DPRI Fraksi PDIP. destinasiaNews – Kamis siang (14/2/2019) di Rumah Makan ‘legendaris’ Bu Eha yang...

Gerakan Hejo Warnai Citarum Expo 2019 - Kenalkan Inovasi Perangi Sampah

Gerakan Hejo Warnai Citarum Expo 2019  - Kenalkan Inovasi Perangi Sampah

destinasiaNews – Bermula dari pertemuan antara Gerakan Hejo (GH), dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil selaku Komandan Satgas Citarum Harum pada...

Pengembang Memprediksi Masa Depan Yang Cerah Untuk Pasar Properti Australia

Pengembang Memprediksi Masa Depan Yang Cerah Untuk Pasar Properti Australia

"Tingkat Suku Bunga, Pertumbuhan Lapangan Pekerjaan, Kekuatan Ekonomi Dan Pasokan Hunian Baru Yang Terbatas Akan Memastikan Keyakinan Para Pembeli Di...

101 Lampion menghiasi IMLEK & Cap Go Meh THE 1O1 Bogor Suryakancana

101 Lampion menghiasi IMLEK & Cap Go Meh THE 1O1 Bogor Suryakancana

destinasiaNews - Tahun Baru Cina atau yang dikenal dengan imlek dan cap go meh selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk...

Kemeriahan Chinese New Year di Pago Restaurant

Kemeriahan Chinese New Year di Pago Restaurant

  destinasiaNews – Dalam menyambut Tahun Baru Imlek, The Papandayan kembali mengadakan Chinese New Year Dinner di Pago Restaurant yang dilangsungkan...

Pengunjung

02995876
Hari ini
Kemarin
866
3554