Festival Lauk Juara di ‘Gesat Fest’ Tingkatkan Warga Jabar Gemar Makan Ikan

lauk3destinasiaNews – Mengisi 100 hari pertama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang kerap disapa Emil, sejak dilantik pada 5 September 2018, rupanya ada gebrakan baru dalam hal perikanan. Tepatnya di bagian barat halaman parkir Gedung Sate Bandung, pada Jumat pagi (16/11/2018) digelar ‘Gesat Fest’ (Gedung Sate Festival).

Dalam waktu bersamaan digelar juga Festival Lauk Juara (FLK). FLK ini melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, FPIK (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) Unpad, serta Gemari (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), pun melibatkan para pengusaha di antaranya PT. Gani Arta Dwitunggal.

Yang terakhir ini merupakan produsen AgroPro dan Aquatec. Aquatec populer di masyarakat, utamanya dalam hal pengadaan perangkat budi daya ikan – Keramba Jaring Apung di perikanan darat maupun laut.  

Menurut panitia, keramaian yang menyedot ribuan pengunjung selama dua hari (16 – 17 November 2018), usai dibuka oleh Sekda Jabar Iwa Karniwa, pada hari kedua bakal diramaikan bintang ‘milenia’ Via Valen, T-Five, Dj Maretha, Angsa & Serigala, Ameshagi Band, Nara & Friend, Rampak Kendang Unpad, PSM Unpad, dan lainnya.

Kepada awak media Iwa disela-sela mengunjungi aneka stand pameran yang didampingi Jafar Ismail, ia sempat mengemukakan pesan khusus dari Kang Emil - lima tahun ke depan dunia kepariwisataan di Selatan Jabar harus berkembang, potensi perikanan budi daya maupun tangkap harus ditingkatkan secara simultan demi meningkatkan kesejahteraan rakyat.

 

Apresiasi Sekda Jabar

lauk1Yang spesial Iwa dan rombongannya selama berkunjung ke stand FPIK Unpad, yang memaparkan hasil kajian dan praktik akademisi untuk pengembangan dunia perikanan di Jabar dan nasional, tampak asyik berdiskusi – topiknya, bagaimana meningkatkan produk ikan di Jabar berikut tingkat konsumsinya.

“Saya sangat terkesan dengan upaya rekan-rekan FPIK Unpad dan para pengusaha ikan yang berwawasan luas dan jauh ke depan, semua demi memajukan dunia perikanan kita,” papar Iwa seusai sejenak berdiskusi dengan para pakar perikanan.

lauk2Tampak dalam diskusi di stand FPIK Unpad, di antaranya: Ir. Muhamad Husen (Masyarakat Akuakultur Indonesia, Jabar); Yudi Nurul Ihsan, Dekan FPIK Unpad; Budiprawira Sunadim, President Director PT Gani Arta Dwi Tunggal beserta Andi J Sunadim, General Manager dari perusahaan yang sama.

“Akhirnya, pada 100 hari pertama Kang Emil setelah dilantik, sebagian rintisan road map kelautan dan perikanan menuju Jabar juara, terjadi di festival ini. Lainnya, seperti peningkatan konsumsi ikan, terus kami upayakan berkolaborasi dengan dinas terkait, akademisi, dan para praktisi perikanan,” jelas Yudi Nurul Ihsan, Dekan FPIK salah satu pemerakarsa kegiatan ini. (HS/HRS/SF/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 04-21 Lakukan Komsos Untuk Merubah Pola Hidup Warga

Subsektor 04-21 Lakukan Komsos Untuk Merubah Pola Hidup Warga

destinasiaNews - Untuk merubah pola hidup warga di sekitar bantaran sungai, prajurit satgas Citarum Harum selalu melakukan komsos kepada warga...

Satgas Citarum Subsektor 01-21 Selalu Himbau Warga Menjaga Kebersihan Lingkungan

Satgas Citarum Subsektor 01-21 Selalu Himbau Warga Menjaga Kebersihan Lingkungan

destinasiaNews - Satgas Citarum Harum Subsektor 01-21 Rancaekek dalam melaksanakan tugasnya, selain membersihkan aliran dan bantaran sungai dari sampah juga...

Kolonel Inf Yusef Sudrajat Bantu Tengahi Warga Dan Pabrik

Kolonel Inf Yusef Sudrajat Bantu Tengahi Warga Dan Pabrik

destinasiaNews - Permasalahan yang muncul dalam lingkungan masyarakat yang terdapat pabrik biasanya berupa limbah pabrik yang menimbulkan bau yang mengganggu...

Imam Prasojo Bitjaraken Toedingan Katjoerangan en Polemiek Quick Count Pemilu 2019

Imam Prasojo Bitjaraken Toedingan Katjoerangan en Polemiek Quick Count Pemilu 2019

  OPINI Oleh : Harri Safiari   destinasiaNews – Setoeroet artikelen jang dimoeat Kompas.com (22/4/2019) berdjoedoel: Imbauan Imam Prasodjo Terkait Tudingan...

Degap-degoep Oesai Pemilu 2019 – Bereboet Siapa Mahoe Djadi ‘Presiden’ RI

Degap-degoep Oesai Pemilu 2019 – Bereboet Siapa Mahoe Djadi ‘Presiden’ RI

destinasiaNews – Seoesai pesta democratie paling roemit sedoenia (17/4/2019), kapoetosan formaal menoeroet KPU baroe pada tarich 22 Mei 2019. Ternjata satelahnja,...

Pengunjung

03213913
Hari ini
Kemarin
2300
3958