Pemkot Bandung & BIGRS Peringati Hari Korban Tabrakan Lalu Lintas Sedunia, Luncurkan stopngebut.com

sn3destinasiaNewsSuasana Car Free Day (CFD) di Jalan Dago Kota Bandung pada Minggu, 18 November 2018 tampak berbeda. Gerangannya, di salah satu pojok keramaian, di halaman Blossom Factory Outlet ada acara talk show. Tajuknya, Peringatan Hari Korban Tabrakan Lalu Lintas Sedunia. Sekaligus kala itu di talk show ini diluncurkan situs web stopngebut.com. Penyelenggaranya, Pemerintah Kota Bandung bekerjasama dengan BIGRS (Bloomberg Philantropies Initiative for Global Road Safety).

Tampak hadir dalam talk show yang diisi dialog interaktif antara Kadis Kominfo Kota Bandung Ahyani Raksanagara, dan Angga Handiman, SIK, Kasubnit 1 Laka Lantas Polrestabes Bandung, dengan para korban kecelakaan lalu lintas, serta masyarakat umum yang meramaikan CFD.

sn4“Jumlah tabrakan di Kota Bandung tahun 2017, ada 501 kasus. 127 orang meninggal, 38 luka berat. Lebih setengahnya pengguna sepeda motor. Kematian tertinggi ada pada rentang usia 15 -24 tahun,” papar Ahyani mengutip buku materi buku Road Safety Anual Report 2017.

Sedangkan menurut Angga yang sehari-hari berurusan dengan persoalan korban kecelakaan di Kota Bandung, apa yang dikemukakan Ahyani, ”Dalam praktiknya, terus meningkat jumlah korbannya. Faktornya sangat variatif, selain karena tingkat kesadaran yang masih relatif rendah, juga tingkat kepadatan kendaraan bermotor semakin tinggi pula.”

Sementara itu para korban kecelakaan lalu lintas yang antusias mengikuti talk show ini, rata-rata bertanya tentang hal-hal yang selama ini menjadi persoalan sehari-hari, seperti : Helm yang berlabel SNI itu, apa sudah memenuhi syarat ? Syarat utama mendapatkan SIM, erat kaitannya dengan batas usia minimal, persoalannya siswa SMA kelas X rata-rata memakai sepeda motor, padahal usianya baru berapa tuh?

Dengan penuh kesabaran Angga, menjawab aneka persoalan lalu lintas dengan cukup tuntas. “Saya apresiasi, selama dialog tadi banyak hal yang selama ini sungkan-sungkan mereka ungkapkan ke pihak terkait. Tadi, kita bahas dengan cair. Contoh, soal ‘bikin SIM cara nembak’. Itu tidak dibenarkan. Ikuti saja tahapan ujian SIM dengan baik. Pasti kami bimbing sampai dapat.”

sn2Bagi Nerviani (26) mahasiswi PTN semester empat di Kota Bandung. Ia kerap hadir sebagai peramai di CFD Jl. Dago, pada hari Minggu pagi itu, sejenak mengikuti dialog interaktif antara pemangku transportasi di Pemkot Bandung, yang didampingi polisi lalu lintas, juga dihadiri para korban tabrakan, mengaku semakin termotivasi untuk mengendarai kendaraan lebih hati-hati.

“Aku banyak banget tadi hal-hal yang selama ini dianggap enteng, seperti pemakaian helm sepeda motor yang tak punya tanda SNI. Juga main hape saat bermotor-ria, itu bahaya banget ya? Aku nggak mau lagi main hape kayak contoh tadi.” Pungkasnya. (HS/SF/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

destinasiaNews - Para prajurit satgas Citarum Harum dalam mengemban tugasnya untuk mengembalikan ekosistem DAS Sungai Citarum, mereka juga melakukan beberapa...

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber  Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

destinasiaNews - Tidak terasa bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa minggu saja. Saat bulan Ramadhan, tentu saja momen yang paling dinantikan...

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

DestinasiaNews – Selakoe djournalist pinggiran jang ta’ mampoe hatsilkeun reportage ‘kekinian’ jang bernas, sekali tempo sewaktoe penoelis mengaso di seboewah...

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

DestinasiaNews – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019....

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

destinasiaNews – Adalah Aries Budi Hartanto, Ketua Kelompok ‘Tujuh Ruang’, ditemani Donny Armando Rozalie, Penasihat Kelompok ‘Tujuh Ruang’, serta Indra...

Pengunjung

03197528
Hari ini
Kemarin
3224
4485