Jabar International Marathon Meraih Sukses Di Pangandaran

jim2destinasiaNews - Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Provinsi Jabar telah sukses menyelenggarakan 'pesta atletik' JIM (Jabar Marathon International) yang digelar untuk pertama kali pada Minggu, 2 Desember 2018. Rutenya, berada di sepanjang Pantai Barat Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Menurut panitia terdaftar peserta untuk penyelengaraan pertama ini pada era Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, sekitar 1.200. Diketahui 70 peserta, berasal dari mancanegara. Pantauan redaksi pada hari Minggu yang kebetulan pada musim hujan ini bercuaca cerah - ribuan warga Pangamdaran yang dilalui peserta JIM, menyambut dengan terbuka dan penuh kegembiraan.

"Diakui ini yang pertama diselengarakan, ada disana-sini masih ada kekuarangan. Tak menyangka sambutan penduduk begitu besar. Pun jumlah hadiah total Rp. 619 juta, katanya menjadi daya tarik tersendiri," kata Yuda M Saputra, Kadispora Provinsi Jabar.

Detilnya, kategori yang dilombakan ada kategori Full Marathon sejauh 42,195 kilometer dengan waktu tempuh 7 jam. Kategori Half Marathon 21,0975 km dengan waktu tempuh 4 jam. Sedangkan kategori 10 km ditempuh dalam waktu 2 jam, serta 5 km ditempuh dalam waktu 1 jam.

"Kami sangat senang dengan marathon kali ini. Selain hadiahnya menggiurkan, suasana pantai dan udara yang relatif bebas polusi jadi pertimbangan kami," jelas Utami salah seorang koordinator peserta asal Nusa Tenggara Barat.

 

Kelas Internasional

jim1Menurut Yuda, penyelenggaraan JIM kali ini diarahkan untuk memperoleh sertifikasi IAAF (International Association of Athletics Federation). Harapannya, pada tahun mendatang dari segi bobot perlombaan JIM harus diakui dunia internasional.

Tampak hadir dalam penyelenggaraan yang cukup semarak dengan tampilan musik dan gelar tari tradisional, di antaranya' Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, serta mantan Ketua KONI Jabar, Eka Santosa (2002 - 2006). Menurut kabar di seputar penyelenggara Gubernur Jawa Barat dijadwalkan hadir:"Namun tadi malam ada kabar tidak jadi hadir ke Pangandaran. Namun, semua akhirnya berlangsung cukup meriah dan sukses. Kami memakluminya. Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil), mungkin sibuk saat ini," kata Dendi yang mengaku selaku salah satu anggota panitia penyelenggara.

Lebih jaun menurut Eka upaya menggeliatkan Pangandaran dengan kegiatan ini, merupakan hal yang patut dipuji. "Ini selain menggalakkan dunia atletik yang nantinya diarahkan ke jenis sport terukur di pesta olympiade, Asia Games, serta Sea Games, pastinya juga menggalakkan kepariwisataan," ucapnya seusai ia beberapa kali menyerahkan hadiah bagi para pemenang untuk setiap kategori. (HS/SF).


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

destinasiaNews - Para prajurit satgas Citarum Harum dalam mengemban tugasnya untuk mengembalikan ekosistem DAS Sungai Citarum, mereka juga melakukan beberapa...

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber  Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

destinasiaNews - Tidak terasa bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa minggu saja. Saat bulan Ramadhan, tentu saja momen yang paling dinantikan...

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

DestinasiaNews – Selakoe djournalist pinggiran jang ta’ mampoe hatsilkeun reportage ‘kekinian’ jang bernas, sekali tempo sewaktoe penoelis mengaso di seboewah...

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

DestinasiaNews – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019....

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

destinasiaNews – Adalah Aries Budi Hartanto, Ketua Kelompok ‘Tujuh Ruang’, ditemani Donny Armando Rozalie, Penasihat Kelompok ‘Tujuh Ruang’, serta Indra...

Pengunjung

03197564
Hari ini
Kemarin
3260
4485