Jabar International Marathon Meraih Sukses Di Pangandaran

jim2destinasiaNews - Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Provinsi Jabar telah sukses menyelenggarakan 'pesta atletik' JIM (Jabar Marathon International) yang digelar untuk pertama kali pada Minggu, 2 Desember 2018. Rutenya, berada di sepanjang Pantai Barat Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Menurut panitia terdaftar peserta untuk penyelengaraan pertama ini pada era Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, sekitar 1.200. Diketahui 70 peserta, berasal dari mancanegara. Pantauan redaksi pada hari Minggu yang kebetulan pada musim hujan ini bercuaca cerah - ribuan warga Pangamdaran yang dilalui peserta JIM, menyambut dengan terbuka dan penuh kegembiraan.

"Diakui ini yang pertama diselengarakan, ada disana-sini masih ada kekuarangan. Tak menyangka sambutan penduduk begitu besar. Pun jumlah hadiah total Rp. 619 juta, katanya menjadi daya tarik tersendiri," kata Yuda M Saputra, Kadispora Provinsi Jabar.

Detilnya, kategori yang dilombakan ada kategori Full Marathon sejauh 42,195 kilometer dengan waktu tempuh 7 jam. Kategori Half Marathon 21,0975 km dengan waktu tempuh 4 jam. Sedangkan kategori 10 km ditempuh dalam waktu 2 jam, serta 5 km ditempuh dalam waktu 1 jam.

"Kami sangat senang dengan marathon kali ini. Selain hadiahnya menggiurkan, suasana pantai dan udara yang relatif bebas polusi jadi pertimbangan kami," jelas Utami salah seorang koordinator peserta asal Nusa Tenggara Barat.

 

Kelas Internasional

jim1Menurut Yuda, penyelenggaraan JIM kali ini diarahkan untuk memperoleh sertifikasi IAAF (International Association of Athletics Federation). Harapannya, pada tahun mendatang dari segi bobot perlombaan JIM harus diakui dunia internasional.

Tampak hadir dalam penyelenggaraan yang cukup semarak dengan tampilan musik dan gelar tari tradisional, di antaranya' Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, serta mantan Ketua KONI Jabar, Eka Santosa (2002 - 2006). Menurut kabar di seputar penyelenggara Gubernur Jawa Barat dijadwalkan hadir:"Namun tadi malam ada kabar tidak jadi hadir ke Pangandaran. Namun, semua akhirnya berlangsung cukup meriah dan sukses. Kami memakluminya. Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil), mungkin sibuk saat ini," kata Dendi yang mengaku selaku salah satu anggota panitia penyelenggara.

Lebih jaun menurut Eka upaya menggeliatkan Pangandaran dengan kegiatan ini, merupakan hal yang patut dipuji. "Ini selain menggalakkan dunia atletik yang nantinya diarahkan ke jenis sport terukur di pesta olympiade, Asia Games, serta Sea Games, pastinya juga menggalakkan kepariwisataan," ucapnya seusai ia beberapa kali menyerahkan hadiah bagi para pemenang untuk setiap kategori. (HS/SF).


emgz2

Artikel lain...

Kemendagri Gelar Lomba Inovasi Daerah "New Normal Life

Kemendagri Gelar Lomba Inovasi  Daerah "New Normal Life

destinasiaNews - Kementerian Dalam Negeri akan menggelar lomba inovasi daerah dalam penyiapan dan rencana pelaksanaan tatanan normal baru produktif dan...

Kadislaikad : Profesionalisme Keterampilan dan Kemampuan Harus Ditingkatkan

Kadislaikad : Profesionalisme Keterampilan dan Kemampuan Harus Ditingkatkan

destinasiaNews - Peringati hari ulang tahun ke 3, Kepala Dinas Kelaikan Angkatan Darat (Kadislaikad) Brigjen TNI P. Gunung Sarasmoro mengatakan...

Di Akhir Ramadhan JBN Kembali Salurkan Paket Lebaran Untuk Wartawan dari Pengusaha Kuliner

Di Akhir Ramadhan JBN Kembali Salurkan Paket Lebaran Untuk Wartawan dari Pengusaha Kuliner

    destinasiaNews - Jurnalis Bela Negara (JBN) untuk yang keenam kalinya menyalurkan paket Lebaran untuk para Wartawan Bandung yang...

JBN Salurkan Sembako dari DR Yerry Yanuar Untuk Wartawan Terdampak Covid-19

JBN Salurkan Sembako dari DR Yerry Yanuar Untuk Wartawan Terdampak Covid-19

destinasiaNews - Jurnalis Bela Negara (JBN) di masa Pandemi Virus Corona (Covid-19) kembali menyalurkan paket bahan pokok untuk para Wartawan...

Polda Jabar Peduli Pandemi Covid-9, Bagikan 1.200 Paket Sembako untuk Guru Ngaji

Polda Jabar Peduli Pandemi Covid-9, Bagikan 1.200 Paket Sembako untuk Guru Ngaji

    destinasiaNews – Berlokasi di Sekretariat tiga wadah kegiatan guru non formal atau guru ngaji yang tergabung pada FKDT...

Pengunjung

05349887
Hari ini
Kemarin
1755
4693