TikTok Meluncurkan All-Star Southeast Asia 2019 Sebagai Hasil Studi Tunjukkan Video Sebagai Format Konten Terbaik Untuk Mengekspresikan Kreativitas,

tiktok1destinasianews - TikTok, platform terdepan untuk video mobile berdurasi singkat, meluncurkan kompetisi All-Star tingkat wilayah yang bertujuan untuk menemukan dan menginkubasi creator baru di Asia Tenggara, sesuai dengan hasil studi yang menunjukkan bahwa video berdurasi singkat merupakan salah satudari tiga format konten terbaik yang orang-orang pilih untuk gunakan sebagai alat mengekspresikan ide-ide kreatif mereka.

Kompetisi TikTok All-Star Southeast Asia 2019 yang pertama kali diadakan ini membuka pendaftaran mulai 8 November di keenam negara di wilayah Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Berdasarkan studi yang dilakukan bersama YouGov, grup riset dan analitik data internasional dengan format foto/ilustrasi (63%), video berdurasi singkat (51%), dan musik (44%) diidentifikasi oleh respondendi seluruh Asia Tenggara sebagai tiga format konten terbaik yang dipilih untuk mengekspresikan kreativitas. Studi ini juga menemukan bahwa foto/ilustrasi (69%), musik (60%), dan video berdurasi singkat (56%) sebagai tiga format konten terbaik yang menginspirasikan kreativitas.

Saat ditanya tentang pentingnya creator konten digital, mayoritas responden di Asia Tenggara setuju bahwa creator konten penting saat ini (85%) dan akan menjadi semakin penting di masa depan (78%). Di antara responden yang setuju, alas an utamanya termasuk strategi pemasaran yang bergeser dari konten tradisional menjadi lebih ke konten digital (62%), keberagaman konten digital yang memiliki sesuatu untuk semua orang (58%) dan fakta bahwa creator menyediakan sumber inspirasi bagi orang lain (55%).

Dengan menawarkan wadah untuk ekspresi kreatif dengan alat-alat merekam dan menyunting video yang mudah digunakan, TikTok merupakan aplikasi yang cocok untuk para talent yang ingin menunjukkan ide-ide mereka melalui video berdurasi singkat. Baik itu mengkombinasikan foto-foto mereka dengan berbagai efek di layar dan musik, atau menciptakan video dengan musik paling populer, TikTok mendukung creator untuk menciptakan konten dan mencapai efek paling ideal yang mencerminkan hasrat kreatif mereka.

“Didorong dengan meningkatnya mobile sebagai perangkat utama untuk konsumsi konten, bersama dengan durasi perhatian konsumen saat ini, video berdurasi singkat telah menjadi salah satu format yang dipilih untuk ekspresi, terutama di antara audiens yang terbiasa dengan mobile,” ujar Angga Anugrah Putra, Head of Users and Content Operations, TikTok Indonesia. “Di seluruh Asia Tenggara dan di Indonesia, TikTok menjadi wadah untuk kreativitas dan ekspresi diri, dan kami senang sekali bias memperkenalkan platform seperti TikTok All-Star Southeast Asia2019 yang memamerkan keberagaman konten di wilayah serta kreator di balik konten tersebut.”

TikTok All-Star Southeast Asia 2019

tiktok2Mulai dari 8 hingga 14 November 2019, pengguna TikTok di Indonesia dapat berpartisipasi di kompetisi dengan mengunggah video orisinil yang menunjukkan bakat kreatif mereka menurut tema-tema di bawahini : 

-       Bakat (Dance, Menyanyi, Seni, KerajinanTangan, Street Performance, dan lainnya) #TalentAllStarIDN

-       Akting (Komedi, Aktif, Parodi, Bercerita, dan lainnya) #ActingAllStarIDN

-       Gaya hidup (Vlog, Makanan, Travel, HewanPeliharaan, Fashion, Olahraga, dan lainnya) #LifestyleAllStarIDN

Sebanyak 60 video terbaik di tiap negara akan melalui proses pengambilan suara di mana 10 finalis terbaik di tiap kategori (total 30 finalis) akan dipilih untuk bertanding di tingkat wilayah. Pengguna di Indonesia dapat memberikan suara untuk video kesukaannya dengan mengklik banner TikTok All-Star Southeast Asia 2019 di aplikasi TikTok dan mengunjungi halaman pengambilan suara dari tanggal 15 sampai 18 November 2019.

Di babaknasional, finalis dari Indonesia akan bertanding di tingkat wilayah dengan para kreatordari Asia Tenggara, termasuk dari Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Babak wilayah kompetisi ini akan diadakan dari tanggal 21 hingga 25 November 2019 dengan pengumuman pemenang babak final akanberlangsung di tanggal 1 Desember 2019. Total hadiah senilai USD 12,000 dan 16 penghargaan akan diberikan.

Untuk menambah keseruan TikTok All-Star Southeast Asia 2019, selebriti termasuk Ngo KienHuy (Penyanyi/Aktor), WOODY (TV Host/Social Influencer), ANJI (Penyanyi/KreatorKonten), Elizabeth Tan (Penyanyi/Aktris), Rico Blanco (Penyanyi/PenciptaLagu), dan RRILEY (Penyanyi/Seniman) bergabung sebagai bagian dari panel juri. Juri selebriti ini juga akan berbagi tips dan trik tentang bagaimana menciptakan video yang menarik dan kreatif. Saksikan keseruan kompetisi di video ini dan jangan lupa unggah video TikTok All-Star Anda! (SF/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Terapkan Pola Penthaheix, Genjot Hijaukan Lahan Kritis Kawasan Bandung utara

Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Terapkan Pola Penthaheix, Genjot Hijaukan Lahan Kritis Kawasan Bandung utara

destinasiaNews  – Kelompok Tani Hutan (KTH) Giri Senang selaku tuan rumah dalam konteks tindak lanjut Gerakan Nasional (GN) Pemulihan DAS (Daerah...

Upaya Cegah Pikun, Komunitas Handycrafts Bandung Gelar Workshop Kemikomi

Upaya Cegah Pikun, Komunitas Handycrafts Bandung Gelar Workshop Kemikomi

destinasiaNews - Kota Bandung tercatat sebagai salah satu dalam jaringan kota kreatif UNESCO Creative Cities Network. Dikukuhkan oleh Organisasi Pendidikan,...

UPI Akui Fasilitasnya Digunakan ‘Sunda Empire’, dan Membantah Ada Keterlibatan

UPI Akui Fasilitasnya Digunakan ‘Sunda Empire’, dan Membantah Ada Keterlibatan

destinasiaNews– Heboh pemberitaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo yang sempat memanggungkan pasangan ‘Raja’ Toto Santosa dan ‘Ratu’ Fanni Aminadia, yang...

‘Duet’ Dansektor 22 Citarum Harum & Kadishut Prov Jabar, Tanami Lahan Kritis di Cimenyan KBU

‘Duet’ Dansektor 22 Citarum Harum & Kadishut Prov Jabar, Tanami Lahan Kritis di Cimenyan KBU

destinasiaNews– Melanjut maraknya kegiatan reboisasi lahan kritis di KBU (Kawasan Bandung Utara), sedikitnya 2.900 bibit tanaman keras, pada hari Sabtu...

Oded M Danial Kunjungi Komunitas Bandung Hydromarket: Swasembada Sayur & Tekan Stunting

Oded M Danial Kunjungi Komunitas Bandung Hydromarket: Swasembada Sayur & Tekan Stunting

destinasiaNews – Walikota Bandung Oded M Danial dakam kunjungannya ke Komunitas Bandung Hydromarket (KBH) di Sekertariatnya Jl. Pirus Galuh 3,...

Pengunjung

04776548
Hari ini
Kemarin
3190
3794