Eka Santosa Beri Materi Kebangsaan ke Generasi Muda – Berguru, ke Rambo & Super Hero?!

IMG 20170922 WA0061
destinasiaNews – Suasana Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa, hutan buatan seluas 4,5 ha, yang kini melebat kembali sejak ditanami era 2001, tampak berbeda. Hari Jumat siang (22/9/2017) di Alam Santosa yang berlokasi di Pasir Impun Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, hadir puluhan siswa SMAN 9 Bandung.
 
Gerangan para siswa ini peserta Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) OSIS SMAN 9 Bandung. “Benar ke-48 siswa ini peserta  LKS, mereka dibimbing para seniornya sekitar 10 pengurus OSIS. Ini tempat yang cocok bagi mereka menempa diri, khususnya dalam kepemimpinan,” terang H Endang S selaku guru Pembina OSIS SMAN 9 Bandung.
 
Salah satu pemateri dari LKS OSIS SMAN 9 Bandung yang berlangsung sejak 22 – 24 September 2017, Eka Santosa, Ketua Umum Gerakan Hejo. “Tadi saya berikan materi kebangsaan. Sangat senang saya bisa kontak langsung dengan para generasi muda. Banyak hal yang menyegarkan dari mereka. Visi kebangsaan versi mereka tentu berbeda, ini yang harus kita padukan demi kebaikan kita bersama,” terang Eka sesaat ia usai memberikan pencerahan.
 
Diperoleh informasi bahasan Eka Santosa kali itu berkisar,  betapa penting kearifan masyarakat adat sebagai akar budaya bangsa dipelihara dan dikembangkan. “Identitas bangsa itu selain melalui Pancasila, ya kearifan lokal dari zamrud khatulistiwa, tak lain dari nilai-nilai keberagaman suku bangsa. Bukan seperti sekarang, generasi muda seakan berguru ke Rambo dan Super Hero?!” paparnya dalam salah satu ujarannya.
 
Rambo & Super Hero
 
Eka mungungkap hadirnya Rambo dan Super Hero, ketika menyindir betapa suburnya patung dari pahlawan fantasi karya bangsa lain, menghias sejumlah taman di kota Bandung. “Mana itu patung Patimura, Ibu Dewi Sarika, Soekarno, Tjut Nya Dien, dan patung pahlawan nasional lainnya di taman-taman kita?”       
 IMG 20170922 WA0062
Tak pelak, ujaran Eka yang mengupas cukup mendalam, serta melebar ke kondisi kekinian di aspek ideologis, politik secara popular namun bersifat esensial, cukup mengundang tawa para peseta dan para guru pembimbing. “Pendidikan politik seperti ini yang siswa kami butuhkan. Mereka tidak melihat esensi politik serta penerapannya, dari kacamata kuda,” komentar salah satu guru penyelenggara kegiatan ini.
 
“Uraian dari Pak Eka Santosa di antaranya yang tidak otoriter, melainkan yang partisipatif dalam membina demokrasi di negeri kita. Ini kami catat benar di benak kami sebagai bekal bernegara dan berbangsa,” kata Erlangga Bayu, peserta LKS OSIS SMAN 9 Bandung yang masih duduk di kelas Xll.
 
Alhasil, materi kebangsaan yang diperoleh siswa SMAN 9 Bandung pada hari itu, juga diparesiasi oleh Kepala Sekolahnya Agus Setia Mulyadi yang hadir pada sore harinya. “Sengaja siswa ini kami bawa ke hutan buatan Alam Santosa. Biasanya pelatihan seperti ini di dalam gedung, sekarang di Alam Santosa yang serba hijau. Pastilah ini, bermakna bagi mereka,” papar Agus yang juga diamini rekan seprofesi di sekolahnya Iwan Hermawan. (HS/SA/dtn).
 


emgz2

Artikel lain...

Mitra Kerja Hotel The Papandayan Ramaikan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74

Mitra Kerja Hotel The Papandayan Ramaikan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74

  destinasiaNews  -  The Papandayan Hotel melaksanakan rangkaian kegiatan di hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Sabtu, 17 Agustus 2019.   Kegiatan...

Kirab Kejuangan 45 Meriahkan Hari Veteran Nasional 2019 di Bandung

Kirab Kejuangan 45 Meriahkan Hari Veteran Nasional 2019 di Bandung

DestinasiaNews - Dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional ( Harvetnas ) Tahun 2019 kembali DPC LVRI Kota Bandung bersama Komunitas...

Rijal Asyari, R M Ponyo Jelaskan Duduk Perkara Viral Struk Berbau SARA: Mohon Maaf Atas Kealpaan …

Rijal Asyari, R M Ponyo Jelaskan Duduk Perkara Viral Struk Berbau SARA: Mohon Maaf Atas Kealpaan …

destinasiaNews -  “Entah angin apa yang menimpa kami. Tiba-tiba hadir viral ini. Namun berkat pengertian semua pihak, disadari ini karena...

Nuansa 17 Agustusan ke- 74 di Alam Santosa, Gerakan Hejo: Merdeka dari Sampah

Nuansa 17 Agustusan ke- 74 di Alam Santosa, Gerakan Hejo: Merdeka dari Sampah

destinasiaNews - Gerakan Hejo (GH) berkolaborasi dengan BOMA (Baresan Olot Masyarakat Adat) Jabar, kembali menggelar upacara HUT Ke-74 Republik Indonesia...

Gerakan Hejo & BOMA Jabar Gelar Upacara 17-an : Ironi, 74 Tahun Belum Merdeka dari Sampah !

Gerakan Hejo & BOMA Jabar Gelar Upacara 17-an : Ironi, 74 Tahun Belum Merdeka dari Sampah !

destinasiaNews – Kembali kawasan Eko Wisata & Budaya Alam Santosa di Pasir Impun Kecamatan Cimenyan Kabupten Bandung Jawa Barat, pada...

Pengunjung

03917656
Hari ini
Kemarin
183
8655