Eka Santosa : Supaya Kinerja Meningkat, Ir. Moh. Husen 'Lauk' Tempati Ketua Harian Gerakan Hejo

kancra1destinasiaNews  - Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo ditengah kesibukannya yang juga sebagai Ketua DPW Partai Berkarya Iabar, dan Sekjen BOMA (Baresan Olot Masyarakat Adat) Jabar mengeluarkan statemen penting di lingkungan internalnya, " Terhitung 4 Oktober 2018 ini sepakat,  maksudnya saya sendiri memberi Surat Tugas kepada Pak Husen sebagai Ketua Harian Gerakan Hejo. Tujuannya, ini demi keluwesan dalam kiprahnya, juga meningkatkan  kinerja organisasi," paparnya seusai rapat fungsionaris DPP Gerakan Hejo di Kawasan Eko Wisata dan Budaya Alam Santosa, Pasir Impun, Cimenyan Kabupaten Bandung (4/10/2018).

 

Sebelumnya Ir. Moh. Husen yang akrab disapa Husen Lauk karena kepakarannya di bidang budi daya ikan air tawar, menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Perikanan dan Kelautan DPP Gerakan Hejo. Selama ini Husen Lauk kiprahnya terbilang cukup aktif. Ia telah mewujudkan sejumlah progran Gerakan Hejo di bidang  ekologi, dan edukasi di Jawa Barat.

 

kancra2"Saya terima penugasan ini, tentu dalam pelaksanaannya, perlu bantuan rekan-rekan. Inilah yang membesarkan saya. Terdekat, sejumlah program siap diwujudkan di beberapa DPD Gerakan Hejo. Utamanya, dalam menyongsong musim hujan mendatang, perlu penanganan khusus," jelas Moh. Husen yang selama ini dikenal sebagai personal yang amat peduli pada - kembalinya kejayaan ikan budi daya di Jabar, salah satunya kancra atau salmonnya Indonesia !

Menurut Agus Warsito, Sekertaris Jenderal DPP Gerakan Hejo, penujukan Ir. Moh Husen sebagai Ketua Harian, "Ini pilihan tepat. Harapannya dapat memperlancar aktivitas yang selama ini semakin padat."

 

Pengamatan redaksi sejak September 2018, Gerakan Hejo telah menandatangani MoU dengan beberapa vendor yang berurusan dengan penempatan alat pemusnah sampah di Wilayah Jabar, serta dengan vendor perangkat transportasi persampahan.

Gerakan Hejo yang selama ini intensif mencermati secara kritis berkurangnya lahan hijau di Jabar, melalui kegiatan yang bertema ekologi, ekonomi, dan edukasi, telah menyebarkan kesadaran   pentingnya keseimbangan lingkungan. Respon atas program perbaikan lingkungan ini, sangatlah besar implementasinya di pelosok Jabar.

 

Seminar Budi Daya Ikan

kancra3"Lainnya,terdekat sedang dirancang seminar revitaliasi budi daya ikan endemik, salah satunya ikan kancra agar kembali berjaya di Jabar dan Indonesia. Rencananya, pada Oktober 2018 akan dicari solusi kelangkaan ikan kancra yang bermutu tinggi. Wujudnya,  melibatkan akademisi, pelaku usaha, dan birokrat. Ternyata, antusias peserta untuk mengikuti thema sementara 'darurat ikan air tawar', diluar dugaan," jelas Agus yang berharap konsumsi ikan bagi warga Jabar - "Ada peningkatan nyata dari sekitar 37 Kg per capita/ tahun menjadi sedikitnya 55 Kg dalam 2 atau 3 tahun ke depan."

 

Terkait kiprah Gerakan Hejo di tahun politik yang katanya cukup sensitif, Agus Warsito kembali menjelaskan, "Sejak awal Gerakan Hejo itu independen, keberpihakannya hanya ke keseimbangan lingkungan. Kalau ada yang mengait-ngaitkan dengan haluan partai politik tertentu, itu hanya menghabiskan enerji. Secara personal, isinya berlatar-belakang partai macam-macam, tak masalah itu," jelasnya sambil menambahkan." Ada baiknya, bila terjun berorganisasi harus sekalian dengan keluasan dan kedalaman wawasan. Pedomannya, AD/ART internal, bila itu dipatuhi, ya aman saja." (HS/MG/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

destinasiaNews - Para prajurit satgas Citarum Harum dalam mengemban tugasnya untuk mengembalikan ekosistem DAS Sungai Citarum, mereka juga melakukan beberapa...

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber  Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

destinasiaNews - Tidak terasa bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa minggu saja. Saat bulan Ramadhan, tentu saja momen yang paling dinantikan...

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

DestinasiaNews – Selakoe djournalist pinggiran jang ta’ mampoe hatsilkeun reportage ‘kekinian’ jang bernas, sekali tempo sewaktoe penoelis mengaso di seboewah...

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

DestinasiaNews – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019....

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

destinasiaNews – Adalah Aries Budi Hartanto, Ketua Kelompok ‘Tujuh Ruang’, ditemani Donny Armando Rozalie, Penasihat Kelompok ‘Tujuh Ruang’, serta Indra...

Pengunjung

03197521
Hari ini
Kemarin
3217
4485