LASEDA 2020 BPNB JABAR – Arus Sejarah Peradaban Indonesia (1)

laseda11destinasiaNewsBangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, karena itu jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Nah destiners, di jaman yang katanya kekinian, bagaimana caranya untuk memupuk lebih lagi  kecintaan kita terhadap bangsa dan negara?

Salah satu jawabannya melalui kegiatan Lawatan Sejarah Daerah (LASEDA) yang diselenggarakan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat. Diikuti oleh 150 orang peserta siswa/i tingkat SMA/sederajat juga para guru pembimbing berasal dari perwakilan wilayah kerja BPNB Jawa Barat yaitu Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten serta Lampung. Dengan area kegiatan berada di Provinsi DKI Jakarta, dari tanggal 10-12 Maret 2020.

Kegiatan tahun ini mengambil tema ‘Arus Sejarah Peradaban Indonesia’. Asik-nya, bentuk acara menggunakan metode citizen journalism. Dimana setiap kelompok peserta mempresentasikan bekal materi dari objek wisata kunjungan berupa konten kreatif yang dibagikan melalui daring media sosial masing-masing. Hasilnya? Bisa dilihat melalui kolom Tagged/Ditandai akun Instagram resmi @bpnbjabar.

laseda12Menarik? Pake banget dong! Karena menghadapi kebutuhan serta tantangan jaman untuk ke-sejarah dan budaya-an, tentu dibutuhkan inovasi sesuai jaman agar tidak ada missing link dalam penyampaian informasi. Seperti yang diungkapkan oleh Jumhari, S.S., M.Hum, selaku Kepala BPNB Jawa Barat, “Acara ini penting diadakan setiap tahunnya dengan format atau pendekatan gaya pembelajaran yang berbeda untuk generasi berikutnya supaya mudah memahami, lebih efektif, dan pesan yang disampaikan tepat dalam konteks penanaman nilai kecintaan terhadap sejarah dan budaya. Karena setiap generasi memiliki respon yang berbeda pada tantangan perubahan jaman, yang terpenting kita memberi dukungan dan me-apresiasi pada adik-adik (peserta, red) dalam me-ekspresikan kebudayaan. Dimana pembimbing (tenaga pengajar, red) agar dapat mengimbangi pula, yang juga ini merupakan tantangan pembelajaran.”

Arus Sejarah Peradaban Indonesia merupakan suatu rangkaian perjalanan Bangsa Indonesia saat ini yang berpijak dari dinamika sejarah yang telah berlangsung selama ribuan tahun. Dimana LASEDA merupakan salah satu usaha dalam menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme dan memperkuat jati diri serta identitas kebangsaan kepada generasi muda.

Dalam memahami konteks sejarah dan budaya, tentu terdapat keberagaman bangsa. Seperti para peserta memahami apa saja yang terdapat di objek kunjungan wisata LASEDA 2020 ini ke Museum Satria Mandala, Museum Nasional, Perpustakaan Republik Indonesia serta Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Hal ini disampaikan oleh Gregorius Andika Ariwibowo selaku Ketua LASEDA 2020, “Keberagaman itu hal yang abstrak, karena banyak didukung teori-teori di seputaran itu. Dengan kunjungan ke tempat kegiatan ini, kita dapat melihat keberagaman koleksi berbagai suku bangsa di Indonesia, karena kita (Bangsa Indonesia, red) dibentuk oleh itu (keberagaman, red).”

laseda13Turut hadir pada kegiatan ini Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan (Sesditjenbud) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI, Dra. Sri Hartini, M.Si., yang resmi membuka LASEDA 2020 BPNB Jabar. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada peserta agar memilah hal-hal postif juga negatif, karena generasi muda adalah masa depan bangsa. “Ini penting dan bisa dimulai dari pengenalan nilai-nilai sejarah, jangan dibuat kaku atau kuno dalam mengenali sejarah. Dan ketika berbicara kebudayaan, jangan melulu dikaitkan dengan tarian atau musik. Kebudayaan itu adalah hasil olah pikir, wawasan, cipta hasil karya manusia.” (SF/dtn)  

 

Baca Juga : LASEDA 2020 BPNB JABAR - Arus Sejarah Peradaban Indonesia (2)


emgz2

Artikel lain...

Kepala Bakesbangpol Kota Bandung: Optimalisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Pada Generasi Muda

Kepala Bakesbangpol Kota Bandung: Optimalisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Pada Generasi Muda

destinasianews - Acara Ngopi Bareng JBN (Jurnalis Bela Negara) Rabu, 5 Agustus 2020 di Sheraton Bandung Hotel & Tower jalan...

Wakaf Salman ITB Targetkan Donasi GARUDA 750 Paket Smartphone Se-Bandung Raya

Wakaf Salman ITB Targetkan Donasi GARUDA 750 Paket Smartphone Se-Bandung Raya

   destinasianews - Wakaf Salman berkolaborasi dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Salman ITB, dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung...

HAKI Diperlukan Untuk Lindungi Merek Dagang

HAKI Diperlukan Untuk Lindungi Merek Dagang

    destinasianews– Jurnalis Bela Negara (JBN) menyelengarakan kegiatan Ngopi Bareng JBN dengan tema “Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Bagi Insan...

Brawijaya Clinic Bandung, Lengkapi Lini Pelayanan Kesehatan Terintegrasi

Brawijaya Clinic Bandung, Lengkapi Lini Pelayanan  Kesehatan Terintegrasi

Terbagi atas tiga tipe ruangan yaitu kelas VIP, kelas deluxe, dan kelas I dengan total lima tempat tidur yang siap...

Berharap Kaum Milenial Ikut Memperingati Hari Veteran Nasional

Berharap Kaum Milenial Ikut Memperingati Hari Veteran Nasional

DestinasiaNews - Jelang memperingati Hari Veteran Nasional (Harvetnas) yang diperingati setiap tanggal10 Agustus hingga saat ini sesiapa yang peduli memperingatinya...

Pengunjung

05646820
Hari ini
Kemarin
2575
4268