DPRD Jabar Siap Terima Audiensi Forum Palabuhanratu Bersatu – Bahas Kontroversi PLPR Karang Pamulang

karangpamulang1DestinasiaNewsJalan panjang perjuangan masyarakat yang tergabung pada FPB (Forum Palabuhanratu Bersatu), tampaknya akan menemukan titik terang. Gerangannya, Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari, bersedia memperbincangkan proyek kontroversi PLPR (Pelabuhan Laut Pengumpan Regiomal) di pantai Karang Pamulang Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.

“Sepintas sudah saya pelajari permaslahan ini. Hari ini (1/2/2016) saya disposisikan ke komisi lV serta komisi terkait lainnya. Intinya, kami terima berkasnya. Tunggu ya beberapa hari lagi”, papar Ineu disela kesibukannya di gedung DPRD Jabar Jl. Diponegoro No. 27 Bandung.

Menurut Erlan Effendy selaku anggota FPB, Ketua DPRD Jabar kelak akan mempertemukan FPB dengan dinas terkait. “Tadi tercetus akan diminta keterangannya dari Dishub Jabar, dan Disparbud Jabar, tentu dinas terkait lainnya”. 

Secara terpisah Eka Santosa, Ketua Umum Gerakan Hejo yang selama ini aktif mendorong FPB mencari solusi atas kontroversi proyek PLPR di Karang Pamulang Palabuhanratu, menyatakan -”Sebaiknya tak hanya Komisi IV DPRD Jabar saja yang menerima FPB, juga Komisi l. Masalahnya, kontroversi proyek ini amat kental dengan aspek pelanggaran hukum. Disinyalir kuat, aspek hukumnya justru ditutup-tutupi para pihak yang terlibat. Saat audiensi nanti beberkan benang merahnya. Tindakan di lapangan pun  harus tegas!”

Berhenti, Tinjau Ulang, dan Alternatif

audiensi1Sebagaimana diketahui, perjuangan FPB menyangkut kasus proyek senilai Rp. 296 M, pada 30 Desember 2015 lalu sudah dibahas di Kemenko Bidang Maritim dan Sumber Daya di Gedung l BPPT Jl. M.H. Thamrin No 8 Jakarta. Rekomendasi pertemuan yang dihadiri pejabat terkait di tingkat Provinsi Jabar dan Kabupaten Sukabumi -  kaji ulang dan pemberhentian proyek selama 2 bulan.

“Jelas sekali pihak terkait harus memberhentikan proyek ini karena sarat dengan hal yang rancu mulai dari SK Menhub RI No 686 (3 Juli 2014 – red), pemilihan lokasi proyek, studi kelayakan yang asal-asalan, dan lainnya”,  kata Prof. Erri Novianto Megantara, Ketua PPSDAL Unpad yang pada saat itu turut menghadiri pertemuannya mewakili dari pihak akademis.

Kepada destinasianews.com Erlan menyangkut permohonan audiensi ini, juga menyertakan alternatif lokasi dari kebuntuan proyek PLPR.”Diajukan juga ajuan lengkap dari masyarakat Palabuhanratu di  Kecamatan Simpenan Palabuhanratu. Mereka mengajukan pantai Loji dengan segala kepantasannya daripada di Karang Pamulang. Artinya, kami datang kesini membawa alternatif. Tak hanya mempermaslahkannya menjadi dead lock, malah”.

Lainnya, lampu hijau dari DPRD Jabar ini direaksi para aktivis di Palabuhanratu yang menyayangkan pantai Karang Pamulang dijadikan proyek PLPR seperti Diki Dzulfikar, Iman Ambon, Endang Sehabudin, Dede Kurniawan, H Jojo, serta Bayu Risnandar, disambut positip. “Semoga ada jalan keluar yang nyata, tak hanya wacana belaka”, ujar Bayu.

Sementara itu, Dadan Ramdan, Direktur Eksekutif Walhi Jabar kepada destinasianews.com:”Sangat penasaran dengan apa yang dikemukakan dinas dan para legislator di Jabar. Anehnya,  rekomendasi Kemenko Bidang Maritim dan Sumber Daya, justru tak digubris. Ini aneh, karena saya tahu di lapangan kondisinya jauh panggang dari api”. (HS/SA/dtn).


emgz2

Artikel lain...

Mayjen (Purn) Tatang Zaenudin & Eka Santosa, Kuda hitam Pilgub Jabar – Blusukan …

Mayjen (Purn) Tatang Zaenudin & Eka Santosa, Kuda hitam Pilgub Jabar – Blusukan …

destinasianews  - Jreng-jreng, mungkin demikian laporan ini dibuka. Pasalnya, tanpa ba bi bu, dua tokoh pasangan Pilgub Jabar 2018 yang...

Pemimpin Dari Birokrat Untuk Bandung Barat Masih Ideal

Pemimpin Dari Birokrat Untuk Bandung Barat Masih Ideal

DestinasiaNews.com, Bandung Barat – Pertarungan politik merebut kursi Bandung Barat satu semakin menggeliat, Kali ini organisasi  DPC Taruna Merah Putih...

Manusia Pohon Aiptu Nunuh & Kapolsek Ibun Asep Dedi – Kembali, Tanam 2.500 Pohon

Manusia Pohon Aiptu Nunuh & Kapolsek Ibun Asep Dedi – Kembali, Tanam 2.500 Pohon

destinasiaNews – Menyongsong pengingatan hari pohon se dunia, kembali “Manusia Pohon” Aiptu Nunuh  dan kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi menghijaukan...

Gerakan Hejo Garut & ‘Barudak’ XTC,  Plus Angin Metal Head, Tanam 1000 Pohon -  Biar, Air Terkendali …

Gerakan Hejo Garut & ‘Barudak’ XTC,  Plus Angin Metal Head, Tanam 1000 Pohon -  Biar, Air Terkendali …

destinasiaNews – Katakanlah ini ‘goup’ atau resminya DPD Gerakan Hejo Kabupaten Garut, seakan-akan ‘gak ada abiznya’ – Terus menghijaukan tatar...

Demiz Ditanya Wakilnya, Kala Berkunjung ke Partai Berkarya Jabar: Akan Diselesaikan Secara Adat

Demiz Ditanya Wakilnya, Kala Berkunjung ke Partai Berkarya Jabar: Akan Diselesaikan Secara Adat

destinasiaNews – Ujung dari acara kunjungan Dedy Mizwar Wakil Gubernur Jabar ke Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa, Pasir Impun...

Pengunjung

01699270
Hari ini
Kemarin
467
1592