Eksistensi Alumni Menwa Mahawarman Yon XI UPI Dirundung Galau – Alumni Jangan di Kotak-Kotakkan

 

Markas Komando Batalyon XI UPI

DestinasiaNews - Keluarga besar Menwa Batalyon XI UPI menghadiri Silaturahmi Anggota dan Temu Alumni yang diselenggarakan oleh Komandan Menwa Yon XI UPI, Urai Ramadhani, di Markas  Komandonya,  Sabtu (10/9/2016).

Selain anggota aktif, tentu hadir para alumni yang sudah bertahun-tahun terbilang jarang bertemu muka. Alumni yang hadir itu di antaranya Sukendi, Asep Muso, Harisman, Herman Eka Permana, Dadang SM,  Moh. Huzainal, Dadang Jumara, M. Umar Djani Martasuta, M. Hatta, Nurshanda Rizki, Harri Safiari dan beberapa lainnya.  Sayangnya, hari itu Ketua Korps Menwa Yon XI UPI (alumni - red), Enjang Mulyana yang kini menjabat sebagai Camat Batununggal Kota Bandung tidak bisa hadir, sehubungan harus mendampingi Walikota Bandung dalam kegiatan Performance Art dan Art Perform di Jalan Terusan Martanegara Bandung. "Salam untuk semuanya, semoga silaturahmi di antara kita tetap terjalin ke depannya".

Selain silaturahmi, kegiatan ini menjadi ajang konsolidasi bagi seluruh anggota organik (anggota aktif) dengan para alumni. Banyak hal yang dibincangkan dalam pertemuan langka ini.  “Saya baru ngeuh, ternyata Menwa dulu sangat menarik riwayatnya”, kata Evi Yuliany anggota angkatan 43 tahun 2014.

Materi penting yang dibicarakan salah satunya tentang eksistensi organisatoris alumni Menwa Batalyon XI UPI.  Diketahui dewasa ini sejak reformasi 1998 ada berbagai organisasi ke-alumni-an, seperti IARMI, KMI, KONAS, KOCADNAS, dan lain sebagainya. “Kita harus kembali membentuk tim penyusun sejarah Menwa Batalyon XI, nantinya akan diterbitkan dalam majalah MILITAN edisi selanjutnya.  Maksudnya biar keluarga besar kita paham,” ujar Umar Djani Martasuta (Komandan Menwa Yon XI UPI era 1977-1979) dengan penuh kepenasaran.

Secara terpisah salah satu alumni yang tak sempat hadir, Popo Sumpena yang kini bertugas di kota Serang Provinsi Banten, ketika dimintai komentarnya tentang “kondisi galau” atas banyaknya wadah alumni Menwa saat ini, menyatakan : ”Yah, kita mah, jangan ikut-ikutan galau lah. Benar seperti kata rekan alumni lainnya, benahilah alumni kita secara internal di lingkungan UPI saja”.

Urai Ramadhani Komandan Batalyon 1975 1977

Komandan Menwa Batalyon XI UPI, Urai Ramadhani, dalam kesempatan ini sempat berujar :  ” Tugas yang harus saya selesaikan sekarang sebagai pimpinan di ksatrian Menwa Batalyon XI UPI Periode 2016-2017, cukup banyak.  Antara lain perencanaan Diksar (Pendidikan Dasar – red.).  Selain itu, legalitas tempat yang kita duduki atau Mako (Markas Komando – red.).  Bersama Wakil Komandan, Hendriano Meggy, tengah memproses surat hak guna pakai bangunan ini ke Rektor UPI ”.

Bahasan lain yang tak kalah menarik mengenai atribut Menwa, induk Menwa mengarah kemana, fungsi dan peran dari induk Menwa, pelurusan sejarah Menwa, dan kedudukan serta isi Surat Keputusan Bersama 3 Menteri (Menteri Pertahanan, Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah Republik Indonesia) Nomor : KB/14/M/X/2000, 6/U/KB/2000, 39 A Tahun 2000, Tentang pemberdayaan dan pembinaan Resimen Mahasiswa dalam Bela Negara.

Moh. Huzainal, salah satu alumni Menwa Yon XI UPI (Komandan Menwa Batalyon XI UPI era 1975-1977) ikut berkomentar :  “Alumni Menwa itu intinya bebas memilih mau memakai atribut seperti apa ? Namun bagi anggota Menwa itu sendiri, harus punya pendirian kuat ! Anggota Menwa berhak melakukan apa pun, selama tidak melanggar isi dari SK.”

Galau...

Poto bersama di depan Markas Komando UPI

Yang jelas, sekarang ini tugas para alumni, mendukung anggota organik dalam segi sarana dan prasarana.  Nah, bagi anggota aktif (organik) itu silahkan fokus pada kekuatannya.  Kumpulkan personil sebanyak-banyaknya guna mempertahankan eksistensi Menwa di dalam maupun di luar kampus,” sahut Herman Eka Permana (Komandan Menwa Yon XI UPI era 1990-1991) yang sengaja hadir dari Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Perihal galaunya, mana ? Nah, ini dia yang dimaksud galau itu tak lain begitu banyaknya organisasi kealumnian di lingkungan Menwa sejak bergulir reformasi di negeri ini tahun 1998.  “Nampaknya, ada kekuatan tertentu yang ingin mengkotak-kotakkan kealumnian Menwa dari seluruh perguruan  tinggi.  Saran kami, fokuslah kita ke kealumnian di lingkungan Batalyon Xl ”,  tutup Harri Safiari,  Wadan Menwa Yon XI UPI era 1981 – 1982.

Yang unik, usai pertemuan para alumni ini ada di antara beberapa anggota aktif  berseloroh :  “Menwa jangan dibingungkan oleh alumni”. Silahkan ditafsirkan ujaran dari anggota Menwa aktif ini. Tampaknya kegalauan itu sudah mereka rasakan.  “Mau dibawa kemana alumni Menwa ? ” (‘Azmi/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Proyek Hunian Terbaru Crown Group, Bidik Pasar Indonesia

Proyek Hunian Terbaru Crown Group, Bidik Pasar Indonesia

Untuk kali pertama, Crown Group meluncurkan proyek terbarunya di Indonesia lebih awal dibandingkan negara lainnya. destinasianews -  Pertama dalam sejarah...

Hurubatu Grill Garden Kembali Dibuka dengan Konsep Baru "Grill and Prost"

Hurubatu Grill Garden Kembali Dibuka dengan Konsep Baru "Grill and Prost"

destinasianews – Sudah hampir enam bulan lamanya Hurubatu Grill Garden – The Papandayan Hotel terpaksa tutup mengikuti anjuran pemerintah sejak merebaknya...

Kepala Bakesbangpol Kota Bandung: Optimalisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Pada Generasi Muda

Kepala Bakesbangpol Kota Bandung: Optimalisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Pada Generasi Muda

destinasianews - Acara Ngopi Bareng JBN (Jurnalis Bela Negara) Rabu, 5 Agustus 2020 di Sheraton Bandung Hotel & Tower jalan...

Wakaf Salman ITB Targetkan Donasi GARUDA 750 Paket Smartphone Se-Bandung Raya

Wakaf Salman ITB Targetkan Donasi GARUDA 750 Paket Smartphone Se-Bandung Raya

   destinasianews - Wakaf Salman berkolaborasi dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Salman ITB, dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung...

HAKI Diperlukan Untuk Lindungi Merek Dagang

HAKI Diperlukan Untuk Lindungi Merek Dagang

    destinasianews– Jurnalis Bela Negara (JBN) menyelengarakan kegiatan Ngopi Bareng JBN dengan tema “Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Bagi Insan...

Pengunjung

05656855
Hari ini
Kemarin
1452
3548