Temu Wicara Gerakan Hejo dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud – Ada Nafas yang Sama

DTN KEMENDIKBUD 1 CopyDestinasiaNews – Bertempat di Gedung E lantai 10 Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta, rombongan Gerakan Hejo mengadakan temu wicara dengan pihak tuan rumah (1/11/2016). Mewakili Dirjen Kebudayaan,  Hilmar Farid, rombongan Gerakan Hejo diterima oleh Sri Hartini, Direktur Direktorat Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Tradisi. Mendampingi Sri Hartini, hadir di antaranya Mula Sinaga, Kasubdit Program, Evaluasi, dan Doumentasi; Sri Guritno, Kasubdit Komunitas Adat; dan Meta, Subdit Seni Pertunjukan. 

Eka Santosa, Ketua Umum Gerakan Hejo yang juga sebagi Duta Sawala (Sekertaris Jenderal) BOMA (Baresan Olot Masyarakat Adat) Jawa Barat, dalam kesempatan ini memaparkan kiprahnya selepas Ia tak lagi aktif sebagai Ketua Komisi ll DPR (2004 – 2009). Kini Ia lebih fokus bergerak di seputar pendampingan masyarakat adat dan lingkungan hidup:”Kecintaan saya ke warga adat yang termarginalisasi dalam hak-hak dasar mereka, juga kiprah di lingkungan hidup, sejatinya sudah lama saya lakukan. Usai tak di legislatif lagi, bersama sesepuh Jabar Solihin GP, lebih leluasa bergerak bersama komponen warga lainnya”, papar Eka dalam penjelasan sekilas kegiatannya yang mayoritas dilakukan secara swadaya. 

Menanggapi paparan Eka, Sri Hartini dan jajarannya mengapresiasi:”Peran Kang Eka di Gerakan Hejo dan BOMA Jabar, tak ada beda dengan yang telah kami lakukan. Ia telah menjadi drive yang significant bagi pembinaan bangsa, terutama masyarakat adat”,  ujar Sri Hartini yang menyatakan ke depan banyak hal yang dapat disinergikan. 

DTN KEMENDIKBUD 2 CopySecara terpisah Agus Warsito, Sekjen Gerakan Hejo mengemukakan optimisme di masa depan program Gerakan Hejo dan BOMA Jabar yang berintikan pada pemberdayaan masyarakat di bidang ekologi, ekonomi, dan edukasi:”Termasuk kerjasama di bidang seni pertunjukan untuk tahun 2017 ke depan, nanti dibahas lebih intens”. 

Pertemuan ini diprakarsai oleh “Astro” Rizki Ramdani, Hubungan Antar Lembaga Gerakan Hejo dengan inisiasi Agung dari Penabulu Alliance yang berbasis di Jakarta:”Anggaplah ini sebagai introduksi antar dua lembaga. Untuk masa depan tampaknya terbuka kemunginan kerjasama di bidang pengembangan hak ulayat masyarakat adat, pemberdayaan seni pertunjukan, termasuk pengembangan ekonomi rakyat”, ujar Agung yang didampingi rekannya Indah Arnaelis.

Reaksi dari Paris  

Menariknya Harri Safiari, Humas Gerakan Hejo sesaat pertemuan ini usai melaporkan hasil pertemuan ini ke rekannya “Ambassador Gerakan Hejo di Eropa”, Saladin Belhacel yang telah bertemu langsung dengan Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Tubagus Ahmad Fauzi Soelaeman pada tahun 2016, Ia menyambut gembira atas peristiwa ini.

Diketahui Saladin bersama Abah Sahari, Olot dari Kanekes Baduy sekitar  Februari 2016 telah diterima secara pribadi oleh Puun di Baduy Dalam  – Tujuannya Kawasan Baduy didaftarkan sebagai World Heritage ke UNESCO dari Indonesia. Setelahnya, Saladin bersama Gerakan Hejo melakukan seminar tersendiri dengan para antropolog dari UNPAD Bandung. “Kita teruskan lagi rintisan Saladin kawan kita di Eropa. Ia begitu peduli pada  warga Baduy. Gerakan Hejo sudah menyurati soal ini ke Gubernur Provinsi Banten dan Bupati Lebak, sayang ta berbalas …”, tambah Eka dengan wajah sedikit muram.  

Kembali, dari pertemuan ini menurut Agus Warsito:”Tadi ada nafas yang sama. Ini sambil dirintis kerjasamanya dengan Kemendikbud, sekaligus untuk pendaftaran ke UNESCO. Bisa kita mulai lagi …”, tutupnya. (HS/SA/dtn)

DTN KEMENDIKBID 3 Copy


emgz2

Artikel lain...

UPI Akui Fasilitasnya Digunakan ‘Sunda Empire’, dan Membantah Ada Keterlibatan

UPI Akui Fasilitasnya Digunakan ‘Sunda Empire’, dan Membantah Ada Keterlibatan

destinasiaNews– Heboh pemberitaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo yang sempat memanggungkan pasangan ‘Raja’ Toto Santosa dan ‘Ratu’ Fanni Aminadia, yang...

‘Duet’ Dansektor 22 Citarum Harum & Kadishut Prov Jabar, Tanami Lahan Kritis di Cimenyan KBU

‘Duet’ Dansektor 22 Citarum Harum & Kadishut Prov Jabar, Tanami Lahan Kritis di Cimenyan KBU

destinasiaNews– Melanjut maraknya kegiatan reboisasi lahan kritis di KBU (Kawasan Bandung Utara), sedikitnya 2.900 bibit tanaman keras, pada hari Sabtu...

Oded M Danial Kunjungi Komunitas Bandung Hydromarket: Swasembada Sayur & Tekan Stunting

Oded M Danial Kunjungi Komunitas Bandung Hydromarket: Swasembada Sayur & Tekan Stunting

destinasiaNews – Walikota Bandung Oded M Danial dakam kunjungannya ke Komunitas Bandung Hydromarket (KBH) di Sekertariatnya Jl. Pirus Galuh 3,...

Satgas Citarum Sektor 21-12 Giat Bebersih di Aliran Anak Sungai Ciwidey Kampung Patrol

Satgas Citarum Sektor 21-12 Giat  Bebersih di Aliran Anak Sungai Ciwidey Kampung Patrol

  destinasiaNews. – Kegiatan bebersih sungai dalam program Citarum harum maka aktifitas Satgas Citarum Harum Sektor 21 subsektor 12 Soreang...

Ridwan Kamil Didapuk Gelar ‘Lalaki Langit Lalanang Jagat’ dari BOMA Jabar

Ridwan Kamil Didapuk Gelar ‘Lalaki Langit Lalanang Jagat’ dari BOMA Jabar

  destinasiaNews – Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Selasa, 24 Desember 2019 hadir di Kawasan, Eko Wisata dan Budaya Alam...

Pengunjung

04749559
Hari ini
Kemarin
2974
4066