Gerakan Hejo Hadiri Pelatihan Satgas Smart Village Desa Lengkong: “Sampah itu Teman Kita!”

gerakan hejo 2Destinasianews - Tindak lanjut MoU (memorandum of understanding) antara Ketua DPP Gerakan Hejo, Eka Santosa; Betha Kurniawan, Direktur Cabang Bandung PT Bintang Bahagia Bersama; dan Irianto, Direktur Pemasaran PT. Dua Bahagia Abadi pada September 2018. Ini MoU berisi penanganan sampah di berbagai lokasi, melalui mesin pemusnah runtah yang ramah lingkungan berbasis bahan bakar air dan solar.

 

Bertempat di Kantor Desa Lengkong, Jl. Ciganitri No. 1 Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Minggu, 23 Desember 2018 Gerakan Hejo menghadiri penutupan Pelatihan Satgas Smart Village daerah setempat.

 

“Apresiasi tinggi atas pelatihan ini yang diikuti 20 peserta selama dua hari (21 -22/12/2018). Semoga prakarsa ini bisa menjadi contoh untuk penanganan sampah lebih terpadu. Kebetulan ini berbarengan dengan program Citarum Harum yang dicanangkan Presiden Jokowi sejak Maret 2018,” papar Harri Safiari, Ketua Bidang Media DPP Gerakan Hejo mewakili Eka Santosa, Ketua DPP Gerakan Hejo.

 

gerakan hejo

Adapun jenis mesin pemusnah sampah yang dipasang di halaman belakang Kantor Desa Lengkong (20 X 10 M2), menurut Betha Kurniawan mampu mengolah sampai organik dan non organik sebanyak 500 kg per jam. Persisnya, mesin ini berbasis air dan solar dengan perbandingan 1 banding 3, namanya TOSSTM (Tempat Olah Sampah Solair Terpadu Mandiri).

 

“Kelebihannya dengan mesin sejenis, lebih hemat enerji dan ramah lingkungan. Di Kantor Desa Lengkong, dipasang sebagai pilot project, mulai pertengahan Januari 2019,” kata Betha sambil menjelaskan –“Pada Maret 2019 akan dipasang mesin yang sama dengan dengan kasitas lebih besar di area lain milik Desa Lengkong seluas kurang lebih 8.000 M2.

 

Menurut Agus Salam R, Ketua Satgas Smart Village Desa Lengkong, kehadiran pilot project mesin pemusnah sampah yang ramah lingkungan seperti saat ini, sudah lama didambakan ribuan warganya.

 

“Perhitungan kami sekitar 10 ton sampah setiap hari di desa kami. Sedikitnya ada 10 perumahan besar disini. Selama ini kami bingung, bagaimana mengolahnya. Semoga dengan adanya TOSTM, sampah di tempat kami tidak bermasalah lagi,” kata Agus.

gerakan hejo 3Sementara itu H. Ade Wijaya Haryono putra dari H. Ano penemu teknologi mesin pemusnah sampah TOSSTM yang selama ini merasa sejalan dengan Kepala Desa Lengkong Alih Koliawati dalam hal penanganan sampah berbasis ramah lingkungan, kepada redaksi menyatakan optimis pilot project ini akan berhasil.

 

“Bedanya dengan pihak lain yang selama ini kerap menjalin kerjasama di bidang persampahan, Ibu Alih Koliawati mempersiapakan diri dengan matang. Buktinya, puluhan kader digembleng teori maupun praktik menangani sampah, mulai dari sumbernya (rumah tangga dan industri) hingga ke pengolahannya,” ujarnya.

 

Secara terpisah Eka Santosa seusai kehadiran Gerakan Hejo ke Desa Lengkong, menyatakan: ”Sampah itu bukan sekadar musuh, boleh dikata melalui mesin TOSSTM yang hasilnya bisa berupa pupuk dan pakan ternak, ini ada perspektif baru sampah itu teman kita.” (IG/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

destinasiaNews - Para prajurit satgas Citarum Harum dalam mengemban tugasnya untuk mengembalikan ekosistem DAS Sungai Citarum, mereka juga melakukan beberapa...

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber  Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

destinasiaNews - Tidak terasa bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa minggu saja. Saat bulan Ramadhan, tentu saja momen yang paling dinantikan...

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

DestinasiaNews – Selakoe djournalist pinggiran jang ta’ mampoe hatsilkeun reportage ‘kekinian’ jang bernas, sekali tempo sewaktoe penoelis mengaso di seboewah...

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

DestinasiaNews – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019....

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

destinasiaNews – Adalah Aries Budi Hartanto, Ketua Kelompok ‘Tujuh Ruang’, ditemani Donny Armando Rozalie, Penasihat Kelompok ‘Tujuh Ruang’, serta Indra...

Pengunjung

03197631
Hari ini
Kemarin
3327
4485