Asprumnas DPW Jabar Gelorakan Gerakan Bangun Rumah Berkualitas

Pelantikan 9 DPDjpg1

destinasiaNews Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional serta memperingati berdirinya Asosiasi Pengembang dan Pemasar Rumah Nasional (Asprumnas) ke 8 (13/5/2013), Asprumnas Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Jawa Barat, melantik 9 Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kabupaten dan Kota di wilayah Provinsi Jawa Barat. Ke sembilan Asprumnas DPD tersebut yaitu : Kabupaten Garut, Bandung Raya, Kota Cimahi, Bekasi Raya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten, Majalengka, Kata Cirebon dan Kabupaten Indramayu. Kegiatan yang mengusung tema ”Gerakan Bangun Rumah Berkualitas”, berlangsung di Hotel Holiday Inn Pasteur Jalan Dr. Djunjunan Kota Bandung, Kamis, 20/5/2021.

Selain itu, Asprumnas meluncurkan logo barunya dan me-review prestasi pencapaian pembangunan perumahan baik rumah bersubsidi dukungan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) maupun rumah komersil (premium) di beberapa daerah di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Barat, melalui tayangan video.

Kebutuhan papan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) diperlukan strategi percepatan penyelesaian backlog perumahan nasional.  Faktanya, hingga kini masih ada backlog sekitar 14 juta-an rumah. Untuk menangkap peluang tersebut, Asprumnas DPW Jabar mengajak insan pengembang dan dinas terkait di wilayahnya, untuk bermitra, seiring sejalan mendukung program hunian 1 juta rumah bagi MBR, selain rumah komersil, demikian sepenggal kata pengantar yang disampaikan Ketua Panitia, Huliman Abdul Gopur, S.Sos.; M.Pd. jelang acara pelantikan.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Asprumnas DPW Jabar, Erdy Taupana, M.M., bahwa Asprumnas berkomitmen menjadi mitra aktif pemerintah dalam mendukung program 1 juta rumah. Juga, menjadi pejuang rumah rakyat, pejuang tanah untuk anak negeri menyediakan rumah terbaik, katanya menambahkan.

“Suatu hari nanti, masyarakat akan mencari, ketika mencari rumah akan bertanya, Ini perumahannya Asprumnas bukan?, jika belum ada, maka kita bikin perumahan disini !” ajak sang Ketua Umum DPW Jabar kepada para Ketua DPD yang baru dilantikyna. Sontak disambut riuh tepuk tangan hadirin. Ulas ulang mengenang ungkapan, saat dirinya dilantik menjadi Ketua Umum Asprumnas DPW Jabar beberapa tahun lalu.

Tanpa disuruh pemerintah, Asprumnas berkomitmen memberikan yang terbaik buat masyarakat membangun rumah berkualitas, ujar Erdy sapaan akrab Erdy Taupana. “Bapak, Ibu sepakat..?, ajaknya menambahkan.

Untuk diketahui, Aprumnas sering di undang dan dilibatkan dalam tim di Kementrian PUPR untuk mencari solusi tentang kendala atau hal-hal yang akan kita bangun untuk masyarakat, juga mendapingi pemerintah, jika ada proyek strategis nasional, seperti yang sedang dilaksanakan saat ini yaitu relokasi rumah yang terdampak proyek jalan tol Cisundawu, Sumedang, Jabar, beber Erdy.

Pelantikan 9 DPDjpg

Lebih jauh Erdy mengatakan, Aprumnas juga fokus menciptakan dan melahirkan developer-depeloper berkualitas salah satunya dengan mendirikan Asprumnas Akademi, merupakan kumpulan dari para coach atau suhu-suhu propertiseluruh Indonesia.

Kedepan, bagi pengembang tidak lagi akan direpotkan dengan masalah pemasaran karena Asprumnas sebagai pengembang dan pemasar merupakan satu kesatuan, maka pihaknya akan membuat lembaga sertifikasi pemasaran yang berkualitas, jelas Erdy.

Di Tahun 2021, Asprumnas DPW Jabar menargetkan 100 proyek disetiap kabupaten dan Kota, baik itu subsidi maupun komersil, ujar Erdy

Selain membangun perumahan berkualitas dikontrol dengan aplikasi Sistem Informasi Pemantauan Konstruksi (SiPetruk), pengembang harus bertanggung jawab terhadap lingkungan yang dibangun dan menjadikan konsep perumahan eco living disetiap pembangunannya dan menjadikan contoh pemukiman yang sehat, nyaman serta aman, bagi pengembang lainnya, harap Erdy. Bahkan untuk penyusunan perda serah terima fasum Fasos, Asprumnas sudah menjadi konsultan, kata Erdy di akhir paparannya.

Mewakili Kadis Disperkim Jabar, Rudy Ibrahim, menyampaikan apresiasinya atas program Asprumnas yang selaras dengan program pemerintah yang sedang dilakukan yaitu menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat di Jawa Barat, terutama bagi MBR dan pihaknya mendukung program Asprumnas, ucapnya.  

Ketua Umum Asprumnas DPP, Muhammad Syawali, S.E, M.M mengatakan, pihaknya sangat konsen dengan kualitas konstruksi bangunan. Hal ini, demi mewujudkan sebuah hunian yang layak huni, memenuhi kriteria rumah yang sehat dan merupakan rumah yang siap untuk ditempati, bukan siap untuk direnovasi.

Selain didukung oleh program-program pemerintah, pihak perbankan juga bisa memperlonggar syarat-syarat Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan prosesnya, terutama bagi pemohon yang bermasalah dengan BI Checking, ujarnya berharap.

Usai pelantikan, bagi para Ketua Asprumnas DPD, dilanjutkan up grading tentang Keorganisasian Asprumnas oleh Huliman Abdul Gopur, S.Sos.; M.Pd.; Strategi Aselerasi Bisnis Properti oleh Haris Marga; lalu Financial Engeneering Bisnis Properti oleh Riki F.S; serta Testimoni Master FLPP oleh Ervan Septiana.

Menurut pantauan destinasianews.com, acara yang digelar mulai pukul 11: 30 hingga 17:00 Wib, berlangsung hidmat, lancar dan sukses serta patuhi protokol kesehatan Covid-19. Turut hadir dalam acara tersebut antara lain dari Asprumnas DPP : Drs. Agusni Gunawan, M.Si. (Ketua Dewan Panasihat); Muhammad Syawali, S.E. M.M. (Ketua Umum); Rizki Akbar Fathoni, S.E. M.M., (Sekretaris Jenderal); Asprumnas DPW Jabar: Erdy Taupana, M.M (Ketua Umum) dan jajarannya; para Ketua Asprumnas DPD Kabupaten dan Kota wilayah Jabar; Disperum Jabar; Disperkim Jabar, Gapeksindo Jabar, Bank BJB, Bank BTN, Bank BSI Asia Afrika, Bank HIK Cibitung serta para tamu undangan lainnya. (HRS/dtn)

Add a comment

Jurnalis Bela Negara Siap Gelar Rakernas dan Deklarasi JBN

JBN Rakernas

destinasiaNews - Jurnalis Bela Negara (JBN) rencananya di bulan Juni 2021 akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Deklarasi JBN di dua hotel berbintang di kota Bandung dengan protokol kesehatan yang ketat.


Rapat Kerja Nasional JBN (Rakernas) rencananya akan digelar selama dua hari, sedangkan Deklarasi JBN akan digelar satu hari.


Rapat Kerja Nasional JBN (Rakernas) akan diikuti 30 Anggota Jurnalis Bela Negara dan perwakilan JBN dari tiap Provinsi.


Sedangkan Deklarasi JBN akan mengundang 40 Undangan VIP, 11 Organisasi Konstituen Dewan Pers, dan 6 Organisasi Kemasyarakatan.


Jurnalis Bela Negara (JBN) telah resmi memperoleh Administrasi Hukum Umum (AHU) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia bernomor: AHU-0002826.AH.01.07.TAHUN 2021, dan saat ini masyarakat dapat mengakses website JBN: www.jbn.or.id .


Seperti diketahui, selain Kode Etik Jurnalistik sebagai pedoman, Jurnalis Bela Negara (JBN) memiliki 8 Wajib Cakra JBN sebagai penghayatan.


Delapan Wajib JBN diberikan dan diizinkan digunakan oleh perkumpulan oleh mantan Pangkostrad, yakni Letjend Besar Harto Karyawan SH, M.Tr (Han).


Delapan Wajib Cakra JBN yakni, Niat, Sikap dan Perilaku, Pancaran Mata, Komunikasi, Kesiagaan dan Kewaspadaan, Daya Imajinasi, Keputusan, Keyakinan.


Perjalanan panjang Jurnalis Bela Negara (JBN) dimulai pada 23 Januari 2017 di Hotel dan Resto Kalimasada Jalan Kalimantan No.5 Bandung oleh tiga orang pendiri JBN yang merupakan para Jurnalis, yakni Mas Don (seputarjabar.com), Rd. Moch.  Gun Gun Gunanjar atau biasa disapa Gun (Aksi.co), dan Bagoes Rinthoadi (Arcom.co.id).

Tiga tahun kemudian, pada Kamis 27 Agustus 2020, JBN tuntas di akta-kan oleh Notaris Victory Bayumi SH, M.Kn.


“Visi dan misi Jurnalis Bela Negara yang telah memiliki AHU dan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM adalah melawan berita hoax, dan menanamkan bela negara pada insan Jurnalis,” kata Pendiri JBN Mas Don. (HRS/dtn)

Add a comment

ARTIS - CROWN Indonesia Catat Nilai Transaksi Fantasis Pada Penghujung 2020

cr10destinasianews - Crown Group, perusahaan pengembang terkemuka yang berbasis di Sydney Australia, hari ini mengumumkan nilai transaksip penjualan ARTIS di Indonesia. ARTIS berhasil membukukan nilai transaksi penjualan sebesar Rp. 65milyar menjelang tutup tahun 2020. Hasil ini tentu saja sangat mengembirakan mengingat hantaman pandemi COVID-19 selama 9 bulan terakhir di Indonesia.

Meskipun peluncuran ARTIS di Indonesia pada tanggal 12 Desember 2020 masih dalam masa PSBB di Jakarta, tidak menyurutkan antusiasme para calon investor yang datang baik secara fisik maupun virtual. Head of Sales & Marketing Crown Indonesia, Tyas Sudaryomo, mengungkapkan, “Antusiasme para calon investor sungguh di luar dugaan kami sebelumnya. Meskipun dengan protap COVID-19 yang sangat ketat dan unit yang kami tawarkan untuk konsumen di Indonesia sangatlah terbatas, mereka masih rela menunggu giliran untuk bisa berkomunikasi langsung dengan perwakilan penjualan Crown Group Indonesia.”

“Yang menarik adalah sebagian transaksi penjualan yang terjadi, tercipta secara online atau melalui konferensi ZoomSesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya bahkan di kantor pusat kami di SydneyHal ini jelas menggambarkan kombinasi akan kebutuhan investasi di masa pandemi dan kepercayaan konsumen atas produk kami.jelas Tyas.

ARTIS menjadi proyek hunian vertical pertama dari Crown Group yang diluncurkan pertama kali di Indonesia, mendahului Sydney, Melbourne dan TiongkokDidesain oleh Koichi Takada Architects terinspirasi oleh seni menggambar yang akhirnya memunculkan konsep desain Art in Motion yang memiliki dua menara putih melengkung yang mencolok dikelilingi oleh "pita" putih yang berliku-liku.

Desain Konsep ARTIS juga menggambarkan semangat Crown Group akan inovasi yang berkelanjutan, sebagai salah satu pengembang swasta terbesar di Australia. Terletak di area sudut seluas 2070 meter²di 175 Sturt Street, bangunan ini akan menampung 153 unit apartemen dan dengan satu, dua dan tiga kamar tidur yang mewah serta griyatawang.

cr11ARTIS diharapkan akan memperkaya wajah Kawasan Southbank melalui keindahan efek façade pita putihnya yang mencerminkan pergerakan Art in Motion. Sementara itu, CEO Crown Group, Iwan Sunito, mengungkapkan terjadi peningkatan laba dan penjualan off-the-plan pada tahun buku 2020, meskipun adanya gangguan yang ditimbulkan oleh pandemi.

Laporan keuangan satu tahun terakhir (2019 – 2020) termasuk empat bulan pertama pandemi dan lockdown nasional, menunjukkan terjadi kenaikan jumlah akad jual beli dan serah terima unit hingga 25% yang apabila digabungkan bernilai Rp. 4,6 triliun. Pendapatan perusahaan (tahun keuangan 2019 – 2020) didapatkan dari penyelesaian proyek Waterfall by Crown Group senilai Rp. 3,95 triliun di Kawasan Waterloo, Sydney dengan proses serah terima yang terjadi pada saat puncak pandemi COVID-19 – dapat dicatat sebagai "hasil yang sukses" .

“Kedepan, kami akan melanjutkan dengan proyek hunian vertical pertama kami di Brisbane.tambahnya.

Keputusan Crown Group untuk melanjutkan proyek-proyek barunya juga didasarkan pada keyakinan bahwa perlambatan dalam aktivitas konstruksi hunian akibat melemahnya pasar saat ini akan menciptakan kekurangan pasokan di masa depan.

Untuk proyek hunian di Brisbane, Crown Group telah menunjuk arsitek asal Jepang, Kengo Kuma dan perusahaan lokal Plus Architecture untuk mendesain pembangunan hunian senilai Rp. 5 triliun yang berlokasi di 117 Victoria Street di West End.

Kengo Kuma adalah arsitek Jepang yang sangat terkenal karena menciptakan beberapa bangunan public dan hunian paling luar biasa di dunia. Dengan kantor di Tokyo dan Paris, dia terkenal dengan penggunaan elemen cedar dan sering menggabungkan kayu dan lingkungan alam dengan struktur perkotaan kontemporer.

Beberapa karya Kuma yang paling terkenal termasuk Museum Seni Suntory di Tokyo, RumahTembok Bambu di Cina, kantor pusat Grup LVMH (Louis Vuitton Moet Hennessy) di Jepang, dan Stadion Olimpiade Tokyo untuk perhelatan tahun 2020.

Revisi desain diharapkan akan diajukan ke Dewan Kota Brisbane pada pertengahan 2021 dengan rencana penjualan off-the-plan dimulai tahun depan. “Prediksi saya adalah dalam dua hingga tiga tahun ke depan kita akan melihat permintaan besar-besaran yang tidak dapat terpenuhi karena kekurangan pasokan di area-area yang membutuhkan seperti CBDDan ini berpotensi meningkatkan harga apartemen baru.tutup Iwan Sunito(HRS/SF/dtn)

Add a comment

Yayasan HCI Fokus pada Lingkungan Hidup & Ketahanan Pangan, Bangun Kampung Cibarani

hci1hci2destinasiaNews - Musyawarah yang di laksanakan di kampung Cibarani, kelurahan Hegarmanah, kecamatan Cidadap, kota Bandung oleh pengurus yayasan Harapan Cipta Insani (HCI) dan juga beberapa komunitas dan penggiat kampung edukasi cibarani, untuk menyikapi beberapa program sosial seperti lingkungan hidup, ketahanan pangan desa wisata dan lainnya.


Ditempat ini dimana kampung cibarani menjadi perhatian bagi yayasan HCI agar kedepannya dapat di laksanakan pembangunan dan penataan kampung tersebut sebagai desa wisata & edukasi yang juga berlokasi di bantaran Sungai Cikapundung.

 

Hadir daalam giat tersebut ketua dewan pembina Abah Alamsyah, ketua umum yayasan HCI Agus Ramdani, Irsan selaku penggiat kampung Cibarani sebagai wisata kampung edukasi melalui perencanaan partisipatif dan para jajaran pengurus yayasan juga komunitas lainya.

 

Dalam giat tersebut ketua umum yayasan  HCI Agus Ramdani mengungkapkan",kita itu menunjang tujuh program unggulan, mungkin kita akan konsentrasi dibidang lingkungan hidup, ketahanan pangan, dan industri kreatif umkm, memberikan edukasi sadar hukum perihal perwal, perda, pergub untuk umkm, visi misi kedepan kita ingin menciptakan sumber daya manusia yang kreatif, survive dengan kondisi covid 19 yang sekarang yang bisa bertahan dengan memberdayakan sumber daya alam, apapun jenisnya yang ada di alam ini masih bisa kita gunakan sebagai bahan survive kita khususnya pemberian edukasi dalam hal ketahan pangan",terangnya.

Lanjut Agus Ramdani, "Yayasan HCI dalam program jangka pendek akan bangun kampung Cibarani, untuk kampung Cibarani ini berharap akan menjadi kampung atau desa wisata, dan Cibarani ini yang menjadi salah satu kampung pertama yang akan mendobrak semua potensi desa yang ada di kota / kabupaten seluruh provinsi di Jawa Barat." Ucapnya. (HRS/SF/dtn)

Add a comment

Forum Zakat Salurkan Ratusan Miliar Dana Publik Masyarakat Selama COVID-19

Forum Zakat 1

destinasianews.com -- Forum Zakat (FOZ) selaku asosiasi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang beranggotakan 154 lembaga berbasis pemerintah (BAZNAS) maupun masyarakat (LAZ) mendorong empat agenda strategis untuk menguatkan basis gerakan zakat ke depannya. Dengan tantangan dan perkembangan dinamika zakat di Indonesia, maka FOZ memandang perlu konsolidasi tidak hanya di kalangan praktisi pegiat zakat semata, namun juga mendorong peran aktif negara yang lebih lagi.

Hal tersebut disampaikan Bambang Suherman, Ketua Umum Forum Zakat periode 2018-2021dalam Konferensi Pers di sela perhelatan tahunan CEO OPZ Forum yang mengusung tema “Dua Dekade Forum Zakat: Menguatkan Gerakan Zakat di Indonesia”, yang digelar di Bandung, Jawa Barat, Kamis, 26/11/2020.

Agenda strategis pertama adalah peran aktif gerakan zakat melalui Forum Zakat dalam merespon pandemi COVID-19. Dengan berlipatnya tingkat penularan COVID-19 serta bertambahnya jumlah orang miskin di Indonesia, Forum Zakat melalui anggotanya di seluruh Indonesia melakukan kerja respon kemanusiaan melalui program-program kuratif, promosi kesehatan, pendidikan, dan ekonomi produktif.

Forum Zakat mencatat telah menyalurkan sejumlah dana sebesar Rp.576.766.759.411 miliar rupiah, nilai tersebut merupakan akumulasi pengumpulan zakat sejak awal pandemi COVID-19, sejak Maret hingga November 2020 dari penggalangan dana publik masyarakat dan menjangkau masyarakat di 34 provinsi merasakan manfaat dari program-program kemanusiaan lembaga zakat. Adapun kolaborasi penanganan COVID-19 yang dikoordinir oleh Forum Zakat meliputi tiga klaster layanan yaitu:

Pencegahan penyebaran dan bantuan APD bagi tenaga kesehatan, Penanganan ODP, PDP, dan pemulasaraan jenazah, dan Bantuan Ekonomi Terdampak.

Peran aktif anggota-anggota Forum Zakat dalam merespon pandemi dan dampak sosial ekonomi masyarakat Indonesia berhadapan dengan masalah legalitas lembaga. Undang Undang No. 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat memandatkan organisasi pengelola zakat berbasis masyarakat (LAZ) untuk mendapatkan izin operasional mengumpulkan dan mendayagunakan dana zakat.

Dalam catatan Forum Zakat, pada rentang waktu 2014-2020 terdapat 93 lembaga zakat masyarakat yang diberikan rekomendasi BAZNAS untuk sah mengelola zakat. Menjadi agenda strategis kedua, Forum Zakat memandang perlunya perbaikan tata kelola administrasi BAZNAS dan Kementerian Agama dalam hal perijinan, agar mendorong partisipasi masyarakat yang luas melalui LAZ dalam merespon pandemi dan isu-isu kemiskinan lainnya.

Forum Zakat 2a

Terpilihnya komisioner BAZNAS periode 2020-2025 menjadi momentum baik untuk mengkonsolidasi dan menguatkan sinergi kolaborasi pemerintah dan masyarakat. Sebagai agenda strategis ketiga, Forum Zakat mendorong komisioner BAZNAS 2020-2025 untuk menaruh perhatian khusus pada aspek legalitas operasional Lembaga Amil Zakat (LAZ) masyarakat, agar lebih kuat lagi pelayanan bagi mustahik dan muzakki, serta memperkecil jarak antara potensi dan realisasi penghimpunan zakat nasional.

Terakhir, Forum Zakat mendorong peran aktif negara untuk mengesahkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pekerja zakat (amil). Dengan sertifikasi nasional tersebut, Forum Zakat mendukung semakin banyaknya amil zakat yang disertifikasi melalui dukungan negara berupa subsidi atau pembebasan biaya untuk mendapatkan sertifikat amil zakat.

Selain itu, Forum Zakat juga mendorong upaya aktif negara memperhatikan kesejahteraan amil zakat serta memberikan insentif dalam bentuk asuransi kesehatan nasional dan lainnya.

Keempat agenda strategis ini diusung oleh Forum Zakat untuk menguatkan peran serta kolaborasi strategis antar pemangku kepentingan dalam merespon pandemi dan dampak-dampak yang timbul karenanya.

Perhelatan tahunan ini dihadiri antara lain oleh Sekretaris BAZNAS RI, Jaja Jaelani; Ketua BAZNAS DKI, Lutfi Fatullah; Sekretaris Jendral Forum Zakat, Nana Sudiana; Ketua BAZNAS Kota Bandung, Irfan Farid Taufik; Penceramah Salim A Fillah, serta 155 pimpinan anggota Forum Zakat dari seluruh Indonesia.

Forum Zakat juga memastikan agenda ini mematuhi protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah, seperti diberlakukannya Swab/Rapid Test sebelum acara, penerapan penginapan satu orang satu peserta, penyediaan new normal kit, jaga jarak aman dengan kuantitas 50%dari kapasitas normal ruangan, dilakukan pengecekan suhu secara berkala, dan menghadirkan tenaga kesehatan yang professional selama acara berlangsung. Agenda ini juga didukung oleh Bank Mandiri dan uang elektronik IMkas Ooredoo. (HRS/dtn)

Add a comment


emgz2

Artikel lain...

Menteri KLH Paparkan Pembangunan Kota Ramah Lingkungan untuk Kendalikan Perubahan Iklim pada Ministerial Meeting G20

Menteri KLH Paparkan Pembangunan Kota Ramah Lingkungan untuk Kendalikan Perubahan Iklim pada Ministerial Meeting G20

destinasiaNews - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya hadir secara virtual bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral...

Pertumbuhan Harga Properti Australia Melampaui Prediksi Awal

Pertumbuhan Harga Properti Australia Melampaui Prediksi Awal

  Secara Nasional Selama 18 Bulan Terakhir Harga Rumah Tapak 4 – 12% Lebih Tinggi Dibandingkan Prediksi Awal, Sementara Harga...

Gebrakan Selama Masa PPKM : THE 1O1 Flash Sale ! Pay 1 Night, Get 1 Night Free

Gebrakan Selama Masa PPKM :  THE 1O1 Flash Sale ! Pay 1 Night, Get 1 Night Free

destinasiaNews– Hotel THE 1O1 Bogor Suryakancana menghadirkan promo THE 1O1 Flash Sale!! Pay 1 Night, Get 1 Night Free dengan penawaran...

Pemerintah Singapura Kembali Kirim Bantuan Medis Untuk Indonesia

Pemerintah Singapura Kembali Kirim Bantuan Medis Untuk Indonesia

destinasiaNews - Pemerintah Singapura melalui Kedubesnya di Indonesia kembali mengirimkan bantuan medis seberat 40 ton untuk Indonesia dalam hal ini...

Terkait Podcast ‘EKATANYA’, Perupa Umar Sumarta: 3 D, Pesta Demokrasi 2024 dan Seterusnya

Terkait Podcast ‘EKATANYA’, Perupa Umar Sumarta: 3 D, Pesta Demokrasi 2024 dan Seterusnya

destinasiaNews - Rupanya, the ‘true story’ dari tokoh Jawa Barat, Eka Santosa, saat  ini (12/7/2021) di kediamannya di Kawasan Eko...

Pengunjung

07171654
Hari ini
Kemarin
1475
5254