Gerakan Hejo Hadiri Pelatihan Satgas Smart Village Desa Lengkong: “Sampah itu Teman Kita!”

gerakan hejo 2Destinasianews - Tindak lanjut MoU (memorandum of understanding) antara Ketua DPP Gerakan Hejo, Eka Santosa; Betha Kurniawan, Direktur Cabang Bandung PT Bintang Bahagia Bersama; dan Irianto, Direktur Pemasaran PT. Dua Bahagia Abadi pada September 2018. Ini MoU berisi penanganan sampah di berbagai lokasi, melalui mesin pemusnah runtah yang ramah lingkungan berbasis bahan bakar air dan solar.

 

Bertempat di Kantor Desa Lengkong, Jl. Ciganitri No. 1 Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Minggu, 23 Desember 2018 Gerakan Hejo menghadiri penutupan Pelatihan Satgas Smart Village daerah setempat.

 

“Apresiasi tinggi atas pelatihan ini yang diikuti 20 peserta selama dua hari (21 -22/12/2018). Semoga prakarsa ini bisa menjadi contoh untuk penanganan sampah lebih terpadu. Kebetulan ini berbarengan dengan program Citarum Harum yang dicanangkan Presiden Jokowi sejak Maret 2018,” papar Harri Safiari, Ketua Bidang Media DPP Gerakan Hejo mewakili Eka Santosa, Ketua DPP Gerakan Hejo.

 

gerakan hejo

Adapun jenis mesin pemusnah sampah yang dipasang di halaman belakang Kantor Desa Lengkong (20 X 10 M2), menurut Betha Kurniawan mampu mengolah sampai organik dan non organik sebanyak 500 kg per jam. Persisnya, mesin ini berbasis air dan solar dengan perbandingan 1 banding 3, namanya TOSSTM (Tempat Olah Sampah Solair Terpadu Mandiri).

 

“Kelebihannya dengan mesin sejenis, lebih hemat enerji dan ramah lingkungan. Di Kantor Desa Lengkong, dipasang sebagai pilot project, mulai pertengahan Januari 2019,” kata Betha sambil menjelaskan –“Pada Maret 2019 akan dipasang mesin yang sama dengan dengan kasitas lebih besar di area lain milik Desa Lengkong seluas kurang lebih 8.000 M2.

 

Menurut Agus Salam R, Ketua Satgas Smart Village Desa Lengkong, kehadiran pilot project mesin pemusnah sampah yang ramah lingkungan seperti saat ini, sudah lama didambakan ribuan warganya.

 

“Perhitungan kami sekitar 10 ton sampah setiap hari di desa kami. Sedikitnya ada 10 perumahan besar disini. Selama ini kami bingung, bagaimana mengolahnya. Semoga dengan adanya TOSTM, sampah di tempat kami tidak bermasalah lagi,” kata Agus.

gerakan hejo 3Sementara itu H. Ade Wijaya Haryono putra dari H. Ano penemu teknologi mesin pemusnah sampah TOSSTM yang selama ini merasa sejalan dengan Kepala Desa Lengkong Alih Koliawati dalam hal penanganan sampah berbasis ramah lingkungan, kepada redaksi menyatakan optimis pilot project ini akan berhasil.

 

“Bedanya dengan pihak lain yang selama ini kerap menjalin kerjasama di bidang persampahan, Ibu Alih Koliawati mempersiapakan diri dengan matang. Buktinya, puluhan kader digembleng teori maupun praktik menangani sampah, mulai dari sumbernya (rumah tangga dan industri) hingga ke pengolahannya,” ujarnya.

 

Secara terpisah Eka Santosa seusai kehadiran Gerakan Hejo ke Desa Lengkong, menyatakan: ”Sampah itu bukan sekadar musuh, boleh dikata melalui mesin TOSSTM yang hasilnya bisa berupa pupuk dan pakan ternak, ini ada perspektif baru sampah itu teman kita.” (IG/dtn)

Add a comment

Horison Hotels Group Gelar GM's Conference, Menangkap Perubahan Pasar

gm1destinasiaNews - Sebuah pertemuan yang dihadiri para GM (General Manager) yang datang dari pelosok Nusantara di lingkungan Horison Hotel group berlangsung (16 -19/10/2018) di Horison Hotel Ultima Bandung. Tema pertemuan kali ini Striving for Success by Organizational Agility.

Pertemuan yang terbilang penting bagi Horison Hotel Group, dihadiri Basari Bachri dan M. Ridwan selaku Direksi, Bayu Waskito selaku Vice President Business Development, Dino Leonandri selaku Vice President Group Operations, Tommy Budhi Santoso selaku Vice President SME & E-commerce Recovery, Yanti Sukahar Corporate Director of Sales & Marketing, dan Heni Juniarti SE, MBA selaku Corporate Director of Marketing Communication PT. MGM.

“GM Conference kali ini lebih di fokuskan ke tema Striving for Success by Organizational Agility. Maksudnya, agar dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk berubah atau beradaptasi dengan cepat. Utamanya, dalam menanggapi perubahan di pasar,” papar Heni Juniarti selaku Corporate Director of Marketing Communication Horison Hotels Group.

Rencananya, pada hari kedua akan ada pemberian materi mengenai Back to Basic on Operational Hotel and KPI yang dapat memperkuat dan memperbaharui pengetahuan para general manager. Dan pada hari ketiga, ada pembekalan materi yang dilanjutkan dengan pengembangan kompetensi dan kepemimpinan para GM. Tujuannya agar mereka dapat mempimpin hotel secara optimal.

Pada hari keempat sebagai penutupan, akan digelar gathering outbund one day. Ini menurut Heni digagas, guna membangun kebersamaan, komunikasi, leadership, kepercayaan diri, solidaritas, strategi, dan kreativitas.

"Intinya, sepulang tiga hari bertemu dan merumuskan program ke depan pada 2019 mendatang, para GM ini akan memiliki bekal cukup mengarungi sejumlah tantangan di masa mendatang," pungkas Heni dengan nada optimis. (HS/rls/dtn)

Add a comment

Kembali FPIK Unpad Gelar FGD Perikanan Budidaya, Yudi Nurul Ihsan: Kita Butuh Rekomendasi Terpadu

ILUSTRASI FOTO BUDIDAYA IKANdestinasiaNews – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjajaran untuk kesekian-kalinya akan menggelar Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan digelar, Selasa, 10 Juli 2018 di Unpad Training Center (UTC) Jl. Ir. H. Djuanda No. 04, Kota Bandung.

 

“Ini terselenggara atas kerjasama Bappenas, Concervation International Indonesia (CII), dan FPIK Unpad,” kata Dekan FPIK Dr.sc.agr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi.,M.Si melalui sambungan telepon pada Jumat, 6 Juli 2018.

 

Kegiatan yang bertajuk “Formal Regional Meeting Tata Kelola dan Akselerasi Pembangunan Perikanan Budidaya Berkelanjutan di Jawa Barat”, dihelat dengan harapan dapat menghasilkan rekomendasi yang efektif dan terpadu, demikian menurut penyelenggara.

 

”Dengan kata lain ada keterpaduan dalam hal rekomendasi demi memajukan perikanan budidaya dari provinsi Jabar yang berpnduduk sekitar 50 juta jiwa. Kita perlu rekomendasi terpadu,” lanjut Yudi.

 

Tercatat beberapa tokoh perikanan budidaya selain dari pihak tuan rumah FPIK Unpad, antara lain Victor Nikijuluw, Dr. Ir. Iskandar, M.Si (Unpad), serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Ir. H. Jafar Ismail M.M  

 

Peserta undangan dari dinas dan instansi terkait di Provinsi Jabar maupun nasional, di antaranya akan hadir Kepala Sub Direktorat Perikanan,Bappenas M Rachmat Mulianda, S.Pi., Mar. Menambah bobot FGD ini, pihak swasta pun dilibatkan, diantaranya akan hadir PT Gani Arta Dwitunggal/Aquatec, PT Stargold Internusa Jaya, dan PT. Sinta Prima Feedmill.

 

Tokoh lain di bidang perikanan budidaya yang akan meramaikan FGD ini di antaranya Ir. Muhamad Husen, Ir. Darsono, Ir. Sri Umayati Sumeru, Prof. Drs. Yayat Dhahiyat, MS. Ph.D, Prof .Dr. Ir, Bachrulhajat Koswara, dan beberapa lainnya. “Semoga saja FGD kali ini dapat mencapai tujuan tadi,” pungkas Yudi Nurul Ihsan. (HS/IG, Ilustrasi Foto: IG)

Add a comment

Bupati Sukabumi Tegaskan - Kader Pramuka Harus Tangguh

IMG 20171231 WA0047
destinasiaNews - Musyawarah Cabang (Muscab) ke-XIII, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi yang berlangsung 2 hari (29 - 30/12/2017) di salah satu hotel di kawasan  Salabintana Kabupaten Sukabumi, berjalan dengan sukses.
 
Muscab tersebut menghasilkan ketua terpilih Drs. Muhammad Solihin, M.Mpd, sebagai Ketua Kwarcab periode 2017 - 2022.
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami yang berperan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab ) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab. Sukabumi, mengapresiasi suksesnya penyelenggaraan ini. Dalam kesempatan ini Bupati meminta kepada Ketua terpilih, segera menyusun kepengurusan baru, serta menjalankan program dengan baik.
 
"Usai ini segeralah berkoordinasi dengan tim formatur. Tujuannya, agar dibentuk kepengurusan yang beriaikan  talenta - talenta terbaik. Ini sangat penting, mengingat program kegiatan pramuka, diakui eksistensinya oleh berbagai kalangan."
 
Bagi Bupati keberadaan pramuka yang tangguh, diharapkan dapat menjawab aneka tantangan yamg akan menghadang generasi muda di masa depan.
 
"Demi menjawab tangtangan ini, Pramuka harus siap sebagai lembaga pengkaderan. Didiklah kader sebanyak mungkin agar muncul generasi tangguh," tegasnya.
 
Siap Hadapi  Tantangan
 
Sementar itu, ketua terpilih Muhammad Solihin, mengungkapkan kesiapannya, mengemban amanah ini. "Bagi diri saya dan jajaran pengurus kelak, ini penghargaan luar biasa. Sekaligus ini tugas yang menantang dan mesti ditunaikan dengan baik, " ucapnya sambil mengapresiasi - "Khusus untuk kakak - kakak, bimbingan dan nasihat senantiasa kami nantikan. Agar, kami mampu menghadapi tantangan ini". [BA/HS]
Add a comment

Temu Jurnalis Bela Negara: Mari, Perangi Berita Hoax, Kata I Nyoman Tri Santosa

IMG 20171230 214344
destinasiaNews  - Bertempat di Pasraman Widya Dharma Jl. Subagyo, Lanud Husein Sastranagara kota Bandung (30/12/2017), berlangsung pertemuan antara jurnalis yang tergabung dalam JBN (Jurnalis Bela Negara), dengan Pembinanya, Marsma TNI I Nyoman Tri Santosa S.Ip M.Tr (Han). “Materi inti pertemuan ini membahas rencana peluncuran JBN. Lainnya, bersilaturahmi dengan Pak I Nyoman Tri Santosa selaku Pembina organisasi ini,” papar Mochammad Gun yang dalam organisasi JBN didapuk sebagai Ketua.
 
Hadir dalam pertemuan ini 16 anggota JBN. “Terdaftar dalam rintisan ini sekitar 42 anggota. Rata-rata sudah lebih dari satu dekade bergiat secara mandiri di mass media. Matra kewartawannya mencakup elektronik dan cetak,” jelas Mochammad Gun ketika memperkenalkan satu persatu anggotanya.
 
Sementara itu Mas Don yang dalam tahun-tahun ini bergiat sebagai pewarta di media online seputarjabar.com dan kini berkiprah di JBN sebagai Sekjen, dalam kesempatan ini menguraikan historis rintisan organisasi:”Berawal dari kekerapan bertemu di lapangan. Sering terlontar keperihatinan dalam isi pemberitaan yang cenderung  mengarah ke hal-hal negatif. Inilah yang kami prihatinkan.”   
 
Era Proxy War
 
I Nyoman Tri Santosa sendiri dalam kesempatan ini, merespon dengan baik niatan para pegiat jurnalis yang tergabung di JBN. Selain itu ia menampakkan antusiasme tinggi:”Banyak masukan dari pertemuan ini. Dunia jurnalistik bukanlah hal baru. Namun, kini tantangannya multi dimensi, munculnya proxy war. Ini tantangan kita bersama,” paparnya sambil menambahkan –“Mari kita perangi bersama fenomena merebaknya berita hoax, di antaranya.” 
 
Di tengah suasana pertemuan yang berlangsung penuh kekeluargaan, muncul ujaran yang dianggap penting oleh JBN, tatkala I Nyoman Tri Santosa mengakomodir:”Segera, setelah pertemuan ini usai masalah teknis dan legalitas, kita jajagi JBN masuk ke Dewan Pers”.
 
“Keinginan ke depan JBN, bisa sejajar dengan institusi jurnalis lainnya seperti IJTI, PWI, AJI, PWRI, dan lainnya. Tujuannya, semata untuk kemaslahatan bersama,” papar Bagoes Rianto yang selama ini sering disebut oleh rekan-rekan di JBN sebagai “motor penggerak”.
 
Alhasil, pertemuan ini telah melahirkan sejumlah kesepakatan untuk mengukuhkan organisasi JBN membantu semua pihak memerangi semaraknya berita hoax yang menumpulkan bangsa dewasa ini. “Segera saya laporkan hasil pertemuan ini ke beberapa komandan di beberapa kesatuan yang menangani pemberitaan. Keberadaan JBN itu materi utamanya,” pungkas I Nyoman Tri Santosa yang hari itu ditemani rekan sehobinya di bidang olahraga touring dan otomotiv.  [HS/dtn]
 
Add a comment


emgz2

Artikel lain...

Menteri KLH Paparkan Pembangunan Kota Ramah Lingkungan untuk Kendalikan Perubahan Iklim pada Ministerial Meeting G20

Menteri KLH Paparkan Pembangunan Kota Ramah Lingkungan untuk Kendalikan Perubahan Iklim pada Ministerial Meeting G20

destinasiaNews - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya hadir secara virtual bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral...

Pertumbuhan Harga Properti Australia Melampaui Prediksi Awal

Pertumbuhan Harga Properti Australia Melampaui Prediksi Awal

  Secara Nasional Selama 18 Bulan Terakhir Harga Rumah Tapak 4 – 12% Lebih Tinggi Dibandingkan Prediksi Awal, Sementara Harga...

Gebrakan Selama Masa PPKM : THE 1O1 Flash Sale ! Pay 1 Night, Get 1 Night Free

Gebrakan Selama Masa PPKM :  THE 1O1 Flash Sale ! Pay 1 Night, Get 1 Night Free

destinasiaNews– Hotel THE 1O1 Bogor Suryakancana menghadirkan promo THE 1O1 Flash Sale!! Pay 1 Night, Get 1 Night Free dengan penawaran...

Pemerintah Singapura Kembali Kirim Bantuan Medis Untuk Indonesia

Pemerintah Singapura Kembali Kirim Bantuan Medis Untuk Indonesia

destinasiaNews - Pemerintah Singapura melalui Kedubesnya di Indonesia kembali mengirimkan bantuan medis seberat 40 ton untuk Indonesia dalam hal ini...

Terkait Podcast ‘EKATANYA’, Perupa Umar Sumarta: 3 D, Pesta Demokrasi 2024 dan Seterusnya

Terkait Podcast ‘EKATANYA’, Perupa Umar Sumarta: 3 D, Pesta Demokrasi 2024 dan Seterusnya

destinasiaNews - Rupanya, the ‘true story’ dari tokoh Jawa Barat, Eka Santosa, saat  ini (12/7/2021) di kediamannya di Kawasan Eko...

Pengunjung

07172007
Hari ini
Kemarin
1828
5254